Home / Blog / 4 Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan Akhir Tahun, Cepat dan Akurat
4-cara-mudah-menyusun-laporan-keuangan-akhir-tahun-cepat-dan-mudah-photo

4 Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan Akhir Tahun, Cepat dan Akurat

Menyusun laporan keuangan akhir tahun, seringkali menjadi moment yang menakutkan. Proses ini menjadi bagian tersibuk dalam setiap tahun fiskal. Banyak hal yang harus di persiapkan agar dapat melewatinya dengan baik.

Berikut adalah 4 tips mudah menyusun laporan keuangan akhir tahun, cepat dan akurat!

1. Jangan Buang Waktu.

Siapkan semuanya lebih awal dan jangan ditunda-tunda. Buat ceklist persiapan seperti: general ledger (buku besar) yang mencakup keseluruhan tahun anggaran, dan juga informasi soal asset, liabilitas dan ekuitas. Lengkapi semua faktur, tindak lanjuti pembayaran terhutang, dan catat faktur yang sudah jatuh tempo.

Rekap semua dengan mutasi rekening bank, untuk memastikan pembayaran dan penerimaan sesuai agar datanya valid. Semua data yang di kumpulkan di uraikan secara sederhana, sehigga memudahkan Anda menganalisa dan memutuskan langkah selanjutnya untuk mengembangkan usaha Anda.

Ingat, sangat penting untuk disiplin dalam menyusun laporan keuangan akhir tahun sehingga dapat selesai sesuai jadwal.

2. Kumpulkan Semua Laporan dan Catatan Keuangan Anda.

Kumpulkan semua laporan dan catatan keuangan sejak awal tahun. Hubungi bank Anda untuk mendapatkan semua yang dibutuhkan. Jangan lupa buat laporan laba rugi dan laporan arus kas yang melaporkan perubahan kas Anda karena biaya operasional dan investasi.

Laporan laba rugi menunjukan jenis pendapatan yang diperoleh dalam satu periode, jumlah dari tiap jenis pendapatan, jumlah total dari keseluruhan pendapatan, jenis-jenis biaya atau beban dalam suatu periode, jumlah dari tiap jenis beban dan jumlah total dari keseluruhan beban atau biaya.

Neraca juga harus balance, jangan lupa rumus nya aktiva=liabilitas+ekuitas. Neraca menunjukan aktiva (aset), liabilitas dan ekuitas milik perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Laporan perubahan modal juga di perlukan karena laporan perubahan modal mencakup informasi seputar jenis dan jumlah modal yang ada saat ini, jumlah tiap jenis modal, jumlah modal yang berubah, sebab perubahan modal, jumlah modal setelah perubahan.

Jangan lupa dengan laporan catatan atas laporan keuangan. Laporan ini menyajikan informasi penjelasan atas laporan keuangan yang disajikan untuk memperjelas laporan keuangan.

3. Merinci Pengurangan.

Seiring dengan Anda mempersiapkan penutupan keuangan akhir tahun, jangan lupa menghitung biaya operasional pribadi bila kita menggunakan kendaraan pribadi untuk usaha. Juga apabila kita menggunakan rumah sebagai kantor. Deduksi bisa dihitung dari biaya bahan bakar, sewa, perawatan dan sejenisnya.

4. Gunakan Software Akuntansi

Software atau perangkat lunak untuk akuntansi mempermudah aktivitas dan pencatatan akuntansi, sehingga prosesnya mejadi lebih singkat, mudah dan effisien. Tiap software akuntansi memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan pencacatan akuntansi.

Pencatatan akuntansi manual ataupun menggunakan aplikasi spreadsheet sederhaana seperti excel , membuat Anda harus merekap ulang atau duplikasi di beberapa buku tersendiri untuk stok, kas dan piutang. Hal tersebut membuat pencatatan transaksi sering salah, tidak sinkron antar buku dan juga melelahkan.

Pengunaan software akuntansi yang baik sangat berpengaruh dalam waktu untuk menerbitkan laporan keuangan yang akurat. Dengan menggunakan software, penerbitan laporan keuangan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan proses manual.

Dengan terus berkembangnya teknologi dalam bidang akuntansi, pencatatan dan pembukuan dapat dilakukan secara realtime dan otomatis sehingga tidak perlu lagi melakukan duplikasi pencatatan di buku tersediri seperti dalam pencatatan manual.Informasi pendukung manajemen bisnis seperti stok, hutang, piutang, kas dan laporan keuangan juga dapat disajikan dengan cepat dan tepat.

Salah satu software accounting terbaik saat ini adalah Beeaccounting. Bee memiliki 2 series software akuntansi, yaitu seri ukm yang dapat di download gratis dan seri premium yang lebih fleksible dengan kebutuhan Anda. Untuk software akuntansi freenya Anda bisa download dengan klik Download sekarang dibawah ini.

Download Gratis Sekarang

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share di akun sosial media Anda ya. Agar teman-teman Anda juga dapat mendapatkan manfaatnya. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.