Home / Blog / 5 Tips Sukses Usaha Kelas Menengah (UKM)

5 Tips Sukses Usaha Kelas Menengah (UKM)

Untuk meraih kesuksesan tidak ada yang instan termasuk pada sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Pelaku UKM masih perlu diberikan pembelajaran yang positif tentang bagaimana mengelola bisnis UKM. Kali ini akan dikupas lebih mendalam tips dari para Ahli yang telah merangkumkan diberbagai buku khusus UKM.  

1. Business Plan
Anda harus membuat rencana bisnis atau bahasa kerennya Business Plan. Rencana bisnis merupakan hal yang harus Anda buat untuk menyusun langkah kerja. Tidak hanya digunakan pada saat Anda memulai usaha saja, namun juga bisa digunakan bagi UKM yang sudah berjalan untuk mengevaluasi kinerjanya.

Membuat business plan disarankan Anda berkonsultasi pada orang yang tepat dan berkompeten dibidangnya.

Didalam business plan sebaiknya harus dijelaskan tentang deskripsi usaha tersebut, analisa pasar dan juga kompetitor, pemilihan lokasi usaha, metode marketing/ pemasaran, tata kelola manajemen/SDM, rencana produksi, tata kelola keuangan, hingga rencana pengembangan usaha.

Saat Anda membuat Planning diharapkan tidak hanya satu plan saja namun beberapa plan agar pada saat plan Anda yang satu tidak berjalan Anda bisa menggantinya dengan plan yang baru.

2. Membuat S.O.P.
Work Flow yang jelas akan memudahkan ketika Anda melakukan produksi sampai pemasaran. Untuk itu buatlah Standard Operating Procedure (SOP) yang mencakup tahapan-tahapan kerja UKM Anda.

Fungsi dari SOP itu sendiri adalah memberikan konsistensi dengan prosedur kerja yang jelas. Hingga pada akhirnya akan membuat kualitas produksi yang dihasilkan akan sama atau bahkan lebih baik. Ini juga sangat berguna pada saat Anda membuka cabang atau franchise untuk usaha Anda.

3. Startegic Plan
Startegi bisnis ini sangatlah penting guna mengantisiapasi kendala-kendala yang akan timbul dibisnis UKM Anda. Misalkan saja pada suatu saat modal bisnis Anda habis. Jika Anda tidak memiliki strategi bisnis, nanti Anda akan kesulitan jika sewaktu-waktu mendapatkan masalah internal maupun kompetior Anda.

Untuk mengawasi kendala kas, Anda sangat disarankan untuk memiliki sistem pencatatan yang jelas dan pisahkan uang pribadi dengan Usaha. Kenapa? Agar Anda lebih mudah meningkatkan serta melakukan evaluasi terhadap bisnis Anda. Gunakan BeeAccounting untuk pencatatan Anda secara gratis untuk UKM yang memiliki Omset dibawah 100juta perbulan. Tertarik mencoba silahkan klik disini.  

4. Membangun Jaringan Bisnis
Bangunlah jaringan dengan berbagai pihak yang sifatnya saling menguntungkan. Dengan memiliki jaringan, Anda akan mendapatkan supplier, jaringan pemasaran, hingga konsumen.

Membangun jaringan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mengikuti seminar, workshop, bergabung dengan komunitas, atau pameran dll. Yang terpeting Anda harus aktif agar jaingan bisnis Anda luas.

5. Gunakanlah Media Online
Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini telah merubah gaya hidup manusia oleh sebab itu Anda tidak boleh gaptek dan tidak mau melek dengan yang namanya teknologi, khususnya media online. Anda bisa menggunakan akun media social seperti Facebook, Twitter, Blog dll untuk membangun promosi dan jaringan bisnis Anda.

Namun, akan lebih baik lagi jika usaha Anda memiiki website sendiri yang berguna sebagai profil UKM serta penjualan produk UKM Anda. Agar Anda bisa melakukan targeting untuk pengunjung Web Anda dan melakukan beberapa teknik marketing untuk SEO.  Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda