Home / Blog / 5 Jenis Bisnis UKM yang Menguntungkan

5 Jenis Bisnis UKM yang Menguntungkan

Usaha kecil menengah (UKM) adalah salah satu motor penggerak perekonomian di negara kita. Bahkan menurut informasi yang saya baca di berbagai media informasi, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan ‘tulang punggung’ perekonomian di Indonesia.

Peluang bisnis dengan modal kecil yang sangat menguntungkan dan usaha yang menjanjikan penghasilan besar, cocok untuk pemula yang ingin sukses merintis wirausaha, tentunya tidak terlepas dari cara atau strategi anda dalam menentukan target konsumen yang harus dibidik dengan tepat.

Menyimak sekilas tentang pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia saat ini memang mempunyai peranan penting, dan telah banyak memberikan kontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan perekonomian serta pembangunan negara.

Sehingga bentuk peluang bisnis dan usaha yang paling sesuai bagi pemiliki modal kecil sebaiknya lebih mengedepankan kreatifitas, karena hal ini bertujuan agar mereka tetap mampu bersaing pada era ekonomi global seperti sekarang ini bahkan sampai masa yang akan datang. Berikut adalah 5 Jenis Bisnis UKM yang Menguntungkan.

Usaha Kecil Menegah di Bidang Kuliner

Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang menguntungkan dan akan selalu laris sepanjang masa. Alasannya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Bisnis kuliner ini pun punya banyak kategori, mulai dari makanan ringan (camilan), minuman, hingga makanan pokok. Semua kategori di bisnis kuliner ini (camilan, minuman, makanan pokok) punya potensi yang sangat bagus, tergantung cara kita dalam memasarkannya.

Menjalankan Bisnis Online Dengan Membangun Web atau Blog

Peluang bisnis online saat ini hingga kedepannya bisa dikatakan paling potensial mengingat pengguna internet di dunia yang akan terus bertambah setiap harinya. Setiap orang telah begitu akrab dengan internet untuk berbagai keperluan mulai dari sekedar mencari informasi, hiburan, hingga menjalankan bisnis dan usahanya.

Bahkan sampai pada saat ini telah banyak yang membuktikan bahwa dunia online bisa menjadikan sumber penghasilan yang sangat fantastis untuk mendapatkan uang dari internet dengan modal yang tidak terlalu besar. Di Indonesia sendiri tidak sedikit blogger yang sudah berpenghasilan hingga puluhan juta rupiah perbulan hanya dari mengelola sebuah blog maupun toko online.

Adapun cara menjadikan blog dan web sebagai sumber penghasilan ialah melalui beberapa metode diantaranya adalah:

  • Menjalankan program periklanan CPC, CPM hingga CPA
  • Bergabung dengan program affiliasi
  • Menjual produk sendiri (toko online)
  • Iklan advertorial (konten review) atau guest post
  • Membangun blog sebaiknya dengan memiliki domain sendiri agar brand yang di kelola menjadi semakin profesional apalagi untuk sebuah brand toko online.

Sebagai contoh, toko online atau blog gratisan dengan naman domain toko.blogspot.com tentunya sangat tidak profesional jika dibandingkan dengan www.toko.com bukan?

Nah, dengan demikian mulai sekarang saatnya anda memikirkan tentang nama domain sebagai brand yang akan anda pilih. Tidak perlu khawatir soal harga, saat ini domain beserta hosting untuk menjalankan bisnis online bisa anda dapatkan dengan harga cukup terjangkau namun sangat berkualitas.

Usaha Kecil Menengah di Bidang Fashion

Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) adalah jenis bisnis yang menjanjikan dan sangat potensial karena akan selalu dicari oleh banyak orang. Alasannya sangat sederhana, pakaian adalah kebutuhan sekunder bagi manusia, dan manusia sekarang ini punya banyak keinginan untuk model pakaian mereka.

Bisnis fashion memiliki banyak sekali kategori yang bisa dimanfaatkan. Misalnya kategori pakaian pria atau wanita, pakaian muslim, pakaian model korea, dan masih banyak lagi. Salah satu bisnis busana muslim yang cukup sukses adalah Jilbab Rabbani yang membidik target market khusus wanita muslimah. Jilbab Rabbani juga memberikan kesempatan kepada pengecer untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk mereka dengan cara menjadi reseller.

Yang menarik dari bisnis fashion saat ini adalah, kita bisa bisa memiliki bisnis fashion dengan modal yang sangat minim namun potensi keuntungannya cukup menggiurkan. Banyaknya suplier fashion yang menawarkan sistem penjualan dengan cara reseller ataupun dropship, sehingga kita cukup mengeluarkan modal yang relatif kecil untuk memulai bisnis ini.

Bisnis UKM di Bidang Agribisnis

Anda pasti pernah mendengar lagu Koes Plus “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat, kayu dan batu jadi tanaman…”. Ya, negara kita memang terkenal dengan berbagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan kebutuhan lainnya. Mulai dari beras, aneka sayuran, aneka buah-buahan, dan tanaman penting lainnya.

Kebutuhan akan bahan pangan dan nutrisi nabati tentunya membuat bisnis UKM agrobisnis di bidang pertanian akan terus dibutuhkan masyarakat Indonesia. Bahkan kita bisa mengekspor ke luar negeri.

Bisnis UKM di bidang Agrobisnis lainnya adalah peternakan. Seperti kita ketahui, protein hewani adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, itulah sebabnya mengapa bisnis peternakan akan selalu dibutuhkan.

Sayangnya, meski bisnis agrobisnis peternakan telah menelurkan banyak miliuner sukses di Indonesia. Belum banyak pengusaha muda yang menggeluti bidang ini karena dianggap kolot dan hanya cocok untuk masyarakat pedesaan.

Usaha Kecil Menengah di Bidang Otomotif

Perkembangan dunia otomotif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Lihat saja jumlah sepeda motor dan mobil yang semakin banyak. Tentunya ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang jeli memanfaatkannya. Bisnis otomotif tidak harus besar, yang penting hasilnya menguntungkan dan jangka panjang.

Ada beberapa usaha yang bisa dimanfaatkan di bidang otomotif. Diantaranya jasa bengkel dan spare part, jasa cuci motor/mobil, menjual perlengkapan kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi. Banyak sekali ceruk di bisnis otomotif yang bisa kita manfaatkan, misalnya menjual helm sepeda motor. Bagi sebagian orang mungkin jualan helm itu biasa saja. Namun bagi mereka yang jeli pasti akan bisa mendapatkan keuntungan besar hanya dari berjualan helm sepeda motor.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.