Home / Blog / 6 Tipe Karyawan yang Paling Dicari oleh Perusahaan Menurut Penelitian

6 Tipe Karyawan yang Paling Dicari oleh Perusahaan Menurut Penelitian

Bagaimana kita bisa mendefinisikan kualitas karyawan yang baik dan banyak dicari perusahaan? Apa yang dicari perusahaan ketika melakukan proses rekrutmen karyawan untuk mencari yang paling tepat dengan kebutuhan?

Untuk lebih memahami kualitas umum dari karyawan yang baik yang rata-rata dicari oleh perusahaan, CareerBuilder sebah lembaga survey karir melakukan penelitian dengan Harris Poll tahun lalu. Mereka mensurvei lebih dari 2.000 manajer dan profesional bidang SDM tentang masalah soft skill, hard skill dan karakteristik yang mereka cari selama ini. Berikut ini hasilnya:

1. Karyawan dengan etika dan etos kerja yang kuat
Etika dan etos kerja yang kuat jelas merupakan salah satu kualitas yang paling populer yang dicari oleh manajer SDM dari seorang kandidat. Menurut CareerBuilder, 73% responden ingin melihat pelamar menunjukkan kemampuan mereka untuk bekerja keras. Calon yang menetapkan tujuan karir jelas untuk diri mereka sendiri, atau merespon dengan baik untuk rencana karir dan tujuan yang jelas, menunjukkan kesediaan untuk melakukan lebih baik setiap harinya.

2. Karyawan dengan sikap positif dan mampu menciptakan lingkungan yang baik
Survei CareerBuilder 72% manager SDM menyatakan bahwa sikap positif memiliki banyak manfaat bagi karyawan individu dan rekan-rekan mereka. Sikap positif membuat mereka lebih produktif, dan menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk sesama karyawan.

Satu sifat yang harus dicari dalam kandidat adalah kemampuan mereka untuk mengakui kesalahan dan masih bergerak maju dengan cara yang positif. Ini menunjukkan bahwa mereka akan sama tangguhnya di tempat kerja.

3. Mampu motivasi diri sendiri dan bekerja efektif dengan sedikit pengarahan
Dua pertiga responden, sekitar 66%, menyatakan bahwa mampu memotivasi diri sendiri sebagai keterampilan utama di antara para kandidat. Manager SDM selalu mencari kandidat yang dapat mengambil inisiatif dan menyelesaikan pekerjaan dengan sedikit pengarahan. Antusiasme yang rendah dan minat pada pekerjaan yang kurang mantap seringkali membutuhakn motivasi yang kuat dari dalam diri sendiri.

4. Mampu berorientasi pada tim dengan memanfaatkan kolaborasi
Menurut CareerBuilder, 60% dari manajer SDM mencari kandidat yang berorientasi tim selama proses rekrutmen. Banyak perusahaan berhasil berdasarkan kerja tim dari seluruh departemen, bukan hanya individu. Jadi saat Anda meninjau aplikasi dan melakukan wawancara, cari kandidat dengan riwayat kolaborasi, serta mampu memberi dan menerima umpan balik dari anggota tim yang sifatnya membangun.

5. Mampu berkomunikasi dengan efektif
Keahlian lain yang dipilih oleh manajer SDM adalah kemampuan komunikasi. Lebih dari 56% responden mencari softskill ini dari para kandidat. Karyawan yang ideal akan memahami pentingnya komunikasi yang baik, dan betapa buruknya hal-hal yang dapat salah ketika pesan tidak jelas atau tidak terjawab sama sekali. Ketika mencari SDM berkualitas ini di antara para pelamar, ajukan pertanyaan tentang metode komunikasi yang mereka sukai, atau contoh komunikasi yang baik yang pernah mereka alami. Jika tanggapan mereka (verbal dan nonverbal) selaras dengan harapan Anda, mereka mungkin menjadi karyawan yang cocok dengan bisnis Anda.

6. Fleksibel, mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja
Fleksibilitas atau kemampuan beradaptasi dipilih oleh 51% responden. Seorang karyawan yang baik tidak akan menolak perubahan secara membabi buta, tetapi berusaha untuk beradaptasi dengannya karena meyakini perubahan itu diperlukan dalam bisnis. Apakah mereka mau mengambil keterampilan baru dan menyesuaikan diri dengan pergeseran bisnis? Jika pelamar Anda dapat menunjukkan fleksibilitas, Anda akan yakin mereka akan bisa beradaptasi dengan mudah ke lingkungan kerja baru mereka.

Anda mungkin tidak sepenuhnya setuju dengan pentingnya setiap soft skill diatas, tetapi Anda setidaknya pasti akan setuju bahwa karyawan dengan kemampuan skill diatas merupakan pilihan setiap Manager SDM yang sedang mencari karyawan untuk perusahaannya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.