Home / Blog / 4 Tips Pintar Memilih Mitra Bisnis yang Tepat Bagi Pemula

4 Tips Pintar Memilih Mitra Bisnis yang Tepat Bagi Pemula

Jika Anda baru dalam tahap merintis usaha, mencari mitra bisnis menjadi salah satu kunci peng bagi masa depan bisnis Anda. Mitra bisnis pilihan Anda dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda, dan oleh karena itu penting untuk memilih pasangan Anda dengan bijak. Sama seperti pernikahan yang dimulai dengan kecocokan hati, kemitraan bisnis juga dapat dimulai dengan kesepahaman dalam memandang visi kedepan demi kelangsungan bisnis Anda.

“Menemukan mitra bisnis yang baik sangat penting untuk kesuksesan,” kata Sherry Fox, salah satu pendiri dan ketua LumiWave, sebuah konsultasn bisnis terkemuka di USA. “Ada berbagai jenis mitra, dari seseorang yang bekerja bersama Anda untuk membangun bisnis Anda, hingga individu atau perusahaan yang berkontribusi dalam bidang tertentu, seperti pemasaran, teknik, dll. Setiap orang atau entitas yang berinteraksi dengan bisnis Anda adalah mitra dalam beberapa cara dan mempengaruhi kemampuan Anda untuk berhasil. “

Dilansir dari businessnewsdaily.com, berikut ini empat poin untuk membantu Anda memilih mitra bisnis yang sempurna.

  1. Temukan seseorang yang visi dan nilainya cocok dengan Anda

Mitra yang sukses umumnya sepakat tentang etika bisnis, dan bahkan jika mereka tidak bisa selalu bertatap muka dari waktu ke waktu, mereka menemukan jalan tengah yang cocok untuk menjalankan usaha bersama. Nilai-nilai dan standar umum yang biasa dijadikan kesepakatan meliputi penilaian produk, teknis ambil keputusan, dan tindakan dalam menghadapi masalah. Ketika dua pasangan memiliki dasar moral yang sama dengan yang mereka rujuk, mereka lebih cenderung untuk membuat keputusan yang kongruen dan tetap bersatu dalam menjalankan bisnis bagaimanapun kondisinya.

  1. Temukan seseorang yang keahliannya melengkapi Anda

Mitra yang sukses harus memiliki keahlian yang berbeda dan saling melengkapi untuk membuat bisnis Anda sukses. Semakin beragam keahlian masing-masing pasangan, semakin jelas pembagian kerja dan kekuatan Anda. Misalnya, jika satu mitra adalah visioner kreatif, mitra lainnya dapat menjadi administrator yang membawa perencanaan dan ketertiban bisnis Anda menjadi lebih baik lagi. Kemitraan memiliki keuntungan yang maksimal ketika kedua orang yang bersinergi mampu melakukan fungsi yang berbeda.

  1. Carilah mitra bisnis melalui referensi di jaringan bisnis Anda terlebih dahulu

Banyak ahli dan konsultan bisnis sepakat bahwa koneksi wirausaha adalah kandidat terbaik untuk mendapatkan mitra bisnis potensial. Menjangkau jaringan profesional Anda dapat memberikan daftar alternatif pilihan mitra bisnis yang makin banyak, seperti dungkap oleh Jon Weston, CEO LumiWave dan mitra bisnis Fox.

  1. Lakukan evaluasi mitra bisnis di periode awal usaha bersama dijalankan

Setelah Anda menemukan seseorang yang bisa menjadi mitra bisnis potensial yang hebat, bagaimana Anda mengevaluasi apakah orang itu benar-benar cocok dengan Anda? Salah satu pertimbangan pertama Anda adalah bagaimana kepribadian, latar belakang, nilai, dan pengalaman Anda dan mitra bisnis bisa saling melengkapi.

Tidak peduli seberapa baik Anda mengenal calon mitra Anda, dalam menjalankan bisnis bersama, belum tentu bisa cocok. Sebuah riset bisnis mencatat bahwa meneliti pasangan Anda secara menyeluruh adalah bagian penting dari proses ini. Jika tak cocok, jangan paksakan dan carilah mitra bisnis baru yang cocok sedari awal ketidakcocokan dengan partner yang sekarang muncul.

Memilih mitra bisnis yang tepat memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan dan memenuhi impian Anda, bahkan sebelum Anda menyadari pentingnya hal ini. Gunakan taktik yang disebutkan di atas untuk memilih mitra yang cocok dengan Anda sehingga bisnis Anda akan memiliki sinergi sejati dan kolaborasi yang berhasil.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.