Home / Blog / 5 Prinsip Manajemen Keuangan yang Wajib Anda Ketahui

5 Prinsip Manajemen Keuangan yang Wajib Anda Ketahui

Management keuangan dalam sebuah perusahaan merupakan segala kegiatan yang berkaitan dengan cara memperoleh dana perusahaan, cara menggunakan dana perusahaan, cara mengalokasikan dana perusahaan hingga cara mengelola aset perusahaan yang ada. Kegiatan ini meliputi perencanaan, pengoperasian, analisis kegiatan keuangan perusahaan, serta kontrol dan pengendalian keuangan. Untuk memudahkan Anda menjalankan manajemen keuangan di perusahaan Anda. Berikut 5 Prinsip Manajemen Keuangan yang Wajib Anda Ketahui:

Akuntabilitas (Accountability)

Akuntabilitas berarti kewajiban moral atau hukum yang melekat pada subjek seperti perusahaan, individu atau kelompok. Di Anda harus menjelaskan bagaimana proses pemaanfaatan dana perusahaan Anda, alat-alat dan wewenang yang telah diberikan sebelumnya pada pihak terkait di perusahaan Anda. Prinsip ini mengharuskan semua pihak yang terkait bertanggung jawab atas apa yang diberikan kepadanya. Prinsip ini penting untuk dijalankan karena semua pihak yang berkepentingan berhak mengetahui bagaimana pemanfaatan dana atau wewenang yang diberikan dalam perusahaan Anda.

Konsistensi (Consistency)

Sistem dan kebijakan keuangan dari perusahaan Anda harus konsisten dari waktu ke waktu. Ini tidak berarti bahwa sistem keuangan tidak boleh disesuaikan apabila terjadi perubahan pada perusahaan Anda. Pendekatan yang tidak konsisten terhadap manajemen keuangan merupakan suatu pertanda bahwa terdapat manipulasi dalam pengelolaan keuangan di perushaan Anda.

Transparansi (Transparency)

Perusahaan Anda harus terbuka mengenai pekerjaannya, menyediakan informasi yang berkaitan dengan rencana dan aktivitasnya kepada semua yang berkepentingan. Termasuk menyiapkan laporan keuangan yang akurat, lengkap, dan tepat waktu, serta dapat diakses dengan mudah oleh para manajemen yang berkepentingan dan penerima manfaat dari laporan tersebut. Apabila perusahaan Anda tidak transparan, hal ini menandakan ada sesuatu hal yang disembunyikan didalam perusahaan Anda.

Menggunakan Standar Akuntansi (Accounting Standards)

Sistem akuntansi dan keuangan yang digunakan perusahaan Anda harus sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar setiap akuntan di seluruh dunia dapat sepaham dan mengerti sistem yang digunakan. Standar Akuntansi Keuangan (SAK) adalah suatu kerangka dalam prosedur pembuatan laporan keuangan yang dimaksudkan adanya standarisasi ataupun keseragaman dalam penyajian laporan keuangan di Indonesia. SAK di Indonesia dirumuskan oleh Komite Prinsipil Akuntansi Indonesia pada tahun 1994 untuk menggantikan Prinsip Akuntansi Indonesia tahun 1984.

SAK yang sekarang berlaku di Indonesia sendiri juga telah terkonvergensi dengan IFRS (International Financing Reporting Standards). IFRS sendiri merupakan bagian Akuntansi Internasional yang mengatur dan melaporkan informasi keuangan. Indonesia dapat mengadopsi IFRS karena menjadi bagian dari IFAC (International Federation of Accountants) yang harus mematuhi SMO (Statement membership Obligation)dan menjadikan IFRS sebagai standar akuntansi Internasional.

Integritas (Integrity)

Dalam melaksanakan aktivitas operasionalnya,setiap orang yang terkait dengan management keuangan di perusahaan Anda wajib memiliki integritas yang baik.Llaporan dan catatan keuangan juga harus dijaga integritasnya baik kelengkapan dan keakuratan pencatatan keuangan.

Keberlangsungan (Viability)

Agar keuangan terjaga, pengeluaran perusahaan di tingkat strategi hingga operasional wajib sejalan atau disesuaikan dengan dana yang diterima. Keberlangsungan (viability) merupakan suatu ukuran tingkat keamanan dan keberlanjutan keuangan perusahaan Anda. Manajer perusahaan Anda harus menyiapkan sebuah rencana keuangan yang menunjukkan bagaimana perusahaan dapat melaksanakan strateginya dan memenuhi kebutuhan keuangan perusahaan Anda.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.