Home / Blog / 4 Pantangan yang Tidak Boleh Dilakukan Pebisnis Kafe dan Restoran
4 pantangan yang tidak boleh dilakukan pebisnis restoran dan kafe

4 Pantangan yang Tidak Boleh Dilakukan Pebisnis Kafe dan Restoran

Salah satu kebutuhan manusia untuk hidup adalah makanan, ini yang membuat usaha kuliner menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan bagi para pebisnis. Nah belakangan ini yang terjun dibisnis restoran maupun kafe bukanlah bapak-bapak namun justru banyak di gandrungi oleh anak muda.

Buktinya bisa kita lihat banyak sekali kafe-kafe maupun restoran yang bermunculan dengan menawarakan beberapa keunggulan seperti live musik, menu-menu yang unik dan tempat yang enak untuk nongkrong tentunya.

Nah, apakah Anda tergiur juga untuk bisnis kafe? Atau mungkin justru Anda sekarang baru memulainya? Kalau begitu Anda tidak boleh melewatkan artikel ini.

Lalu, apa saja 4 pantangan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini;

1. Tidak Melakukan Survey Bahan Baku

Melakukan survey bahan baku adalah hal yang mutlak harus Anda lakukan. Ini semua untuk menjamin kualitas makanan dan minuman yang akan Anda jual. Selain itu juga untuk memastikan apakah bahan yang Anda gunakan tidak mengandung zat kimia berbahaya dan aman dikosumsi.

Masalah keamanan ini menjadi hal krusial yang harus Anda perhatikan jika tidak kafe/ restoran Anda bisa ditutup oleh pihak berwenang.

2. Tidak Memanfaatkan Teknologi untuk Media Promosi

Perkembangan teknologi saat ini berkembang tak terkendali. Jika Anda tidak pandai dan malas menggunakan teknologi sebagai media bisnis kafe/ restoran Anda, maka saya pastikan bisnis Anda akan tergilas oleh kompetitor.

Saya berikan contoh saat ini ketika Anda atau saya mau makan malam atau makan siang di luar pasti mencari referensi dari sosial media. Jadi manfaatkan sosial media Anda sebagai media promosi seperti Instagram, Facebook, Path dll. Jangan malas ya hehe.

3. Melupakan Presentasi Makanan dan Minuman

Banyak pengusaha kafe dan restoran berpikir jika kunci suksesnya hanya pada rasa makanan saja. Memang tidak salah, namun hanya mengandalkan rasa saja tidak cukup untuk bertahan di kerasanya persaingan bisnis kuliner saat ini. 

Hidangkan lah makanan dan minuman dengan bentuk/presentasi yang menarik dan juga unik. Ini juga akan menarik para customer memfoto sebelum dimakan dan diminum yang tentunya akan menjadi media promosi gratis.

Tidak sedikit pula lho restoran maupun kafe yang ramai dikunjungi gara-gara banyak orang yang upload di sosial media.

4. Meninggalkan Ciri Khas Masakan

Untuk bisa mengikuti selera pasar, Anda memang diwajibkan selalu berinovasi. Boleh saja menyesuaikan menu dengan makanan yang sedang hits di kalangan anak muda. Namun, jangan karena keasyikan berinovasi Anda jadi meninggalkan ciri khas racikan makanan Anda sendiri. Justru kesalahan inilah yang sering terjadi pada pengusaha kuliner yang gagal.

5. Melupakan Pembukuan

Banyak pebisnis atau mungkin juga Anda memiliki anggapan yang sama jika saat ini belum membutuhkan pencatatan secara detail karena bisnisnya baru mulai. Ini salah besar! jika Anda tidak melakukan pencatatan transaksi mulai sekarang lantas kapan? pencatatan ini justru yang akan membantu Anda dalam menggapai target. 

Dengan pencatatan yang jelas juga akan membantu mengurangi kecurangan-kecurangan. Selain itu juga sebagai tolak ukur berhasil atau tidaknya usaha Anda.

Bagaimana? Anda sudah siap menjadi pebisnis kuliner yang sukses? 

Sekian artikel dari saya. Share ya jika bermanfaat.Terimakasih. Salam Let’s #beefree

 

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda