Home / Blog / 6 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Ritel/Supermarket Anda
6 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Ritel/Supermarket Anda

6 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Ritel/Supermarket Anda

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Apriondo) menyebutkan pertumbuhan penjualan industri ritel  anjlok 20% sepanjang kuartal I 2017 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang  mencapai Rp 40 triliun.

Dengan kenyataan pahit diatas Anda sebagai pengusaha tentunya harus putar otak untuk dapat meningkatkan penjualan. Jangan sampai usaha yang sudah susah payah Anda bangun harus runtuh begitu saja.

Seperti yang kita ketahui ditahun ini ada beberapa industri retail besar terpaksa harus menutup beberapa gerainya. Mulai dari 7eleve* dan juga R*m*y*n. Ini tentunya harus menjadi pertimbangan sendiri bagi Anda yang memiliki bidang usaha yang sama dengan meraka.

Dari kedua contoh perusahaan diatas Anda dapat menganalisa hal apa yang membuat keduanya harus berakhir pada kebangkrutan.

Agar Anda dapat terhindar dari masalah tersebut, buatlah startegi-strategi/cara untuk meningkatkan penjualanBerikut saya contohkan beberapa startegi meningkatkan penjualan di bisnis ritel Anda.

1. Diskon Item

Dengan melakukan penjualan diskon pada barang-barang tertentu. Kalau boleh saya sarankan barang-barang yang Anda diskon adalah barang-barang yang penjualanya slow moving, dari pada barang ngendon di gudang mending jadi uang meski Anda hanya mendapatkan provit sedikit. 

2. Sistem Paket

Anda juga bisa melakukan penjualan paket antara barang yang fast moving dan slow moving. Saya contohkan begini misal barang A laku keras dipasaran dan barang B agak lambat penjualannya. Paketkan saja barang A dan barang B. Hal ini sering kali dilakukan oleh Gi*nt dkk.

3. Membuat Sistem Member

Buat lah sistem member dan berikan diskon dan point khusus buat member Anda. Dan siapkanlah barang-barang yang menarik dari reward point Anda.

point-photo

Tentunya ini akan membuat customer Anda lebih nyaman berbelanja di tempat Anda dan yang pasti mereka tidak akan berpindah ke lain hati.

4. Buatlah Undian-Undian Menarik

Strategi ini sebenarnya juga sudah sangat umum namun masih sangat ampuh untuk mendongkrak penjualan Anda.

Contohnya begini selama periode Agustus-Desember 2017 Anda memiliki event setiap melakukan pembelian Rp 50.000 keatas maka berhak mendapatkan kupon undian 1 dan berlaku kelipatannya. Hadiahnya bisa Anda ukur dengan kemampuan perusahaan Anda jangan lupa ini juga harus Anda kalkulasikan dengan benar.

Hadiahnya biasanya mulai dari kulkas, magicom, tv, sepeda bahkan ada yang sampai rumah dan mobil. Ingat semuanya harus Anda kalkulasikan dengan benar.

5. Kupon Diskon

Anda tahu siapa yang menerapkan gaya promosi ini? Yup M*t*h*ri. Ketika Anda berbelanja dan melakukan pembayaran dikasir maka kasir akan bilang selamat Anda mendapatkan diskon Rp 50.000 pada produk-produk yang bertanda khusus.

Dan ini manjur lho, nyatanya banyak orang yang kepincut berkeliling kembali melihat-lihat item yang bertanda khusus, padahal niatnya setelah melakukan pembayaran ingin pulang.  Hayo mungkin Anda atau istri atau orang tersayang Anda sering tergiur juga oleh metode promosi ini. Hehehe

6. Harga Murah

Tahukah Anda jika supermarket dan minimarket menjual beberapa barangnya dengan harga hpp atau bahkan mereka merugi. Lho kok bisa? Apa mereka tidak rugi? Ini pasti yang ada dibenak Anda hehehe.

Kalau mereka merugi perusahaan mereka udah tutup dong buktinya masih ada tuh.

Memang secara perhitungan produk item tersebut mereka mengalami kerugian atau tidak mendapatkan untung sama sekali, tapi logikanya tidak mungkin dong mereka belanja di minimarket atau supermarket hanya beli 1 item saja hehehe. Pasti ada item lainnya, nah dari situlah mereka mengambil untungnya.

Sebenarnya masih banyak staregi lain untuk meningkatkan penjualan bisnis ritel Anda. Namun karena keterbatasan waktu jadi hanya 6 yang saya bahas. Jika ada yang ingin Anda tanyakan, silahkan koment dibawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terimakasih. Salam Let’s #beefree.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.