Home / Blog / 5 Faktor Penting yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis Anda

5 Faktor Penting yang Mempengaruhi Keberhasilan Bisnis Anda

Seringkali, wirausahawan pertama kali terjun ke sebuah bisnis hanya bermodalkan tren usaha yang sedang berkembang di masyarakat dan cenderung ikut-ikutan. Mereka buta seberapa besar potensi market yang ada dan seberapa kuat kekuatan pendukung bisnis dia untuk mencapai market atau bahkan menambah market yang tersedia saat ini. Untuk membantu Anda membaca peta kekuatan bisnis dan potensi market yang ada, berikut ini 5 faktor pendukung sukses bisnis Ada yang perlu dipahami pemilik bisnis baik yang masih baru maupun sudah berjalan setidaknya di 5 tahun pertama:

  1. Ide bisnis yang inovatif

Jika Anda ingin mencoba bertahan, terutama dalam industri yang kompetitif, maka Anda perlu menentukan apa yang membedakan Anda dari opsi bisnis lain yang sudah tersedia sebelumnya. Pemasaran yang cerdas atau teknologi yang menarik saja tidak akan menjamin bahwa target pelanggan Anda akan kagum dengan apa yang Anda tawarkan – Anda harus menawarkan nilai nyata yang berbeda dan / atau pengalaman baru bagi pelanggan baru Anda.

Richard Werbe, pendiri platform konsultan bisnis mikro StudyPool, menjelaskan strateginya untuk menghasilkan ide bisnis yang inovatif, dengan mengatakan bahwa, “Anda harus memperhatikan tren. Kebanyakan orang berpikir mereka harus datang dengan ide yang sepenuhnya orisinal, tetapi Anda dapat mengambil tren populer saat ini dan membangun dari apa yang sudah Anda lihat di sana, untuk kemudian menciptakan layanan atau produk yang lebih baik lagi. “

Pasar akan menentukan apakah bisnis Anda akan berhasil atau tersingkir dan satu cara untuk meraih peluang tersebut adalah dengan memiliki produk atau layanan inovatif yang akan diterima dengan baik. Anda tidak harus sepenuhnya menemukan sesuatu yang baru – Anda cukup hanya membuatnya lebih baik dari produk dan layana yang sudah ada saat ini.

  1. Mencari dan memilih bakat yang tepat

Keberhasilan jangka panjang bisnis Anda mengharuskan Anda mengumpulkan bakat yang tepat untuk membangun bisnis Anda. Tim Anda adalah tulang punggung perusahaan, dan satu orang yang tidak kompak saja bisa jadi “toxic employee” serta dapat sepenuhnya menggagalkan kemajuan bisnis Anda. Apakah Anda sedang membangun tim di satu tempat yang sama atau mencari tenaga kerja jarak jauh (freelance), satu hal yang Anda cari adalah bakat yang tepat dan cocok dengan visi yang sama untuk meningkatkan peluang keberhasilan.

Kip Skibicki, pendiri Top Notch Threads Consultant, memahami pentingnya menyusun tim all-star. “Ketika saya memulai perusahaan saya, saya tidak memiliki banyak koneksi, tetapi saya berkomitmen untuk membangun sebuah tim yang berbagi visi dengan saya, bekreja bersama dengan memiliki pengalaman dan pengetahuan yang diinginkan perusahaan untuk setiap peran yang mereka miliki,” kata Skibicki.

Membangun bisnis membutuhkan banyak pekerjaan selama fase startup dan akan jauh lebih menyenangkan ketika seluruh tim bersedia untuk berusaha keras untuk mencapai tujuan dan mencapai keberhasilan bersama.

  1. Memperluas jaringan Anda

Membangun jaringan pengusaha yang berpikiran sama memiliki beberapa manfaat. Hal ini bisa dijadikan media saling tukar pikiran terutama pada tahap awal bisnis. Ketika jaringan Anda tumbuh, demikian juga sumber daya Anda akan semakin besar.

Anda bisa bergabung dengan beberapa grup profesional bisnis dan terus-menerus berjejaring untuk menambah relasi. Secara bisnis, Anda akan melihat betapa untungnya jaringan bisnis tersebut dan telah mendorong Anda untuk mendapatkan peluang baru kedepannya.

  1. Kerja keras

Jika Anda tidak ingin tangan Anda kotor dan berkeringat, Anda mungkin sama saja dengan tidak memulai bisnis yang sukses. Banyak pengusaha potensial memiliki perasaan keliru tentang bagaimana sebenarnya memiliki bisnis. Bisnis adalah kerja keras, pada posisi apapun dan daam skala bisnis yang bagaimanapun. Tinggal Anda sebagai pebisnis mengelola kerja keras Anda dalam bentuk yang seusai dengan tantangan yang ada.

  1. Penjualan (sales)

Ada satu hal yang bisa Anda jadikan indikator yang cepat untuk membuktikan kelayakan produk atau layanan Anda yaitu penjualan. Penjualan membuktikan Anda memiliki sesuatu produk yang layak, dan juga menyuntikkan pendapatan ke bisnis Anda. Angka penjualan juga memungkinkan Anda untuk tumbuh dan menghindari defisit alias kebangkrutan.

Sebagai seorang wirausahawan, Anda harus terus-menerus menjual visi Anda kepada karyawan, mitra, investor, dan semua pihak bahwa saat ini bisnis Anda prospektif. Ide bagus, tetapi tanpa penjualan yag baik, ide ini kemungkinan besar akan gagal. Mark Cuban, konsultan bisnis terkemuka terus-menerus berbicara tentang bagaimana kesuksesan didasarkan pada penjualan. Pengusaha yang hebat dalam penjualan memberi bisnis mereka keunggulan yang kompetitif.

Dengan memahami 5 aspek penting diatas, Anda akan semakin sukses dalam menjalankan bisnis kedepannya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.