Home / Blog / 5 Trik Mudah Mengelola Stok Barang Persediaan di Gudang Anda

5 Trik Mudah Mengelola Stok Barang Persediaan di Gudang Anda

Salah satu aktivitas rutin perusahaan dagang yaitu mengelola tempat penyimpanan barang atau manajemen gudang. Kegiatan tersebut wajib dilakukan dengan baik dan benar mengingat gudang merupakan bagian dari sistem logistik perusahaan.

Gudang juga menyediakan informasi mengenai status serta kondisi material atau produk yang disimpan sampai barang tersebut dikeluarkan sesuai dengan permintaan. Dalam mengelola gudang tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Diperlukan cara yang tepat agar barang tertata rapi, masuk dan keluarnya barang dilakukan secara teratur serta tertib administrasi. Karena tidak sedikit perusahaan yang mengalami kerugian akibat manajemen gudang yang kacau. Itulah sebabnya para pelaku usaha terutama penanggung jawab gudang harus mengetahui trik yang mudah diaplikasikan dalam mengelola stok barang. Simak ulasan berikut.

bee-gratis-demo

Secara umum, ada 5 trik yang mudah dilakukan dalam mengelola stok barang, antara lain :

1. Pastikan Data Pencatatan Barang Atau Material Valid

Sangat penting diketahui oleh penanggung jawab gudang tentang data barang ataupun material yang masuk, tersimpan serta yang telah keluar. Tekankan kepada admin agar teliti dalam melakukan pencatatan, jangan sampai ada yang terlewat.

Karena penanggung jawab gudang tidak hanya menangani masalah administrasi, tetapi juga keseluruhan aktivitas di gudang. Maka data yang akurat menjadi pegangan wajib dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

2. Lakukan Kodifikasi Terhadap Barang Yang Tersimpan Di Dalam Gudang

Kodifikasi atau pemberian kode terhadap barang atau material juga penting dilakukan agar Anda lebih mudah dalam mencarinya. Jika stok material atau barang tidak terlalu banyak masih memungkinkan untuk mencarinya dengan cepat.

Namun jika jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan, maka membutuhkan waktu yang lama ketika mencarinya. Selanjutnya, kodifikasi bisa dilakukan dengan menggunakan warna jika jumlah barang masih terjangkau. Tetapi apabila jumlahnya sangat banyak, maka menggunakan huruf atau angka merupakan cara yang paling tepat.

3. Pisahkan Antara Stok Lama Dan Baru

Mengapa material atau barang yang lama dan baru harus dipisah? Tujuannya adalah untuk mengantisipasi penyimpanan stok yang terlalu lama sehingga material atau barang tersebut tidak dapat dipakai karena sudah kedaluarsa.

Saking lamanya waktu penyimpanan akhirnya mengakibatkan rusaknya material atau barang karena terjadi perubahan fisika ataupun kimia. Karena itulah material atau barang produksi lama harus dipergunakan terlebih dahulu sebelum menggunakan yang baru.

4. LakukanPengecekan Ulang Sebelum Barang Dimasukkan Kedalam Gudang

Pengecekan ulang (re-cek) bertujuan untuk memastikan bahwa barang yang masuk gudang sudah sesuai dengan ketentuan pembuatan. Jika ditemukan barang yang cacat atau salah produksi ketika pengecekan ulang, maka segera pisahkan dan kumpulkan menjadi satu.

Biasanya barang yang catat dijual kembali dengan harga yang lebih murah. Namun ada pula perusahaan yang mewajibkan untuk memusnahkan barang–barang yang catat agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

5. Lakukan Pengaturan Tata Letak Material Maupun Barang

Serapi apapun pengemasan barang, atau sebagus apapun kodifikasinya, jika tidak dilakukan pengaturan tata letaknya maka akan menyulitkan petugas dalam mencarinya. Karena itu, aturlah material atau barang secara berurutan dari angka terkecil hingga terbesar.

Kemudian, buatlah daftar/list material ataupun barang dan tempel di rak depan (lemari) agar mudah dalam mengontrolnya. Selanjutnya, jika diperlukan, buatlah map yang ditempet di area gudang agar mudah dilihat.

Itulah 5 trik mudah dalam mengelola stok barang persediaan di  gudang Anda. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa membagikannya kepada pembaca yang lain. Berbagi itu indah. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.