Home / Blog / 5 Kelebihan Menguntungkan Menggunakan Software Kasir untuk Bisnis Anda

5 Kelebihan Menguntungkan Menggunakan Software Kasir untuk Bisnis Anda

Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari apa itu sistem point-of-sale (POS-Software Kasir untuk Bisnis), tetapi sebenarnya orang-orang sudah sering menggunakannya. Mereka sebenarnya bisa disebut pahlawan tanpa tanda jasa dari industri ritel, karena sistem POS telah mempermudah bisnis dan klien mereka untuk melakukan bisnis dengan satu sama lain dengan lancar dan efisien. Sistem ini memungkinkan orang memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis secara efisien menggunakan peralatan dan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk secara elektronik menangani proses yang biasanya terkait dengan bisnis restoran atau bisnis ritel yang lainnya.

Untuk yang belum tahu, Anda dapat melihat bagian dari sistem ini sebagai register kas elektronik yang akan Anda temukan di terminal checkout di banyak toko ritel misalnya toko bahan makanan. Menggunakan sistem ini menghadirkan bisnis Anda makin rofesional dengan banyak manfaat.

Berikut ini 5 Kelebihan Menguntungkan Menggunakan Software Kasir untuk Bisnis Anda

1. Laporan terperinci

Fitur penting dari setiap sistem kasir POS adalah ia dapat menyimpan lebih banyak informasi dan jauh lebih cepat daripada mesin kasir tradisional. Dan bahkan jika menggunakan sistem kasir online, maka sistem ini memberi Anda fasilitas untuk menarik informasi dari terminal bisnis apa pun dalam beberapa detik, langsung melalui hub pusat, yang memiliki akses ke semua data inventaris bisnis Anda. Sistem point of sale dapat mengeluarkan laporan dengan cepat dan memberikan informasi terkini secara tepat tentang penjualan, barang, catatan waktu dan banyak lagi yang lainnya.

2. Kecepatan check out lebih cepat

Karena sistem Kasir POS terutama menggunakan pemindaian kode batang atau fitur serupa, maka memodifikasi dan menyelesaikan transaksi daat dilakukan dengan lebih cepat. Ketika Anda membuat perbandingan antara metode tradisional dan proses penjualan, Anda dapat dengan mudah melihat perbedaan waktu transaksi. Sekedar ilustrasi, entri keyboard dari data 12 karakter, yang merupakan panjang khas komputer, akan memakan waktu sekitar 6 detik dan jika memindai dalam bentuk kode batang (bar code) maka akan memakan waktu hanya sekitar 2 detik.

Jelas sekarang, sistem ini lebih cepat dan mengakses data juga lebih mudah. Sistem POS memfasilitasi penggunaan fitur-fitur seperti ‘pengembalian uang, batal atau tidak ada penjualan’ begitu sederhana sehingga hanya dengan sekali klik saja.

3. Laporan akurat

Akurasi adalah faktor terpenting ketika Anda berurusan dengan inventaris yang banyak. Satu kesalahan tunggal dapat menyebabkan kesalahan lainnya. Menggunakan sistem kasir POS membuat perhitungan dan database Anda hampir 100% akurat. Kecuali jika mesin mengalami kegagalan fungsi dan itupun jarang.

4. Cepat dan Akurat

Sesuai studi, tentang proses input oleh kasir berpengalaman sekalipun setidaknya pernah ada satu kesalahan dalam setiap 300 karakter yang diketik menggunakan keyboard. Sekarang mari kita lihat kasusnya dengan sistem kasir POS. Pembaca kode batang (bar code) misalnya di sini memiliki kesalahan dalam memindai 15.000 hingga 36 triliun karakter, dan itu tergantung pada jenis barcode.

Ya, ini perbedaan yang sangat besar. Selain beresiko membuat kesalahan lebih banyak melalui metode tradisional, hal itu juga menimbulkan biaya tambahan untuk memperbaiki kesalahan apalagi jika sampai membuat laporan akhir salah. Terkadang, harga beberapa barang perlu diubah, dan mungkin menjadi tugas yang sibuk untuk melakukan koreksi di setiap persimpangan data yang disimpan.

Dalam sistem kasir POS, Anda dapat membuat perubahan di setiap tempat hanya dengan membuat perubahan di hub atau database utama back office. Beberapa perangkat lunak tersebut mencetak label rak dan Anda mungkin tidak perlu mengubah label harga pada setiap item.

5. Pelacakan inventaris yang mudah

Sistem kasir Point of Sale menyimpan catatan inventaris yang lebih baik. Sistem ini memberi Anda gambaran akurat tentang berapa banyak barang yang dijual. Sistem ini juga terus melacak semua pergerakan produk yang terjadi. Hal ini adalah faktor yang sangat efisien dan bermanfaat untuk bisnis apa pun. Rincian inventaris memiliki semua data tentang pergerakan produk seperti penjualan, tanggal penjualan, harga, dan banyak lagi. Dan hal ini membantu Anda untuk mengelola jumlah persediaan yang cukup dalam stok dan memastikan bahwa tidak pernah ada kekurangan dalam item tertentu.

Dalam sistem tradisional, Anda mungkin perlu memasukkan data penjualan ke lembar excel setelah mendapatkannya dari perangkat lunak kasir dan kemudian menghitung pergerakan inventaris untuk setiap item. Namun, dalam sistem kasir POS, Anda dapat melakukan semua ini dalam sistem yang sama, dan tidak perlu mengambil data dari tempat lain dan mengetiknya lagi.

Jadi, jelaslah sudah bahwa sistem kasir ini memiliki banyak manfaat untuk bisnis ritel Anda. Sistem ini selain menghemat banyak waktu juga dapat mencegah kesalahan dengan entri data manual.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.