Home / Blog / 5 Tantangan Yang Harus Diantisipasi Pada Bisnis Startup dan Solusinya
5 Tantangan Yang Harus Diantisipasi Pada Bisnis Startup dan Solusinya

5 Tantangan Yang Harus Diantisipasi Pada Bisnis Startup dan Solusinya

Kini, mematuhi praktik terbaik standar akuntansi tidak lagi rumit seperti dulu. Bahkan, bantuan alat bantu perangkat lunak berbiaya rendah juga sudah banyak tersedia.

Faktanya, kesalahan manajemen keuangan adalah alasan yang sering dikutip penyebab kegagalan bisnis. Alasan No. 2 mengapa beberapa dari usaha kecil itu gagal, adalah karena bisnis mereka adalah mencoba untuk menjual produk yang tidak dibutuhkan pasar.

Jadi, apakah startup Anda macet atau lacar dari aliran dana investor, tetap perhatikan dengan sangat cermat untuk mengelola secara proaktif uang tunai bisnis Anda baik saat arus kas surut maupun saat mengalir lancar. Perhatian semacam itu sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang dan pendek. Oleh karena itu perhatikan beberapa tantangan pada bisnis start ap berikut ini:

Biaya perangkat lunak pendukung

Banyak bisnis online bergantung pada sejumlah besar aplikasi pihak ketiga untuk memperkuat dan memperlancar proses mereka. Tidak heran: Sejumlah alat bantu yang seolah hampir tak ada habisnya di sana bertujuan untuk membuat bisnis Anda berjalan dengan lancar. Sementara banyak aplikasi yang digunakan ternyata tidak sebanding dengan biaya berlangganan bulanan, saat bisnis Anda tumbuh, menjadi semakin sulit untuk melacak berapa banyak yang Anda belanjakan untuk perangkat lunak tersebut.

Kontrol produktivitas

Tantangan besar yang dihadapi pengusaha bisnis rintisan adalah melacak pengeluaran dan waktu kerja tim, terutama yang bekerja dari jarak jauh. Alat bantu aplikasi seperti Humanity adalah solusi penjadwalan karyawan dan pelacakan waktu yang mengotomatiskan apa yang secara tradisional merupakan proses yang rumit.

Anggota tim dapat login dari mana saja untuk melihat jadwal mereka dan bahkan bertukar shift dengan karyawan lain. Antarmuka berbasis cloud yang intuitif menyediakan tampilan kalender untuk manajer dan karyawan, menyelesaikan masalah tradisional yang disertai dengan sistem rumit untuk melacak dan mengeluarkan jam kerja karyawan jarak jauh. 

Baca Juga: 3 Manfaat Software Akuntansi Berbasis Cloud untuk Pemilik Usaha Kecil

Aplikasi pendukung seperti Quickbooks

Ada dua aplikasi yang bisa Anda coba – terutama yang berbasis digital yang bisa Anda masukkan ke dalam operasi bisnis. Salah satunya adalah Google Analytics, untuk mengukur dan mencatat dari mana lalu lintas situs web Anda berasal, dan kinerja situs. Yang lainnya adalah Quickbooks.

Meskipun ada banyak pilihan perangkat lunak, tidak ada yang mengalahkan Quickbooks untuk fitur dan kompatibilitas. Quickbooks telah menjadi standar industri, dan banyak pemakainya. Sebagai permulaan, aplikasi ini bisa terintegrasi dengan mulus dengan rekening bank Anda, menghilangkan banyak tenaga kerja yang terlibat dalam menjaga catatan keuangan Anda. Quickbooks juga dihosting di cloud, membuat pembukuan Anda dari perangkat atau lokasi apa pun menjadi mudah.

Expensify

Salah satu proses akuntasi yang membisakan adalah menyimpan kotak yang penuh dengan kuitansi pengeluaran sampai musim pajak berakhir. Expensify menawarkan integrasi Quickbooks yang luas, Anda cukup mengambil foto tanda terima di ponsel cerdas Anda, dan mengelompokkannya. Maksimalkan biaya unggah ke Quickbooks.

Jika anggota tim Anda diminta untuk menyerahkan tanda terima untuk penggantian, Expensify akan lebih berguna. Ini mendeteksi penerimaan rangkap, menentukan nilai tukar mata uang asing yang akurat dan membantu memastikan keakuratan setiap transaksi.

Aplikasi Fun Box

Tidak peduli seberapa rajin Anda melacak dan merencanakan keuangan bisnis Anda, startup Anda bsa saja mengalami krisis arus kas jangka pendek sesekali. Di situlah Fundbox masuk. Sinkronisasi Fundbox dengan Quickbooks Anda (atau perangkat lunak akuntansi lainnya) untuk mengevaluasi kelayakan kredit bisnis Anda. Fundbox kemudian menawarkan opsi pendanaan untuk memasok uang tunai kepada bisnis Anda.

Pembayaran cicilan dipotong dari rekening bank Anda setiap minggu bersama dengan biaya. Dua keuntungan utama Fundbox adalah bahwa biaya keuangan biasanya jauh lebih rendah daripada opsi seperti kartu kredit, dan tidak seperti pinjaman usaha kecil tradisional dari bank, Anda tidak akan menghadapi waktu tunggu yang lama atau tumpukan dokumen yang harus diselesaikan.

Untuk software akuntansi sendiri, Anda sangat direkomendasikan untuk menggunakan produk beeaccounting, yang praktis dan terintegrasi.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.