Home / Blog / 5 Cara Mudah Menghemat Biaya Perusahaan

5 Cara Mudah Menghemat Biaya Perusahaan

Pertengahan tahun seperti saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi bisnis Anda. Di pos mana saja Anda bisa menghemat uang? Berikut daftar beberapa pos biaya yang bisa Anda lakukan penghematan. Apalagi dalam kondisi ekonomi yang tidak pasti dimana setiap rupiah senantiasa dihitung, maka peningkatan terkecil dalam pendapatan atau pengurangan biaya dapat berdampak pada profitabilitas perusahaan. Berita baiknya adalah perombakan besar-besaran perusahaan tidak perlu dilakukan. Beberapa hal berikut ini sering kali langkah sederhana, namun cukup efektif menghemat biaya dan menambah profit usaha Anda.

1. Mengurangi biaya pasokan

Hemat uang untuk keperluan kantor dengan menghubungi vendor untuk memberi tahu mereka bahwa Anda ingin belanja dengan harga murah. Coba lihatlah ke luar dan bandingkan dengan kumpulan vendor tradisional Anda. Pemasok diskon besar seperti dalam skala global kita ambil contoh saja BJ, Amazon atau Wal-Mart sering kali dapat mengalahkan harga vendor pemasok kantor tradisional.

2. Memotong biaya produksi.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus selalu mencari cara untuk memotong biaya material, dan mengoptimalkan sumber daya Anda. Berikut ini beberapa saran: Coba jual sisa kardus, kertas, dan logam material tak terpakai untuk dimanfaatkan kembali daripada mengirimnya ke pusat daur ulang. Juga, pertimbangkan cara untuk menggunakan limbah Anda untuk membuat produk lain. Baca

Pastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari hasil produksi Anda. Pusatkan atau konsolidasi ruang yang diperlukan untuk produksi. Lacak dan ukur efisiensi operasional bisnis Anda, untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia. Tetapkan parameter kinerja yang mencerminkan sasaran efisiensi Anda dan tawarkan insentif ketika sasaran tersebut dipenuhi.

3. Turunkan pengeluaran keuangan

Lihatlah kembali beberapa pos pengeluaran seperti premi asuransi, cek juga beberapa pos dan akun keuangan Anda untuk mencari pos apa yang bisa digunakan untuk menghemat uang. Menghemat uang pada asuransi dengan membandingkan paket asuransi untuk tingkat yang paling kompetitif; kemudian mintalah pemberi pinjaman atau penyedia asuransi Anda untuk memberikan penawaran terendah. Mengevaluasi polis asuransi juga bisa untuk memastikan Anda tidak memiliki asuransi yang berlebihan atau duplikasi pertanggungan.

Jangan mengambil hutang yang tidak perlu. Lakukan analisis biaya-manfaat secara menyeluruh dan perkiraan masa depan saat mempertimbangkan ekspansi bisnis. Pertimbangkan biaya peluang dan pengaruh pembayaran utang terhadap arus kas. Kelebihan hutang mempengaruhi peringkat perusahaan, suku bunga dan kemampuan untuk meminjam di masa depan.

4. Modernkan upaya pemasaran Anda.

Tentu saja, Anda tidak ingin menghilangkan iklan berbayar yang berfungsi baik untuk bisnis Anda; namun, Anda bisa mencari beberapa alternatif yang lebih murah. Bangun daftar email pelanggan Anda dan terapkan program rujukan. Rekomendasi dari pelanggan saat ini jauh lebih mungkin menghasilkan penjualan daripada pemasaran tradisional.

Anda bisa juga membuat jaringan lebih banyak, kurang beriklan. Klien lebih cenderung untuk menyewa bisnis dengan wajah yang mereka kenal. Anda bisa memotong biaya pemasaran dengan melakukan lebih banyak pemasaran dari rumah ke rumah. Anda bisa meningkatkan penggunaan media sosial dan mengurangi pemasaran tradisional.

5. Gunakan strategi waktu yang efisien.

Mengoptimalkan produktivitas secara efektif bisa menurunkan biaya Anda dalam melakukan bisnis. Ingat, waktu terbuang sama dengan uang terbuang. Minimalkan gangguan dan batasi akses ke pemboros waktu. Gunakan aplikasi canggih yang sudah banyak digunakan seperti Focus Booster atau Rescue Time untuk membantu karyawan fokus dan berkonsentrasi untuk tetap mengerjakan tugas.

Tetapkan target untuk jumlah waktu yang wajar untuk menyelesaikan jenis kegiatan atau tugas tertentu. Tawarkan insentif untuk memenuhi atau melampaui target/harapan itu. Jadwalkan kegiatan bisnis dan dorong karyawan untuk mematuhi jadwal harian atau mingguan.

Jadwalkan juga alokasi blok waktu yang telah ditentukan untuk rapat. Jelaskan bahwa Anda mengharapkan peserta datang tepat waktu, tetap berpegang pada agenda yang ada dan bisa selesai pada waktu yang ditentukan.

Dengan menjalankan beberapa tips diatas, maka diharapkan Anda bisa membuat bisnis Anda lebih efisien dan produktif.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.