Home / Blog / 5 Cara Mudah Mengatasi Usaha yang Lagi Sepi

5 Cara Mudah Mengatasi Usaha yang Lagi Sepi

Biasanya penyebab sepinya pelanggan lebih dikarenakan beberapa hal. Di antaranya adalah karena harga, kualitas dan pelayanan. Harga produk yang cenderung lebih mahal dari pada penjual lainnya tentu akan mengakibatkan pelanggan anda melirik toko orang lain. Apalagi jika harga tersebut tidak sepadan dengan kualitasnya. Kualitas produk yang buruk sebenarnya lebih dibenci konsumen meskipun harganya murah.

Perjalanan bisnis tidak selalu mulus dan lancar, Hal itu tentu sangat wajar. Terutama bagi anda yang pemula dalam dunia bisnis. Kondisi tersebut sebenarnya bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, karena kegagalan dalam berbisnis semua pengusaha yang berhasil sukses pernah mengalaminya. Namun, yang penting perlu anda lakukan adalah inovasi dan introspeksi. Berikut adalah 5 Cara Mudah Mengatasi Usaha yang Lagi Sepi

Perbaiki Hubungan dengan Customer Anda

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan salah satu caranya adalah dengan kemampuan kalian untuk menyikapi komplain yang ada dari para pelanggan. Banyak sekali bisnis yang kehilangan pelanggan mereka karena tidak adanya manajemen komplain yang baik dari perusahaan. Keluhan para pelanggan sering kali tidak didengarkan dan dianggap sebagai hal yang tidak perlu dipedulikan.

Hal ini sepele tapi sangat fatal akibatnya, salah satunya para pebisnis akan mulai ditinggal para pelanggan dan mereka beralih ke kompetitor. Gesekan seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi. Komplain yang datang ataupun saran yang diberikan para pelanggan seharusnya dapat diterima dengan baik. Mulailah untuk mendengarkan keluhan para pelanggan anda dan pahami apa yang menjadi ekspektasinya. Jika anda mampu menawarkan solusi terbaik kepada mereka, para pelanggan yang ada pasti akan merasa senang dan dapat menjadi pelanggan tetap kalian.

Beberapa contoh yang bisa anda terapkan dalam menjaga hubungan baik dengan para pelanggan adalah dengan segera menjawab pesan WA atau email yang mereka sampaikan kepada kalian. Jawablah komplain yang mereka sampaikan dengan sopan dan memiliki bahasa yang sopan dan halus. Tersenyum dan tunjukkan ketertarikan kepada para pelanggan kalian saat mereka melakukan komplain.

Manfaatkan kemajuan teknologi seperti Email, WhatsApp, dan panggilan telepon untuk menjaga hubungan baik dengan banyak pelanggan. Cara seperti ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk membuat para pelanggan kalian senang dan merasa dihargai. Lakukanlah dan hubungilah para pelanggan lama meskipun tidak ada hubungannya dengan bisnis yang dijalankan. Jika dilakukan dengan benar bukan tidak mungkin pelanggan yang lama tersebut dapat kembali dan memesan produk lain dengan anda. Jadi jangan pernah menyepelekan kekuatan silaturahmi untuk mengembangkan bisnis.

Perluas Market Secara Online

Saat ini pasar tidak terikat dengan tempat. Anda bisa memulai berjualan secara online di internet yang tidak terikat dengan biaya sewa tempat atau biaya keamanan. Yang anda butuhkan adalah promosi via internet. Dengan demikian anda sudah memiliki pasar internasional. Dengan cara ini tentu toko atau produk anda tidak akan sepi dari pembeli. Meskipun sepi kunjungan yang penting tidak sepi pembeli, karena ada yang membeli lewat sistim online.

Jika memulai usaha dengan usaha offline, dengan memiliki gerai atau toko khusus, saat toko sedang sepi pengunjung, sebaiknya gunakan strategi pemasaran online, untuk tetap mendapatkan pelanggan. Saat ini, ada banyak tools khusus yang digunakan untuk menjaring pelanggan yang memang pasti menyukai produk Anda. Jika perlu, buatlah akun sosial media dari usaha yang dijalankan ini._

Pemasaran Yang Intensif

Tanpa adanya pemasaran yang konsisten dan intensif, produk yang bagus dan berkualitas tidak akan mampu diketahui oleh banyak pelanggan kalian. Pemasaran memiliki fungsi yang vital dalam berlangsungnya sebuah usaha yang dijalankan. Hal inilah yang menyebabkan fungsi pemasaran diibaratkan sebagai nyawa perusahaan. Metode pemasaran yang bisa kalian lakukan sangat beragam dan tergantung dari kreatifitas kalian masing-masing. Pemasaran bisa dilakukan secara offline dengan memanfaatkan media seperti brosur, banner, ikut pameran dan yang lainnya.

Pertimbangkanlah untuk menggunakan pemasaran offline yang dirasakan paling menguntungkan kalian dengan mempertimbangkan biaya yang perlu dikeluarkan. Coba Berikan Sesuatu Kepada Pelanggan. Salah satu cara yang dinilai efektif untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan adalah dengan melakukan give away atau pemberian hadiah kepada mereka. Memberikan hadiah merupakan cara pemasaran yang lebih efektif dibandingkan pemberian diskon. Hal ini dikarenakan pelanggan sangat menyukai jika mereka menerima suatu hadiah.

Give away yang bisa anda lakukan bisa dengan pemberian Voucher Belanja, produk-produk merchandise, dan yang lainnya. Jangan pelit melakukan hal ini, meskipun konsekuensinya kalian harus menerima keuntungan yang lebih sedikit. Jika ini dilakukan akan ada banyak sekali pelanggan yang loyal dan menggunakan produk yang kalian tawarkan.

Tambahkan Dengan Pemasaran Online. Promosi dan pemasaran yang efektif harus dilakukan dengan mengkombinasikan 2 kekuatan offline dan online. Pemasaran via online perlu kalian lakukan, dikarenakan saat ini pengguna internet terus meningkat dari tahun ke tahun dan hal ini sangat sayang sekali jika kalian sia-siakan.

Cara melakukan pemasaran via online bisa dilakukan dengan mengiklankan produk atau jasa yang ditawarkan via Google Adwords dan Facebook Ads. Kedua cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mengenalkan produk kepada para pengguna internet. Kedua jenis iklan tersebut sangat potensial menyasar target dengan tepat ke pasar yang anda bidik. Meskipun harga iklan yang ditawarkan relatif mahal. Mengingat dampak yang sangat baik untuk keberlangsungan usaha maka hal ini perlu kalian pertimbangkan.

Cara selanjutnya anda bisa membuat website resmi tentang produk atau jasa yang kalian tawarkan kepada para pengguna internet. Bangunlah website tersebut agar menarik banyak pengunjung melihat produk dan jasa kalian. Manfaatkan metode SEO untuk mengoptimalkan website agar lebih mudah ditemukan para pengguna internet.

Review Pelanggan Lewat Google Review. Google review merupakan salah satu tempat banyak orang untuk melihat rekomendasi yang telah diberikan orang lain. Biasanya sebelum menggunakan suatu produk atau jasa, banyak masyarakat yang melakukan pencarian tentang keunggulan yang akan mereka dapatkan. Jika perusahaan kalian memiliki review yang baik dan positif, hal ini akan memiliki nilai tambah dimata masyarakat dan berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan di masa depan.

Lakukan Inovasi

Inovasi bisa saja terkait dengan desain toko atau penempatan produk yang anda jual. Toko yang terkesan sempit dan sumpek tentu mengurangi kenyamanan pelanggan. Selain itu, inovasi juga dapat berkaitan dengan produk. Artinya anda bisa saja memodifikasi suatu produk menjadi produk baru yang memiliki manfaat yang lebih besar.

Perhatikan Harga dan Kualitas

Ketika anda berbisnis suatu produk, yang perlu anda sadari adalah bahwa anda bukanlah satu-satunya penjual. Ada banyak penjual barang yang sama dengan anda. Untuk itu, lakukan survey kepada toko saingan anda dan bandingkan harga yang anda jual dengan yang mereka jual. Kemudian turunkan harga di toko anda agar pembeli lebih melirik toko anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan desain pada toko anda agar lebih menarik dan pembeli mau berlama-lama berkunjung dan membeli produk yang anda jual.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.