Home / Blog / 6 Tips Mengelola Hutang Perusahaan Dengan Benar
6-tips-mengelola-hutang-perusahaan-dagang-dengan-benar-photo

6 Tips Mengelola Hutang Perusahaan Dengan Benar

Dalam mengelola perusahaan, hutang dapat menjadi solusi untuk memenuh kebutuhan operasional perusahaan atau bisa juga sebagai modal perusahaan. Hutang dibutuhkan sebagai booster dan membantu perusahaan agar berjalan dengan efektif dan efisien dalam menjalankan usaha kedepannya seperti investasi.

Perusahaan membutuhkan dana yang besar untuk memenuhi kebutuhannya. Hutang sangat membantu perusahaan dalam mengelola keuangan agar tetap stabil dan seluruh kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi. Memiliki hutang dalam jumlah yang sangat besar tentu beresiko besar pula bagi perusahaan. 

Perusahaan tentu menjadi terbebani dengan tanggungan yang harus diselesaikan dan membuat kondisi semakin memburuk jika perusahaan memiliki hutang yang nominalnya melebihi batas kemampuan keuangan perusahaan. Tentunya agar terhindar dari masalah yang di timbulkan hutang, perusahaan harus memperhitungkan dengan baik keputusan melakukan hutang.

Itu semua dilakukan agar tidak membuat kondisi keuangan perusahaan semakin memburuk dan akhirnya dapat juga berdampak pada masalah lainnya. Dengan perhitungan yang matang, perusahaan dapat lebih memanfaatkan secara optimal penggunaan dana yang dipinjam atau hutang perusahaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Jenis Hutang Perusahaan

Hutang perusahaan pada umumnya terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  • Hutang jangka pendek, biasanya dilakukan pada pihak yang memiliki tanggal jatuh tempo dibawah satu tahun. Dimana perusahaan dan pemodal akan membuat suatu kesepakatan hutang jangka pendek agar tidak menimbulkan kerugian.
  • Hutang jangka menengah, memiliki jangka waktu yang lebih lama dari jangka pendek. Biasanya memiliki jangka waktu lebih dari satu tahun dan kurang dari sepuluh tahun. Tergantung dari kesepakatan dari pihak perusahaan dengan pihak yang pemodal.
  • Hutang jangka panjang, merupakan hutang yang dibayarkan secara periodik yang dilengkapi dengan bunga pinjaman serta sebuah kesepakatan dari pihak terkait. Biasanya dalam jangka waktu lebih dari sepuluh tahun.

6 Tips Mengelola Hutang Perusahaan Dengan Benar

Agar perusahaan anda dapat mengelola hutang perusahaan denan baik kami akan memberikan tips pada Anda.

1. Buat Anggaran

Periksalah pendapatan, biaya bulanan dan aset Anda. Tuliskan atau gunakan Lembar Kerja Anggaran yang mudah digunakan. Perhatikan dengan seksama apa yang masuk dan apa yang sedang terjadi. Kemungkinan Anda menghabiskan lebih dari yang Anda hasilkan, jadi sekarang siapkan rencana pengeluaran berskala kecil. 

Sebelum mengajukan hutang, tentu sudah memiliki rencana untuk apa dana pinjaman tersebut. Hal ini dapat memperkecil resiko terjadinya keuangan yang memburuk bagi perusahaan. Sehingga tujuan mengajukan hutang lebih terarah dan berjalan sesuai rencana karena sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Negosiasi

Hubungi pemodal Anda untuk bernegosiasi, agar mereka mau menurunkan suku bunga pinjaman Anda. Katakan kepada pemodal situasi keuangan Anda dan kesulitan yang ditanggung bisnis ini. Kemudian, tanyakan apakah mereka memiliki rencana kesukaran yang bisa memberikan persyaratan pembayaran yang lebih baik. Jika kreditur tidak menawarkannya, mintalah rencana pembayaran atau jumlah setelmen dikurangi. 

3. Plan B

Dengan menyiapkan rencana cadangan akan membantu perusahaan Anda menghadapi kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada perusahaan setelah mengajukan hutang. Hal tersebut akan berguna bagi perusahaan untuk lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan dana pinjaman.

Selain itu, Anda juga perlu memprediksi kebutuhan jumlah dana yang akan dikeluarkan, apa yang dibutuhkan dan kapan membutuhkannya agar dana pinjaman dapat digunakan semaksimal mungkin pada kebutuhan-kebutuhan perusahaan Anda.

4. Prioritas Pembayaran

Buatlah daftar hutang perusahaan Anda, agar mempermudah perusahaan Anda untuk mengetahui jumlah hutang yang harus dibayarkan lengkap dengan tanggal jatuh temponya sehingga perusahaan dapat memperkirakan waktu dan strategi agar dapat membayar hutang tepat waktu dan tidak merugikan pemodal.

Berikan prioritas tinggi pada hutang yang terkait dengan kebutuhan seperti utilitas dan hutang yang tidak dapat Anda lepaskan.

5. Mengkonsolidasikan pinjaman

Anda menjadi satu pembayaran memungkinkan Anda mengurangi biaya bulanan tanpa merugikan pemodal Anda. Skenario terbaik adalah mengkonsolidasikan beberapa pinjaman jangka pendek menjadi satu paket jangka panjang.

6. Teknologi

Teknologi dapat dimanfaatkan dalam mengelola hutang perusahaan Anda seperti menggunakan software akutansi, seperti beeaccounting. Dengan menggunakan software akutansi maka akan membantu proses pengelolaan hutang perusahaan.

Selain itu dengan memanfaatkan teknologi dapat membantu menganalisa dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi seperti kesalahan saat melakukan pembayaran.Sekian 6 Tips Mengelola Hutang Perusahaan Dengan Benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa share ya agar teman-teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. banyak berbagi banyak rejeki. Salam let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.