Home / Blog / 5 Hal Dianggap Sepele Oleh Pebisnis Namun Akibatnya Fatal
5 hal dianggap sepele oleh pebisnis namun akibatnya fatal

5 Hal Dianggap Sepele Oleh Pebisnis Namun Akibatnya Fatal

Hal kecil yang sering diabaikan ini justru dapat membuat Anda ke jurang kegagalan. Banyak pebisnis yang sebenarnya memahami akan pentingnya beberapa hal ini namun entah mengapa hal ini diabaikan.

Biasanya pebisnis beralasan perusahaan saya masih kecil atau baru mulai jadi belum perlu dll.

Berikut 5 hal dianggap sepele oleh pebisnis namun akibatnya fatal antara lain;

1. Tidak Mencatat Pengeluaran Kas

Pencatatan semua transaksi adalah sangat penting agar Anda dapat melacak semua biaya yang terkait dengan usaha yang dijalankan, sehingga Anda dapat paham betul bagaimana kondisi keuangan usaha Anda.

Catatlah yang rapi setiap pengeluaran maupun pemasukan Anda dan disertai dengan bukti transaksi seperti invoice, surat jalan, maupun document-dokumet lainya.

2. Malas/ Tidak Memeriksa Piutang

Anda harus rajin memeriksa piutang, ini diperlukan agar kondisi keuangan perusahaan Anda sehat. Lakukanlah kontrol piutang Anda dengan membatasi plafon piutang customer baik dalam bentuk nominal dan intensitas transaksi.

Dan yang paling penting jangan sungkan untuk menagih customer yang sudah lewat jatuh tempo dan jangan segan untuk memblack list customer yang bandel meskipun customer tersebut teman baik Anda.

3. SDM yang Berkompeten

Pilihlah pegawai yang memiliki keahlian dibidangnya, misal jika Anda membutuhkan staff administrasi Anda harus rekrut seseorang yang mempunyai kemampuan dibidang administrasi tersebut meskipun Anda harus membayar lebih. Hal ini lebih baik dibanding Anda menempatkan orang yang tidak mempunyai kemampuan administrasi yang pada akhirnya justru merepotkan Anda.

4. Sistem Operasional Perusahaan yang Jelas

Hal ini juga sering kali diabaikan oleh pebisnis pemula maupun yang sudah lama. SOP yang jelas tentu akan mempermudah Anda dalam mencapai target yang sudah Anda tetapkan. Buatlah aturan main diperusahaan Anda yang baik dan saling menguntungkan baik buat Anda sebagai pebisnis ataupun buat karyawa Anda.

Untuk no 1 sampai no 3 ada baiknya jika Anda menggunakan software akuntansi.Ini akan membantu pekerjaan Anda maupun karyawan.  Karena software akan otomatis memproses transaksi – transaksi keuangan dan tentunya akan lebih menghemat tenaga. Dan laporan yang tersajipun lebih akurat dan cepat.

Semoga artikel ini bermanfaat. Share artikel ini jika bermanfaat ya. Terimakasih . Salam Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda