Home / Blog / 7 Tips Untuk Memperbaiki Masalah Arus Kas Anda

7 Tips Untuk Memperbaiki Masalah Arus Kas Anda

Sebagian besar bisnis tidak memiliki pendapatan yang stabil sepanjang tahun. Ada bulan di mana penjualan tinggi dan bulan di mana Anda hampir tidak memperoleh apapun. Ada juga biaya mendadak dan keterlambatan pembayaran dari pelanggan yang mungkin mengancam pemasukan bisnis Anda.

Tapi untuk semua masalah arus kas bisnis Anda, ada solusi dari kami 7 Tips Untuk Memperbaiki Masalah Arus Kas Anda yang mungkin dapat Anda terapkan.

Agar Anda dapat menerapkan strategi yang tepat untuk memperbaiki krisis arus kas Anda, Anda harus memahami apa yang terjadi dari level paling dasar. Dengan kata lain, apa yang menyebabkan masalah?

Meskipun ada ratusan kemungkinan penyebabnya, hampir semua masalah arus kas dapat dikaitkan dengan salah satu dari tiga kategori berikut:

1. Masalah Penjualan

Mari kita mulai dengan penyebab yang paling umum: masalah penjualan. Bila Anda tidak cukup menjual, Anda tentu akan bermasalah dengan arus kas. Kuncinya adalah memahami mengapa Anda tidak cukup menjual. Masalah penjualan umumnya terkait dengan salah satu dari tiga masalah:

(1) Harga jual terlalu tinggi,

(2) Pasar tidak menerima produk

(3) Atau Anda melakukan pekerjaan yang buruk untuk menjangkau pelanggan yang tepat dengan inisiatif penjualan dan pemasaran Anda.

Dalam banyak kasus, Anda akan mendapati bahwa masalah penjualan Anda sebenarnya terkait dengan banyak faktor. Semakin cepat Anda menggali dan mencari tahu apa yang menyebabkan kurangnya penjualan Anda, semakin cepat Anda bisa memperoleh solusi.

2. Pengeluaran Meningkat

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah pengeluaran Anda dalam expense sheet. Jika pendapatan tinggi dan arus kas sangat ketat, berarti ada sesuatu yang terjadi setelah penjualan. Uang Anda akan pergi ke suatu tempat dan lembar pengeluaran Anda (expense sheet) Anda akan menjelaskan apa yang sedang terjadi.

3. Tagihan Yang Tidak Ditangani Dengan Baik

Jika penjualan Anda baik-baik saja dan Pengeluaran Anda tidak bermasalah, Anda harus melihat-lihat piutang usaha Anda dan memeriksa apa yang terjadi disini. Ada kemungkinan upaya penagihan yang buruk menyeret Anda kedalam masalah arus kas. 

Jangan berasumsi bahwa faktur yang belum dibayar itu normal. Anda tidak dapat mencegah keterlambatan pembayaran dalam setiap situasi, namun sebaiknya Anda tidak menerimanya sebagai bagian alami dalam berbisnis. Upaya penagihan yang buruk akan kembali menimbulkan masalah bagi Anda jika Anda tidak hati-hati.

Untuk itu saya menyajikan 7 Tips Untuk Memperbaiki Masalah Arus Kas Anda.

Begitu Anda memahami apa yang menyebabkan masalah arus kas Anda, Anda dapat memusatkan perhatian Anda untuk mengidentifikasi solusi dan eksekusi dengan cara yang memungkinkan bisnis Anda bertahan dalam jangka pendek dan berkembang dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa langkah spesifik yang mungkin Anda pertimbangkan untuk diambil:

1. Flash Sale

Flash Sale yang dijalankan dengan baik memungkinkan Anda menghasilkan lonjakan pendapatan yang cepat. Margin keuntungan jelas akan lebih rendah, tapi itu tidak masalah pada saat ini. Anda membutuhkan uang tunai lebih dari yang Anda butuhkan dengan margin yang kuat.

2. Naikan Harga

Mungkin Anda tidak mengalami masalah dengan penjualan, tapi Anda berjuang untuk memenuhi kebutuhan di arus kas depan masalahnya adalah kurangnya profitabilitas. Dalam skenario ini, taruhan terbaik Anda adalah menaikkan harga.

Meskipun Anda mungkin kehilangan sebagian dari konsumen sensitif harga Anda, Anda akan mendapati bahwa mayoritas akan bertahan dan lebih dari sekadar menebus penjualan yang hilang.

Anda tidak akan bisa menjalankan usaha pada margin yang tipis dalam waktu lama. Dengan meningkatkan harga, Anda akan mendapatkan arus kas masuk yang dapat membantu stabilitas keuangan Anda dikala pelanggan atau order sepi atau disaat pembayaran terlambat.

3. Alihkan Piutang/Klaim Anda ke Perusahaan Pembiayaan (Finance)

Banyak bisnis sering menghadapi masalah arus kas sporadis. Jika Anda menghitung bisnis Anda dalam kategori ini, Anda memerlukan solusi yang memungkinkan Anda merespons dengan cepat tanpa mengorbankan keseluruhan operasi bisnis Anda.

Satu jaring pengaman yang bisa Anda lakukan adalah mengalihkan piutang Anda pada perushaan pembiayaan (business line of credit).

Jika pelanggan tidak menyukai pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit. Dan ika jumlah uang yang harus dibayarkan terlalu besar bagi pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda, carilah perusahaan pembiayaan yang akan memberikan pinjaman kepada mereka.

Lagi-lagi Anda akan mendapatkan bayaran, pelanggan akan membayar kepada perusahaan pembiayaan tersebut setiap bulannya. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan tagihan bulanan. Lebih mudah bukan? Usaha showroom mobil, motor, elektronik banyak menikmati kerjasama dengan perusahaan pembiayaan seperti ini.

4. Struktur Biaya Berbasis Retainer

Salah satu cara untuk mengatasi ketidaktentuan arus kas seperti ini yaitu dengan mencari pelanggan atau klien yang bisa dijadikan retainer.  Struktur biaya berbasis retainer memungkinkan Anda mengembangkan proyeksi arus kas yang lebih akurat dan dapat diprediksi untuk periode tertentu.

Alih-alih harus membuat tebakan liar, setidaknya Anda memiliki figur dasar yang bisa Anda jalani. Ini adalah bagian kecil kewarasan dalam dunia bisnis yang sering kacau. Retainer akan membayar secara teratur sejumlah uang yang sudah terjamin pembayarannya setiap bulannya.

Sehingga dengan jaminan tersebut anda bisa mengatur berapa barang yang harus dikeluarkan tiap bulannya atau berapa hari kerja harus dilakukan setiap bulannya. 

5. Perbaiki Penagihan (Invoicing)

Invoice (faktur) harus tepat waktu, dapat diprediksi, dan jelas. Mereka harus dikirim segera setelah pekerjaan selesai-tidak lebih dari beberapa hari setelah proyek selesai.

Faktur harus menjelaskan secara persis kapan pembayaran jatuh tempo, apa persyaratannya, dan bagaimana pembayaran harus dilakukan. Akhirnya, perlu Anda rincian biaya yang jelas sehingga tidak ada pertanyaan tentang bagaimana jumlah total dihitung.

6. Beruding Dengan Kreditur Untuk Mengurangi Beban Pengeluaran

Pembayaran yang luar biasa mencekik Anda dan menyakiti arus kas Anda? Pertimbangkan untuk berunding dengan kreditur Anda dan melihat apakah Anda bisa membayar pembayaran yang lebih rendah (atau setidaknya bisa lebih lama).

Seperti yang Anda tahu dari berada di sisi lain meja, kreditor sering bersedia melakukan kesepakatan. Apalagi saat pembayaran telah beredar untuk jangka waktu tertentu.

7. Rekrut Pegawai Yang Lebih Baik

Pada ujungnya, masalah arus kas mungkin merupakan pertanda bahwa Anda tidak memiliki tim yang tepat dalam menangani akuntansi Anda. Meskipun bukan hal yang paling nyaman untuk dilakukan, Anda mungkin perlu memecat orang-orang yang bertanggung jawab dan mempekerjakan orang yang lebih baik. 

Sekian tips dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.