5 Rahasia Meningkatkan Omset Usaha Bengkel
Home / Blog / 5 Rahasia Meningkatkan Omset Usaha Bengkel
5 Rahasia Meningkatkan Usaha Bengkel
5 Rahasia Meningkatkan Usaha Bengkel

5 Rahasia Meningkatkan Omset Usaha Bengkel

Peluang usaha selalu datang setiap harinya. Pertumbuhan populasi di Indonesia yang mencapai 240 juta manusia menjadi pasar besar. Peluang usaha bengkel motor dan mobil pun menjadi salah satu pilihan yang menjadi primadona. Namun sayangnya dengan pengetahuan bisnis yang kurang membuat para pelaku usaha tak mampu mengembangkan peluang usaha yang sudah dijalankan.

Usaha servis bengkel dapat ditemui dimana saja. Persaingan harga menjadi sangat ketat. Dampaknya, keuntungan usaha akan semakin menipis. Keuntungan yang tipis menyebabkan pengembangan usaha pun akan tersendat. Keuntungan yang diperoleh hanya cukup untuk membayar pegawai serta biaya operasional.

Omset sangat penting akan keberlangsungan hidup bisnis Anda. Jika omset yang didapatkan bagus dan tinggi jangan lupa harus dibarengi dengan laba/keuntungan yang seimbang. Agar bisnis bengkel Anda semakin berkembang kearah yang lebih baik..

Berikut cara rahasia meningkatkan omset bengkel Anda : 

1. Berikan Kualitas yang Terbaik

Kualitas merupakan hal utama yang tidak boleh Anda lupakan. Pelanggan saat ini semakin pandai. Mereka  lebih memilih membayar sedikit lebih mahal namun hasilnya bagus dari pada murah namun hasilnya jelek.

Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan kinerja para pegawai . Pastikan para pegawai melayani pelanggan dengan ramah.  Dan pastikan jika Anda memiliki peralatan yang memadai dan bisa memberikan kualitas yang maksimal untuk pelanggan.

Selain itu, Sediakan lah ruang tunggu yang nyaman bagi pelanggan. Seperti sofa, tv, surat kabar, dan minum secara gratis. Agar pelanggan tidak jenuh pada saat menunggu kendaraan mereka di servis.

2. Jasa Service Delivery

Layanan ini akan sangat membantu para pelanggan yang memiliki kesibukan sehingga mereka tidak bisa datang ke tempat servis. Ada juga bagi pelanggan yang mungkin tiba-tiba kendaraannya mogok di tengah jalan.

3. Jangkau Semua Segmen

Fokus pada satu hal saja memang perlu, namun alangkah baiknya jika Anda bisa menjangkau semua segmen pelanggan yang ada. Pelanggan ada berbagai macam tipe dan memiliki kebutuhan yang berbeda. Pelajarilah keinginan setiap pelanggan Anda.

4. Supplier

Supplier mengambil peranan penting dalam omset usaha servis Anda. Oleh karena itu carilah supplier yang memberikan harga terbaik namun kualitas barangnya bagus. Jika harga yang Anda dapat lebih murah, tentu biaya operasional rendah. Dengan begitu  servis Anda lebih terjangkau dari kompetitor namun kualitas tetap terjamin.

5. Pembukuan Keuangan

Laporan keuangan dalam usaha apapun, termasuk bengkel merupakan hal yang penting. Untuk mengetahui kondisi usaha dalam kondisi untung/rugi. Dengan membuat pencatatan yang teratur, maka Anda dapat membandingkan kondisi keuangan dari tahun sebelumnya dengan saat ini. Dengan demikian dapat diketahui apakah laba usaha mengalami kenaikan atau sebaliknya.

Selain 5 hal di atas, tentu masih banyak cara lain untuk meningkatkan omset usaha servis bengkel. Dan Ingat pembukuan keuangan bisnis bengkel halnya penting, Anda dapat menggunakan aplikasi khusus bengkel untuk mempermudah Anda menjalankan bengkel. Bila Anda ingin bertanya atau memberikan opsi mengenai cara lain silahkan komen dibawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda