Home / Blog / 4 Cara Mudah Membangun Brand agar Dikenal Publik

4 Cara Mudah Membangun Brand agar Dikenal Publik

Membangun sebuah brand sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda. Brand yang baik akan mudah diingat pembeli dan akan terus diingat selamanya. Ambil contoh saja layaknya sebuah menu makanan favorit. Apakah Anda punya tempat makan siang favorit? Mungkin sebuah kafe yang pernah membuat kesan luar biasa pada Anda? Jika Anda punya tempat makan favorit, itulah kekuatan branding yang akan membuat Anda untuk terus tergoda untuk membeli produk itu seterusnya.

Namun, membangun merek yang luar biasa tidak terjadi dalam semalam. Butuh waktu untuk mencari tahu bagaimana menjangkau audiens Anda dengan cara yang seefektif mungkin. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini (tetapi sering diabaikan), Anda akan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diinginkan pelanggan Anda dan bagaimana cara melampaui harapan mereka.

  1. Fokus pada cerita merk yang bagus, bukan fitur produk

Tanpa cerita merek yang bagus, produk Anda tidak memiliki nilai yang melekat atau secara emosional mengikat pelanggan Anda. Seperti yang dikatakan penulis dan pelatih cerita Lisa Cron dalam jurnal Psychology Today 2013 manusia dipersiapkan untuk merespons cerita. Ketika sebuah merek membuat kesan mendalam pada pelanggan, hal itu dapat berdampak pada perilaku pembelian mereka. Ketika mengevaluasi beberapa merek, “Konsumen lebih banyak menggunakan emosi (perasaan dan pengalaman pribadi) daripada informasi (atribut merek, fitur, dan fakta).”

Hal ini terkait tentang membangun hubungan manusia dengan pelanggan Anda, bukan menggembar-gemborkan fitur produk Anda. Ingatlah bahwa cerita yang bagus perlu didukung oleh produk yang luar biasa. Bahkan materi iklan paling hebat sekalipun tidak dapat mengubah persepsi tentang produk yang buruk.

  1. Fokuslah pada bagaimana Anda memecahkan masalah nyata bagi kebutuhan pelanggan Anda

Untuk bertahan dalam ujian waktu agar produk Anda tetap digunakan pelanggan dalam jangka panjang, pesan merek Anda harus jujur tentang siapa Anda dan apa produk yang Anda pasarkan. Jangan terpaku pada apa yang keren atau tren sekarang. Sebagai gantinya, fokuslah pada bagaimana Anda memecahkan masalah nyata bagi kebutuhan pelanggan Anda. Tak jarang, beberapa produk yang paling ‘tidak keren’ justru memiliki merek terkuat. Pikirkan tentang software akuntansi online untuk membantu mengelola data based pelanggan tersebut sehingga Anda tahu pelanggan siapa pelanggan Anda dan bagaimana cara menjual kepada mereka. Anda bisa fokus pada apa yang Anda lakukan terbaik dan menawarkan pengalaman otentik untuk pelanggan Anda

       3. Berikan nilai yang berkesan bagi pelanggan agar pelanggan tetap ingat produk Anda

Pemasaran produk dan merk Anda harus fokus pada membangun hubungan dan membantu pelanggan Anda membuat keputusan yang terinformasi dan dipikirkan dengan matang. Dengan begitu, ketika mereka memilih produk atau layanan Anda, hal itu terjadi karena produk Anda sebenarnya yang paling cocok, yang akan mengarah pada hubungan yang lebih kuat dan lebih tahan lama.

Tidak semua pemasaran yang Anda lakukan harus tentang produk Anda atau mengarah pada penjualan langsung. Anda perlu memahami perjalanan pelanggan Anda dan di mana produk Anda cocok bagi mereka (itulah sebabnya Anda harus memiliki strategi yang terdokumentasi). Dengan strategi tersebut, Anda dapat mengembangkan pengalaman merek yang konsisten di semua saluran pemasaran Anda, yang sangat penting untuk penguatan merk dalam jangka panjang.

Jika Anda dapat menemukan strategi pemasaran merk yang tepat untuk bisnis Anda, maka Anda telah menemukan cara yang hemat biaya untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan pelanggan dengan merek Anda

      4. Jadilah customer-centric di bidang layanan media sosial

Anda harus mulai fokus pada jaringan yang relevan dengan audiens target Anda dan mulailah bersosialisasi. Tidak peduli seberapa besar atau kecil perusahaan Anda, sekitar 67 persen konsumen di AS menurut survey, berharap untuk menghubungi merek Anda di media sosial. Layanan pelanggan yang baik di bidang sosial terkait langsung dengan pertumbuhan bisnis Anda.

Bahkan sebuah laporan oleh Aberdeen Group menemukan bahwa bisnis dengan pengalaman layanan pelanggan sosial yang baik akan tumbuh sekitar 7,5 persen dari tahun ke tahun (dibandingkan dengan 2,9 persen tanpa layanan pelanggan sosial), jadi jangan meremehkan kekuatan layanan media social ini.

Merek seperti Zappos telah membangun seluruh citra merek dan reputasi mereka di sekitar layanan pelanggan yang luar biasa. Mereka memahami bahwa memiliki pelanggan yang loyal 10 kali lebih berharga daripada pembelian pertama pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Membangun merk yang kuat tidak bisa selesai satu hari, jika tidak mulai hari ini, kapan lagi?

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.