Home / Blog / 5 Metode Penyusutan Aktiva Tetap di Dalam Akutansi

5 Metode Penyusutan Aktiva Tetap di Dalam Akutansi

Umumnya nilai Aktiva tetap (aset tetap) akan semakin berkurang dari suatu periode ke periode berikutnya, kecuali aset tetap tertentu seperti tanah. Aktiva tetap dalam bentuk tanah nilainya akan semakin tinggi seiring dengan pertambahan waktu.

Nilai aktiva tetap akan menjadi berkurang karena adanya pemakaian aktiva tetap tersebut. Sehingga dalam akuntansi dikenal dengan penyusutan aktiva tetap. Penyusutan atau depresiasi adalah pengalokasian harga perolehan dari suatu aktiva tetap karena adanya penurunan nilai aktiva tetap tersebut.

Dengan demikian nilai aktiva tetap akan menjadi turun apabila sudah dipakai atau digunakan dalam periode tertentu. Beberapa faktor  yang berpengaruh dalam penyusutuan adalah sebagai berikut;

  • Harga perolehan, yaitu harga barang ditambah biaya-biaya yang menyertainya.
  • Harga buku aktiva tetap, yaitu harga perolehan dikurangi akumulasi penyusutan aktiva tetap.
  • Nilai residu, yaitu perkiraan nilai aktiva tetap setelah digunakan sesuai umur ekonomis, nilai residu disebut juga nilai sisa.
  • Umur ekonomis, yaitu perkiraan usia barang atau batas waktu.

Untuk mengetahui besarnya penyusutan atau depresiasi yang terjadi pada aktva tetap ada 5 Metode Penyusutan Aktiva Tetap di Dalam Akutansi antara lain metode garis lurus, metode jumah angka tahun, metode menurun berganda, metode satuan jam kerja, dan metode satuan hasil produksi.

1. Metode Penyusutan Garis Lurus (Straight Line Method)

Metode garis lurus adalah suatu metode penyusutan aktiva tetap dimana beban penyusutan aktiva tetap per tahunnya sama hingga akhir umum ekonomis aktiva tetap tersebut. Metode ini termasuk yang paling sering dipakai.

Untuk penerapan “Matching Cost Principle”, metode garis lurus dipergunakan untuk menyusutkan aktiva-aktiva yang fungsionalnya tidak terpengaruh oleh besar kecilnya volume produk atau jasa yang dihasilkan seperti bangunan dan peralatan kantor.

2. Metode Penyusutan Saldo Menurun Ganda (Double Declining Balance Method)

Metode saldo menurun adalah metode penyusutan aktiva tetap ditentukan berdasarkan persentase tertentu dihitung dari harga buku pada tahun yang bersangkutan. Metode menurun ganda disebut juga metode Double Declining.

Balance Methode, menurut metode ini maka penyusutan aktiva tetap ditentukan berdasarkan persentase tertentu yang dihitung dari harga buku pada tahun yang bersangkutan.

Persentase penyusutan besarnya dua kali persentase atau tarif penyusutan metode garis lurus. Rumus penyusutan aktiva tetap metode menurun ganda adalah Penyusutan = {2 x (100% : umur ekonomis)} x Harga buku aktiva tetap.

3. Metode Penyusutan Jumlah Angka Tahun (Sum of The Year Digit Method)

Metode Jumlah Angka Tahun disebut juga sum of the years digit method, berdasarkan metode jumlah angka tahun, besarnya penyusutan aktiva tetap tiap tahun jumlahnya semakin menurun. Rumus metode penyusutan aktiva tetap metode Jumlah angka Tahun  adalah sebagai berikut:

Penyusutan = Sisa Umur Penggunaan÷ Jumlah Angka Tahun × (harga perolehan nilai residu)

4. Metode Penyusutan Satuan Jam Kerja (Service Hours Method)

Metode satuan Jam Kerja atau disebut juga Service Hours Method, dengan metode ini, beban penyusutan aktiva tetap ditetapkan berdasarkan jumlah satuan produk yang dihasilkan dalam periode yang bersangkutan.

Rumusnya adalah:

Beban Penyusutan per tahun = Jam kerja yang dapat dicapai × Tarif penyusutan tiap jam

Tarif penyusutan per jam = Harga Perolehan-nilai residu ÷ jumlah total Jam Kerja penggunaan aktiva tetap.

5. Metode Penyusutan Satuan Hasil Produksi (Productive Output Method)

Metode satuan hasil produksi atau disebut Productive Output Method, Menurut metode ini beban penyusutan aktiva tetap ditetapkan berdasarkan jumlah satuan produk yang dihasilkan dalam periode yang bersangkutan.

Beban Penyusutan per tahun = Jumlah satuan produk yang dihasilkan × Tarif penyusutan per produk

Tarif penyusutan per satuan produk = Harga Perolehan Nilai Residu ÷ jumlah total produk yang dihasilkan 

Penyusutan merupakan proses pengurangan nilai aktiva tetap karena faktor penggunaan aktiva tetap tersebut, faktor usia atau faktor sejenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.  Jangan lupa share ya, agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.