Home / Blog / 6 Tips Ampuh Membangun Kepercayaan Pelanggan

6 Tips Ampuh Membangun Kepercayaan Pelanggan

Dalam dunia bisnis, ada 1 hal yang sangat amat dijaga oleh entrepreneur sukses, apa itu? Kepercayaan Klien. Ya.. Kepercayaan dari klien/konsumen merupakan syarat mutlak untuk berkembangnya sebuah bisnis. Namun untuk melakukannya tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Lantas bagaimana Cara Membangun Kepercayaan Konsumen.

Bukan hanya soal pemenuhan kebutuhan mereka, namun terkadang bagaimana Anda bisa masuk dalam kehidupan mereka dan mengetahui karakternya. Berikut adalah Tips Membangun Kepercayaan Pelanggan.

Komunikasi

Jika Anda memiliki karyawan, ajari mereka cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. Alih-alih menunggu layanan customer service, kembangkan keterampilan berkomunikasi dengan pelanggan. Pastikan Anda memberikan tanggapan yang cepat terhadap segala kritik dan saran dari pelanggan Anda, termasuk juga kepekaan yang wajib dimiliki demi memenuhi kebutuhan dari pelanggan.

Menjadi pendengar yang baik

Saat bertemu dengan klien, pastikan kedua telinga Anda fokus untuk menangkap seluruh keluhan dan kebutuhan mereka. Dengarkan baik-baik dan pahamilah apa yang menjadi keinginan dan juga kecemasan klien. Terus gali sedalam mungkin hal-hal tersebut. Karena menghabiskan waktu bersama klien merupakan investasi penting untuk mengerti keinganan dan kebutuhan mereka. Semakin dalam kualitas hubungan ini maka tingkat kepercayaan klien semakin besar.

Tepati janji

Apakah Anda termasuk orang yang selalu melaksanakan apa yang telah Anda janjikan? Atau Anda lebih sering berjanji di luar kemampuan? Jika pertanyaan kedua adalah jawabannya, maka wajar jika Anda kerap ditinggalkan klien Anda. Janji untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tetapi kemudian Anda tidak menepatinya merupakan salah satu penyebab rusaknya kepercayaan klien.

Mintalah Kritik dan Saran

Apakah pelanggan memiliki opini baik atau buruk tentang bisnis Anda? Mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan akan menunjukkan bahwa Anda peduli akan kebutuhan mereka. Cobalah untuk melakukan survei singkat baik melalui online ataupun offline, mintalah kritik dan saran dari pelanggan akan produk atau jasa yang baru dibelinya dari Anda. Kritik dan saran dari pelanggan akan membantu Anda mengetahui lebih dalam akan kebutuhan yang ada, sehingga Anda dapat memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka.

Semakin baik penawaran Anda, dan mampu memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar peluang adanya peningkatan penjualan. Pastikan untuk selalu mendengarkan setiap komentar yang ada dan tanggapi dengan segera. Termasuk apabila komentar yang diberikan merupakan komentar yang negatif. Melalui komentar inilah Anda dapat melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang Anda perbuat dalam bisnis.

Berikan kesan pertama yang baik

First Impression, atau kesan pertama sangatlah penting dalam membangun sebuah kepercayaan terhadap klien baru. Kesan pertama yang baik bisa menentukan kepercayaan klien terhadap Anda hingga kedepannya. Namun sekalinya Anda gagal memberikan kesan pertama yang baik, maka akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan kebelakangnya.

Tunjukkan Apresiasi

Berikan apresiasi terhadap pelanggan lama dengan program loyalitas diskon. Anda dapat membagikan kartu hadiah, atau menggunakan program loyalitas untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan.
Dengan program loyalitas ini, pelanggan mendapatkan poin untuk membeli barang atau jasa Anda. Setelah mendapatkan sejumlah poin, maka pelanggan berhak mendapatkan hadiah. Misalnya, Anda bisa memberi hadiah kepada pelanggan dengan diskon untuk pembelian berikutnya.

Juga berikan barang bermerek murah, seperti pulpen atau notes, atau bahkan barang mahal, seperti kaos, topi atau jaket dengan logo Anda di atasnya. Ini adalah cara kecil namun efektif untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan sekaligus menjaga bisnis Anda tetap menjadi pilihan utama bagi pelangggan.

Nah, dengan melakukan kelima hal diatas maka Anda sudah berada satu langkah dari para kompetitor Anda. Tanpa harus melakukan usaha yang berlebih, disaat Anda telah berhasil membuat pelanggan percaya akan bisnis Anda, maka pelanggan akan selalu memilih Anda.

Selalu jadikan pelayanan pelanggan menjadi prioritas utama dari bisnis Anda. Salah satu hal penting dalam pelayanan termasuk akan ketersediannya barang yang ada, sehingga Anda dapat memberikan barang yang dipesan untuk sampai dengan cepat kepada pelanggan.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.