Home / Blog / 4 Tips Jitu Memulai Usaha Peternakan

4 Tips Jitu Memulai Usaha Peternakan

Memulai usaha membutuhkan pengetahuan lebih tentang seluk beluk komoditas yang nantinya akan digeluti. Atas alasan ini pula, maka setiap orang yang akan bergerak dalam dunia bisnis peternakan sedikit banyak mulai mengenali hal-hal yang terkait di dalamnya.

Pasalnya meski tampaknya terbilang sepele, bisnis peternakan bukanlah sebuah bisnis main-main. Ada banyak faktor penentu keberhasilan yang bisa dibilang cukup “njelimet”, dan hal yang demikian perlu diurai oleh seseorang yang hendak bergelut dengan bidang ini bila hendak menemukan benang merah menuju kesuksesan. Mengapa demikian?

Pasalnya, komoditas bidang peternakan adalah, benda hidup. Salah sedikit saja dalam penangan seluruh faktor produksi, modal, sumber daya, waktu dan tenaga bisa terbuang sia-sia. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang hendak memulai terjun dalam dunia bisnis peternakan sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini;

  • Kenali Komoditas Apa Yang Ingin Dikembangkan

Seorang peternak sukses umumnya membidik satu komoditas bisnis untuk digeluti dan ditekuni dalam keseharian. Sebagai contoh, mendiang Bob Sadino, nama besar dibalik berdirinya Kem-Chicks sebuah perusahaan raksasa berbasis Agrobisnis dan Agroindustri, memulai dengan membidik komoditas ayam potong beserta sub produknya.

Belajar dari mendiang milyader eksentrik ini. Para pemula bisa memeik pelajaran, bahwa sebelum menuju pada kesuksesan sebagai peternak sekaligus pebisnis peternakan harus paham betul komoditas peternakannya. Kalau perlu mesti turun langsung ke kandang, yang notabene tak semua orang mampu. Karena harus berinteraksi dengan hal-hal normal di dunia peternakan seperti kotoran hewan, periaku hewan, penyakit yang mungkin menyerang hewan dan sejenisnya.

  • Kenali Kebutuhan Pasar Lokal

Produk yang dihasilkan bisnis peternakan adalah barang mentah. Setiap bisnis yang membidik barang mentah berhadapan dengan resiko kerugian akibat jangka waktu masa pakai sebuah produk sebelum sampai ke tangan konsumen.

Konsumen produk peternakan juga kebanyakan adalah pasar lokal yang memang ada diseputaran lokasi berdirinya peternakan tersebut. Untuk itu, kemampuan membaca kebutuhan pasar lokal perlu dipunyai oleh seorang peternak pemula. Ini akan berkaitan dengan kesuksesan nantinya.

  • Siapkan Sumber Daya

Terdapat beberapa elemen vital sebagai sumber daya utama untuk memulai bisnis peternakan. Antara lain, permodalan dalam bentuk uang, lokasi, dan tenaga kerja. Ketiga elemen ini harus dipersiapkan secara matang dan mendalam.

Karena itu sangat wajar ketika sebuah bisnis peternakan memulai usaha dengan skala kecil terlebih dahulu. Pengembangan usaha dilakukan sejalan dengan kebutuhan pasar, cash flow yang mulai meningkat, serta faktor keuntungan lainnya.

  • Pahami Tata Laksana Peternakan Untuk Komoditas Yang Hendak Digarap

Setiap peternak besar tahu, bahwa bisnis peternakan tak sekedar berkutat pada urusan membangun kandang serta memberi makan hewan dalam satu peternakan tersebut. Ada variabel-variabel mendasar yang harus sangat-sangat diperhatikan. Variabel ini termasuk dalam tatalaksana peternakan bagi setiap hewan ternak.

Masing-masing hewan ternak punya karakternya sendiri-sendiri. Beberapa memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi dibandingkan lainnya. Sehingga sebagai peternak harus tahu bagaimana tatalaksana dan tatakelolanya.

Setiap peternak sukses punya fokus masing-masing. Karena itu, sebagai peternak pemula hal pertama yang harus dicanangkan adalah prinsip serupa. Bisnis peternakan punya resiko karena tipe bisnis ini bukan bisnis yang mudah untuk melakukan manuver di sisi penggantian komoditas.

Evolusi bisnis peternakan mungkin saja untuk dilakukan. Tetapi mengganti tipe komoditas ditengah jalan semasa usaha sedang berjalan sama saja dengan membentuk kegagalan ditengah proses. Oleh karena itu, kata fokus merupakan hal utama yang mesti dipegang oleh seorang peternak pemula.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.