Home / Blog / 5 Strategi Pemasaran Produk yang Terbukti Laku Keras

5 Strategi Pemasaran Produk yang Terbukti Laku Keras

Strategi pemasaran memegang peranan sangat penting dalam penjualan. Sukses tidaknya sebuah produk yang dijual tergantung strategi pemasaran ini. Dilansir dari YFS Magazine, sebagai CEO Ignite Visibility dan profesor pemasaran di University California San Diego, beliau telah mengerjakan lebih dari 400 kampanye pemasaran dan menyimpulkan bahwa banyak bisnis sukses dan gagal dalam pemasaran. Orang-orang yang gagal sering mengabaikan strategi pemasaran penting yang harus menjadi pokok dalam bisnis tersebut.

Pertanyaannya, bagaimana membuat strategi pemasaran untuk produk yang terbukti laku keras? Berikut adalah beberapa strategi pemasaran yang selalu berhasil yang bisa Anda coba praktekkan.

  1. Jelaskan tentang perbedaan produk Anda dibandingkan produk lainnya (diferensiasi produk)

Apa yang membuat produk Anda berbeda? Segera jelaskan di awal proses kampanye produk. Sebagai contoh, salah satu platform website paling popular yaitu WordPress mampu membuat seseorang yang ingin meluncurkan situs web bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini yang membedakannya dengan platform web bisnis lainnya. Jika orang tidak memanfaatkan produk ini, mereka akan kehilangan sejumlah besar potensi penjualan mereka. Hal seperti ini yang perlu dijelaskan di awal saat kampanye produk.

  1. Dapatkan umpan balik pelanggan

Banyak pemasar berpikir bahwa survei pelanggan adalah sesuatu yang boros dan tidak up to date lagi. Pola pikir ini membatasi kreativitas Anda. Faktanya adalah, Anda tidak tahu banyak tentang kualitas produk atau layanan Anda jika Anda tidak meminta umpan balik dari pelanggan.

Salah satu contoh untuj produk skala global yang paling gencar promosinya adalah Dominos. CEO perusahaan ini telah mensurvei pelanggan dan menemukan tanggapan unik bahwa: “Dominos rasanya seperti karton. Pizza microwave jauh lebih unggul. ”Berdasar hasil umpan balik survey ini, CEO tersebut kemudian meluncurkan kampanye pemasaran untuk mengubah semua itu. Anda tidak perlu mensurvei pelanggan secara publik seperti halnya Domino, tetapi Anda harus bertanya bagaimana Anda dapat memperbaiki kelemahan Anda kepada pelanggan Anda.

  1. Bangun situs web perusahaan yang ramah pengguna

Situs web bisnis sangat penting bagi pemasar professional. Situs web bisnis yang baik juga harus user friendly alias mudah digunakan. Tidak ada yang akan membuat orang menjauh dari situs web Anda lebih cepat daripada desain antarmuka pengguna yang buruk. Baik di ponsel atau desktop, jika pengunjung Anda kesulitan menemukan menu navigasi atau tidak dapat menemukan cara mudah untuk mendaftar ke layanan Anda, Anda dijamin akan kehilangan pangsa pasar. Navigasi yang jelas dan mudah digunakan haruslah sederhana dan cukup menggunakan ibu jari dan jari telunjuk Anda saja.

  1. Membuat dan mendistribusikan konten yang hebat

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jangkauan penjualan Anda adalah dengan strategi pemasaran konten promosi produk yang luar biasa. Pemasaran melalui konten yang menjelaskan produk Anda akan mendatangkan pengunjung dari mesin pencari maupun saluran media sosial.

Itulah sebabnya banyak merek populer memanfaatkan pemasaran konten. Dan itu tidak harus hanya menjadi posting blog. Anda dapat membuat video, meluncurkan podcast, membagikan whitepapers atau apa pun yang sesuai dengan tujuan market Anda. Kuncinya adalah pemasaran yang kreatif.

  1. Buat dan bentuk komunitas penggemar produk Anda

Temukan cara untuk menawarkankembali dan tetap terhubung dengan orang-orang yang cenderung memiliki minat pada produk atau layanan Anda. Hal itu merupakan cara terbaik untuk memasarkan produk. Media social seperti facebook saat ini sudah makin banyak popular yang memanfaatkan halaman fans page untuk membangun komunitas penggemar produk Anda. Anda dapat melakukan hal serupa. Berkreasilah saja dan tentu saja yang terukur.

Dengan memanfaatkan berbagai strategi pemasaran yang tepat, produk Anda akan mudah untuk dijual dan tentu saja makin laris di mata pelanggan.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.