Home / Blog / 5 Strategi Pemasaran Jitu untuk Produk Anda

5 Strategi Pemasaran Jitu untuk Produk Anda

Pemasaran dibangun berdasarkan empat bagian utama yaitu pasar sebagai sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terpadu dan profitabilitas. Oleh karena itu, saat sebuah bisnis sudah memasuki pasar maka strategi pemasaran produk yang dilakukan juga harus tepat. Ada 5 Strategi Pemasaran Jitu untuk Produk Anda.

Memasarkan produk baru memang tidak mudah, apalagi jika produk tersebut belum dikenal luas. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, berikut beberapa strategi pemasaran yang jitu dan patut dicoba untuk produk Anda.

  • Riset Pasar (Market Research)

Riset adalah hal mutlak yang harus dilakukan seorang wirausahawan sebelum melakoni bisnis. Riset yang perlu dilakukan juga beragam seperti riset produk, riset kompetitor, dan riset pasar. Pastikan sebelum Anda membuat sebuah produk, riset dulu apakah ada pasar yang mau menggunakan produk Anda? Dengan melakukan riset, Anda bisa mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dan mampu menciptakan produk sesuai kebutuhan tersebut.

Terkadang banyak kasus yang terjadi pada pengusaha pemula dan masih muda adalah sikap idealisme yang masih tinggi. Sehingga masih menguatkan egonya untuk mencapai “kesempurnaan” produk, tetapi mereka lupa akan kebutuhan pasar. Terkadang pasar yang layak kita tuju sebenarnya tidak terlalu membutuhkan produk yang seperti kita bayangkan.

  • Menggunakan Online Marketing

Salah satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan ialah Online marketing. Dengan menampilkan produk usaha anda pada situs jejaring sosial, maka anda dapat mengetahui bagaimana selera konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Semakin hari aktivitas jual beli melalui online shop semakin marak dilakukan.Para konsumen cenderung ingin berbelanja dalam ruang yang lebih privat dan terhindar dari keramaian. Internet membuka pintu yang lebar bagi anda untuk berinovasi.

Anda dapat menampilkan produk usaha anda pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang foto-foto yang sekiranya dapat menarik konsumen.Dengan menggunakan internet marketing, anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu dengan kenyamanan-kenyamanan tersendiri kepada pelanggan.

  • Membangun Citra Produk

Pemasaran terbaik untuk setiap produk apalagi yang baru adalah dengan berorientasi pada citra. Karena saat sebuah produk berhasil membangun citra sesuai yang diinginkan biasanya pasar akan memberi sebuah tanda yang akan menjadi identifikasi atas produk Anda tadi.

Identifikasi ini yang akan memberi Anda kemudahan dalam menarik rasa penasaran pasar akan produk baru Anda. Bahkan terkadang identifikasi ini membuat produk dengan sendirinya menjadi lebih dekat dengan konsumen dan mendorong pasar untuk toleran pada harga yang Anda bandrolkan pada produk.

  • Kenalilah Pelanggan Anda

‘Pelanggan adalah Raja’ Istilah tersebut memang benar, sang Raja sangat senang apabila dilayani dengan baik. Dia bahagia jika para pelayannya tahu apa yang dia inginkan. Terlebih lagi, jika sang Raja belum mengutarakan keinginannya, para pelayan sudah menyediakannya. Pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa memberikan pelayanan baik? Kenalilah Pelanggan Anda.Lihatlah para pelayan Raja yang sangat cermat dalam memperhatikan tingkah laku sang Raja.

Mereka tahu ciri-ciri Raja jika mengantuk, gelagat Raja jika dia lapar, dan sebagainya, sehingga dia bisa melayani berdasarkan data hasil pengamatannya dan menghasilkan pelayanan yang lebih akrab. Begitulah seharusnya seorang pengusaha, mereka harus mampu membaca profil para pelanggan mereka. Kemudian memberikan pelayanan yang sesuai dengan profil mereka masing-masing. Percayalah, pelanggan Anda akan jauh lebih loyal pada Anda.

  • Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

Buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala dengarkan dan perhatikan kebutuhan pelanggan, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan serta berikan support yang terbaik. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen merupakan kunci terakhir yang harus anda pegang untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.