Home / Blog / 5 Hal Penting yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis Anda

5 Hal Penting yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis Anda

Bisnis adalah sebuah aktifitas yang dinamis. Didalamnya terdapat variabel-variabel yang menentukan apakah seorang pelaku bisnis akan survive, sekedar trending, atau mampu berkembang hingga tumbuh meraksasa.

Variabel-variabel ini berupa hal-hal yang harus dicermati, dianalisa, serta dipraktikan selama proses. Terkadang, meski kecil atau sangat minimal faktor atau hal tersebut bisa sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis.

Para bisnis motivator dan  pelatih bisnis sebenarnya telah banyak membukukan tips serta pengetahuan dan bisa diakses oleh siapa saja. Tentu diantara tips tersebut secara aplikatif perlu diuji dalam bentuk learning by doing (pembelajaran berbasis proses) oleh pelaku bisnisnya sendiri. Dan dari sekian banyak hal penting yang bisa berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis 5 diantaranya terangkum sebagai berikut;

  1. Knowledge (Pengetahuan)

Pengetahuan bisa bermakna sebagai serangkaian hal yang dimiliki oleh seorang pelaku bisnis tersebut menyangkut usaha yang dijalankan. Setiap model bisnis yang dijalankan memerlukan serangkaian ilmu yang bisa mempermudah seseorang dalam menjalankannya sekaligus meraih keuntungan.

  1. Capital (Permodalan)

Permodalan adalah hal yang harus ada dalam sebuah bisnis. Tipe permodalan dibagi menjadi dua yaitu modal bergerak (activa) dan modal diam (pasiva). Masing-masing tipe modal harus dimanfaatkan sesuai fungsi dengan sefektif dan seefisien mungkin. Pemanfatan modal yang benar akan membawa dampak scaling up (peningkatan skala) yang semakin membesar. Sementara itu dilain pihak, meski modal melimpah tetapi bila tidak dimanfaatkan secara fungsional kerugian bisa saja terjadi dan berpengaruh pada keberhasilan bisnis.

  1. Mentallity (Sikap Mental)

Setiap manusia dilahirkan secara unik. Beberapa orang lahir dengan daya hidup tinggi dan mampu fight sehingga sukses sebagai entrepreneur. Tetapi hal yang demikian bukan selalu bisa diberlakukan sama. Sebagai seorang pebisnis, belajar bersikap terhadap segala bentuk fenomena usaha yang terjadi dapat menjadi gerbang awal menuju sukses.

  1. Resources (Sumber Daya)

Sumber daya atau resources adalah salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis. Sebagai contoh, meski pemasaran tinggi tetapi sumber daya sebagai faktor produksi terbatas maka permintaan tidak akan bisa terpenuhi dengan baik. Sama halnya, sumber daya manusia juga termasuk sebagai faktor penentu bahkan kunci bagi sebuah keberhasilan bisnis.

Sumber Daya Manusia/SDM (Human Resources) bukan hanya faktor penentu melainkan juga faktor utama. Rendahnya kualitas sumber daya manusia didalam sebuah bisnis sama saja dengan menganulir ketiga poin diatas. Karena itu, sangat penting bagi seorang pelaku bisnis ketika sudah waktunya employment sebagai akibat dari semakin tingginya kebutuhan pengembangan bisnis harus memilih pegawai (SDM) yang mumpuni disegala aspek.

  1. Selling Skill (Skill Penjualan)

Sudah menjadi sesuatu yang klise bahwa penjualan disebut juga sebagai ujung tombak perusahaan. Sebuah perusahaan yang sukses, sebagai salah satu perwujudan bisnis yang sudah berkembang punya ujung tombak perusahan yaitu sederet nama yang punya kemampuan penjualan baik.

Dengan kenyataan ini pula. Bahkan bila bisnis masih berskala perorangan, kemampuan dari owner dalam bentuk selling skill juga akan diuji dalam proses. Owner yang baik juga sekaligus seorang pengusaha dengan skill dibidang penjualan yang mumpuni. Terlebih bila bentuk bisnis yang dibangun adalah usaha dagang, atau usaha distributor.

5 hal diatas saling terkait satu sama lain sehingga membentuk satu kesatuan yang tertarget dan terukur dan akan mengarah pada keberhasilan bisnis. Setiap poin adalah satu element kunci, yang artinya, harus diperhatikan dengan seksama dan terus dikembangkan dalam proses.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.