Home / Blog / 6 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pebisnis Food Truck, No 6 Yang Paling Penting
6 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pebisnis Food Truck, No 6 Yang Paling Penting

6 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pebisnis Food Truck, No 6 Yang Paling Penting

Bisnis kuliner saat ini sedang mengalami kemajuan yang luar biasa, mulai dari pedangang kaki lima sampai yang restoran-restoran besar yang menawarkan beberapa menu andalan. Dan salah satu jenis kuliner yang sedang popular saat ini adalah bisnis food truck.

Bisnis truk makanan yang dapat ke mana saja tidak terpaku pada suatu tempat ini merupakan cara yang sangat bagus untuk memperluas penjualan.  Bisnis food truck ini terkenal dengan harga yang murah dan makanan junk food seperti sandwich, hot dog ataupun es cream. Bahkan baru-baru ini sudah ada food truck yang menyediakan makanan seperti gourmet, cupcakes, ramen hingga sushi.

Apakah Anda pebisnis food truck atau justru lagi mau memulai bisnis ini? Artikel ini penting untuk Anda, karena saya akan membahas 6 hal yang harus Anda perhatikan dalam mengelola bisnis kuliner food truck.

1. Tempat

Anda harus mencari tahu apakah tempat memperbolehkan Anda berjualan food truck atau tidak.

2. Ijin usaha
Tergantung di mana Anda melakukan bisnis, Anda mungkin perlu mengajukan permohonan untuk izin khusus dan izin lainnya. Terkadang, jumlah izin diperbolehkan dalam satu area namun dibatasi dan menyebabkan waktu menunggu yang lama bagi pemilik truk makanan.

3. Tentukan lokasi
Salah satu keuntungan terbesar truk makanan dibandingkan dari restoran adalah dapat membawa makanan kepada pelanggan. Tapi Anda masih perlu tahu di mana pelanggan berada.

4. Memanfaat Media sosial
Semakin banyak ponsel bisnis truk makanan yang beralih ke media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk promosi. Anda pun juga dapat nupdate di mana Anda berada setiap harinya. Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan media sosial tersebut untuk memberikan penawaran spesial ataupun promosi lainnya.

5. Pelayanan
Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan seperti penyajian makanan yang cepat dan ramah agar pelanggan Anda mau kembali lagi ketempat Anda baik.

6. Pencatatan

Ini merupakan hal yang sangat penting namun sering kali diabaikan oleh pebisnis. Kenapa saya bilang ini penting. Karena dengan pencatatan keuangan Anda dapat mengontrol segala transaksi yang terjadi, apalagi jika food truck Anda tidak dijaga sendiri melainkan karyawan. Selain itu dengan pencatatan Anda juga bisa evaluasi menu apa saja yang laris.

Ke 6 hal diatas adalah hal yang mutlak harus Anda lakukan sebagai pebisnis karena jika salah satu saja tidak Anda lakukan maka Anda harus siap-siap tergilas oleh kompetitor. Sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat. Terimakasih . Salam Let’s #beefree

 

 

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda