Home / Blog / 5 Hal Penting Mencegah kehilangan Stock Barang
5 Hal Penting Mencegah kehilangan Stock Barang
5 Hal Penting Mencegah kehilangan Stock Barang

5 Hal Penting Mencegah kehilangan Stock Barang

Mengelola system stock barang dalam gudang sebenarnya bukanlah hal yang sulit, jika Anda memahami bagaimana cara memanagemen yang benar. Penting bagi para pengusaha memahami hal ini jika bisnis yang dikelola mengharuskan adanya stock opname.

Kesalahan dalam mengelola stock barang bisa mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit, apalagi stock yang barang yang bernilai tinggi. Agar dapat menjaga kondisi stock barang dalam kondisi aman dan terkontrol perputarannnya sangat dibutuhkan sebuah system yang tepat dan sesuai dengan jenis usaha.

Berikut saya akan berikan beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar stock barang Anda terkontrol dengan baik.

1. Penggolongan Barang

Anda harus mengolongkan barang apa saja yang menurut Anda sangat mudah hilang.  Biasanya adalah barang yang bentuknya kecil atau barang yang mudah disembunyikan. Dan biasanya barang-barang yang jauh dari pengawasan baik cctv maupun penjaga.

2. Stock Barang yang Mahal

Barang yang mahal bisa dipastikan untuk mudah hilang, apalagi jika barang itu berukuran kecil. Jadi Anda hars mengontrol stock barang-barang tersebut setiap hari.

3. Stock Barang Yang Laku

Lakukanlah stock barang yang laku setiap hari. Ini adalah cara yang paling jitu karena Anda akan bisa mengetahui keluar masuknya barang secara real time.

4. Stock Barang Restand

Stock barang restand adalah barang yang sudah tidak laku dan tidak didisplay. Anda harus benar-benar mengontrol stock barang yang restand dengan teliti untuk meghindari kerugian barang hilang.

5. Administrasi yang Disiplin

Dengan adminitrasi yang disiplin akan sangat membantu dalam mengontrol stock barang. Dari 4 hal diatas jika administrasi tidak disiplin juga akan sia-sia. Dan adminstrasi ini yang menjalankan adalah SDM jadi Anda harus memastikan jika SDM yang bekerja memiliki kedisiplinan administrasi yang baik.

Dalam pengelolaan stock ini memang tidak mudah harus ada kerjasama yang baik antar devisi. Bila Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai stock, silahkan baca ini Cara Efektif Mengelola Stok Persediaan Barang , stock opname tanpa lemburJika Anda ada yang ingin menambahkan terkait 5 hal diatas dapat langsung komen disini, untuk bahan informasi pembaca lainya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator