5 Tips Meningkatkan Omset Bisnis Travel
Home / Blog / 5 Tips Meningkatkan Omset Bisnis Travel
5-tips-meningkatkan-omset-bisnis-travel

5 Tips Meningkatkan Omset Bisnis Travel

Dewasa ini, semakin banyak orang yang berpergian entah itu sekedar liburan maupun perjalanan bisnis. Peluang untuk membuka perusahaan bisnis & travel di Indonesia sangat terbuka lebar, kenapa? Karena sebagian besar Negara Indonesia merupakan destinasi wisata seperti Yogyakarta, Bali, Bandung, Malang, Raja Ampat dan masih banyak lainya. Selain itu, masyarakat Indonesia juga memiliki banyak pepatah petuah yang menganjurkan untuk merantau, berkelana atau bahkan menempu pendidikan hingga China.  

Tak heran bila diantara negara berkembang lainnya, Indonesia merupakan negara dengan masyarakat paling mobile. Peluang ini digunakan oleh beberapa pebisnis dengan mengembangkan bisnis tour & travel dengan berbagai macam segmentasi. Lantas bagaimana caranya untuk Anda dapat meningkatkan omset dengan kondisi para pesaing yang semakin hari semakin banyak. Oleh sebab itu dalam artikel ini akan bagikan bagaimana caranya meningkatkan laba bisnis travel:

1. Perbanyak Jaringan / Promosi.

Caranya dengan iklan, buka cabang, sebar brosur, ikut pameran dll. Misalnya, Anda buka toko di mall. Rata-rata yang masuk ke toko Anda secara tidak sengaja adalah 1000 orang, maka prospek/leads Anda adalah 1000. Selain itu Anda juga bisa menggunakan website dan social media dalam memperluas jaringan. Semakin banyak orang yang mengenal tour & travel Anda maka akan semakin banyak juga calon customer.

2. Layanan Terbaik.

Dengan semakin banyaknya pesaing di luar sana, salah satu kunci untuk menang dalam persaingan itu adalah dengan meningkatkan kualitas layanan Anda karena Tour & Travel merupakan transaksi jasa. Taruhlah Anda memiliki jenis produk yang sama dengan harga yang hampir sama, maka hal terakhir yang akan menjadi pertimbangan para konsumen tentu saja adalah pelayananya.

3. Membuat Promo dan Diskon.

Sebenarnya hal ini menjadi bagian dari kegiatan promosi yang memang sudah seharunya Anda lakukan. Cara seperti ini adalah salah satu cara yang paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah penjualan. Anda bisa saja mengemas promosi harga semacam ini dengan sebuah even acara khusus yang bisa membuat orang tidak sadar bahwa mereka sesungguhnya sudah berada dalam “jaring” penjualan Anda.

4. Naikkan Margin Keuntungan. 

Misalnya harga pokok produk Anda adalah Rp.750. Anda jual Rp.1000, maka keuntungan Anda adalah Rp. 250 atau 25% (Rp. 250 : Rp. 1000). Kemudian Anda naikkan harganya Rp. 100 menjadi Rp. 1.100, maka margin keuntungannya menjadi 32% atau naik 7%.

5. Catatan Segala Angka

Ini merupakan rahasia umum untuk segala bisnis. Bahwa semua bisnis akan sukses bila mereka peduli terharap Angka. Mengapa ? untuk mengukur suatu performance kinerja bisnis Anda, angka adalah petunjuknya. Bagaikan spedometer, angka dapat Anda atur sesuai dengan kemampuan Anda. Misalnya Anda akan menaikan harga, menaikan jumlah pembeli, ataupun menaikan pendapatan itu semua Anda hanya perlu Angka yang valid untuk di mainkan. Caranya anda perlu mencatat semua transaksi dan operasional bisnis travel Anda. Pencatatan ini bisa secara manual, excel ataupun  program akuntansi khusus travel. 

Meningkat omset dan juga laba bisnis travel bisa dikatakan tidak mudah namun juga tidak sulit. Anda jangan sampai terlena jika omset dan laba usaha sudah naik harus Anda imbangi dengan Pencatatan Keuangan yang baik. Hal ini dilakukan untuk mengontrol transaksi uang dan memastikan tidak ada uang yang terselip. Selain itu, dengan Anda memiliki pencatatan keuangan ini akan menghindari  tercampurnya uang pribadi dan uang perusahaan yang mengakibatkan anda mengalami kesulitan membedakan mana pengeluaran untuk pribadi dan mana untuk usaha.

Agar usaha Anda semakin perkembang. Let’s #beefree.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda