Home / Blog / 6 Cara Mudah Meningkatkan Kinerja Karyawan
6-cara-mudah-meningkatkan-kinerja-karyawan-image

6 Cara Mudah Meningkatkan Kinerja Karyawan

Setiap orang menginginkan perusahaan miliknya mengalami peningkatan setiap harinya. Baik peningkatan keuntungan maupun peningkatan kinerja karyawannya. Beberapa hal dapat menyebabkan kinerja karyawan Anda menurun. Jika hal ini terus dibiarkan tentu semakin lama produktivitas perusahaan akan terhambat. Berikut beberapa hal yang menyebabkan kinerja karyawan menurun.

  • Pekerjaan yang monoton

  • Hubungan dengan karyawan lainnya memburuk

  • Hubungan dengan pimpinan perusahaan yang kurang baik

  • Masalah pribadi

  • Situasi atau kondisi ruang kerja yang mengganggu pekerjaan, misalnya terlalu panas, dingin, dan terlalu bising.

  • Upah kerja tak sepadan dengan pekerjaan yang dilakukan

  • Tidak ada bonus terhadap target kerja yang diberikan

  • Dan lain-lain

Apabila Anda mendeteksi tanda-tanda penurunan kinerja karyawan, lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasinya!

1. Memberikan Variasi Pekerjaan

Kejenuhan karyawan tentu tidak bisa dihindari karena memang karyawan bekerja lebih dari 6 jam dalam sehari. Belum lagi apabila ada tambahan lembur dari perusahaan. Variasi apa yang bisa dilakukan? Misalnya Anda dapat memberikan pekerjaan yang harus diselesaikan secara individu dan ada pekerjaan yang diselesaikan secara kelompok.

Pekerjaan yang dikerjakan secara individu akan memperlihatkan sejauh mana kompetensi dan kinerja karyawan Anda. Sedangkan, pekerjaan kelompok akan mempersingkat waktu pengerjaaan untuk memenuhi target produksi sekaligus dapat meningkatkan ruang sosial karyawan. Kerja secara berkelompok akan memberikan ruang interaktif antar karyawan.

Selain itu, kerja kelompok akan menimbulkan kompetisi yang sehat antar kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya. Dari sini, pihak manajemen perlu memberikan sistem penilaian dimana yang dinilai dari kelompok bukan hanya jumlah target yang sanggup diraih. Akan tetapi, kekompakan kelompok, kualitas produksi dan team building yang paling baik juga perlu dinilai.

Variasi pekerjaan yang didesain sekreatif dan seefisien mungkin akan menciptakan pengalaman dan inovasi baru bagi karyawan. Hal tersebut dapat mengurangi stress kerja dan dapat meningkatkan motivasi bekerja karena setiap harinya memiliki tantangan yang berbeda-beda.

2. Komunikasi yang Efektif

Persoalan hubungan yang ditimbulkan dari atasan ke bawahan dan sebaliknya memang tidak selalu mulus. Hal ini membutuhkan manajemen komunikasi yang efektif. Interaksi yang memungkinkan untuk karyawan menyampaikan kendalanya perlu diberikan ruang (tetapi tetap tidak berlebihan). Pemberian ruang untuk berkomunikasi akan membuat karyawan merasa dihargai.

3. Setting Tempat Kerja yang Nyaman

Jika dirasa tempat kerja karyawan Anda memang tidak nyaman, segera atasi dan rubahlah agar tempat kerja terasa nyaman. Ciptakan keadaan yang mendukung sikap cekatan, tepat waktu, tergerak untuk berinovasi dan berkreasi. Lingkungan yang nyaman akan mempengaruhi kinerja karyawan Anda.

4. Tetap Awasi Kerja Karyawan

Seringkali karyawan akan merasa termotivasi untuk bekerja maksimal jika ada yang mengawasi. Atur jadwal pemantauan secara mendadak agar karyawan senantiasa siap siaga untuk menampilkan pekerjaan terbaiknya. Di samping itu, biasanya karyawan juga akan berkompetisi dengan karyawan lainnya untuk menjadi yang terbaik di depan pimpinan perusahaannya.

5. Berikan Upah yang Menarik

Anda bisa menerapkan manajemen pemberian upah yang menarik bagi karyawan. Misalnya, upah akan semakin bertambah seiring dengan lamanya mereka bekerja. Anda juga perlu memberikan kenaikan upah bagi karyawan yang kinerjanya bagus.

6. Jangan Lupa, Berikan Hadiah dan Hukuman yang Efektif!

Mengapa karyawan perlu diberikan hadiah? Anda dapat memberikan hadiah bagi karyawan yang memiliki kinerja terbaik setiap bulannya. Sehingga karyawan lain tentu ingin mendapatkannya karena terdorong dengan hadiah yang diberikan. Bagi karyawan yang malas, Anda dapat memberlakukan sistem hukuman untuk memberikan efek jera bagi mereka.

Langkah-langkah di atas dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Bagaimana? Sudah hilang kegelisahan Anda? OH iya,¬†jangan lupa share ya agar teman Anda juga mendapatkan manfaatknya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.