Home / Blog / 4 Cara Agar Bisnis Anda Terhindar Dari Kerugian
4 Cara Mencegah Bisnis Anda Merugi

4 Cara Agar Bisnis Anda Terhindar Dari Kerugian

Tidak selamanya bisnis yang Anda jalankan akan menguntungkan. Kerugian yang Anda alami dalam berbisnis juga akan ikut mewarnai perjalanan bisnis Anda lho.

Terlepas dari besar atau kecilnya kerugian yang Anda alami. Semuanya pasti akan berdampak pada mekanisme keuangan perusahaan Anda. Hal tersebut tentu saja menimbulkan rasa ketidaknyamanan dalam diri Anda dan khawatir jika bisnis Anda akan bangkrut.

Pada saat Anda mengalami kerugian ambilllah sebagai sarana memperkaya pengalaman Anda dalam berbisnis, Jadikan sebagai pembelajaran di masa mendatang. Agar Anda dapat meminimalisir kerugian.

Berikut saya berikan beberapa tips, supaya Anda dapat mencegah dan menghindari kerugian dalam usaha;

1. Manajemen Keuangan Yang Benar

Pembukuan keuangan harus jelas antara modal, operasional, keuntungan dan lain sebaginya. Agar Anda dapat mendeteksi sedini mungkin jika mengalami kerugian, sehingga Anda dapat membuat strategi untuk keluar dari lubang kerugian tersebut.

Dan yang paling penting dengan adanya manajemen keuangan ini, Anda dapat memisahkan antara uang perusahaan dan juga uang pribadi. Karena jika sampai tercampur ini sangat berbahaya, bisa-bisa uang perusahaan habis hanya karena untuk keperluan pribadi. Seperti yang sedang hot dalam berita saat ini tentang usaha travel yang satu itu hehehe.

2. Siapkan Anggaran Tidak Terduga

Nah ini yang sering terlupakan oleh pengusaha. Disaat bisnis Anda menghasilkan keuntungan yang terus-menerus. Jangan terus semua profitnya Anda belanjakan atau habiskan untuk keperluan yang kurang penting. Menambah kuota pembelian memang diperlukan untuk menambah nilai investasi Anda.

Tetapi Anda juga harus menyiapakan untuk untuk biaya tak terduga. Karena seperti yang saya bilang diatas tadi. Jika tidak ada bisnis yang tidak pernah mengalami kerugian, jadi ketika Anda berada dibawah Anda masih memiliki cukup dana untuk membangkitkanya kembali.

3. Tentukan HPP dengan benar

Tentukan harga pokok sebaik mungkin, kalkukasikan semuanya dengan benar dan pastikan semua biaya yang dikeluarkan untuk suatu produk tersebut dimasukkan ke komponen harga pokok.

Seringkali Anda menganggap biaya kecil tidak terlalu berpengaruh terhadap keuangan usaha, misalnya biaya kecil seperti listrik, bahan bakar kendaraan, biaya operasional parkir dan lain sebagainya.

Sehingga Anda menjual suatu produk dengan harga yang terlalu murah. Memang tidak salah sich, namun untuk menjaga kestabilan keuangan usaha, Anda harus pintar-pintar mengkalkulasikan berapa harga produk yang pantas, dan masih bisa diterima di pasar.

4. Evaluasi

Saat bisnis mengalami kerugian, apa yang akan Anda lakukan? Evaluasi yang pasti.

Yes, evaluasi adalah hal yang terbaik. Evaluasi sebagai bentuk perenungan mencari hal-hal yang membuat bisnis Anda merugi.

Anda perlu mengevaluasi kinerja bisnis Anda, baik dari hal terkecil hingga terbesar. Kadang, kesalahan kecil saja akan berdampak besar. Ibarat kapal kalau ada bocor sedikit saja akan tenggelam di tengah lautan lepas. Jadi Anda jangan meremehkan hal-hal terkecil. Cari hal terkecil yang membuat bisnis Anda  merugi.

Sebenarnya yang terbaik adalah Anda harus melakukan evaluasi pada saat bisnis Anda mengalami kenaikan maupun penurunan. Jadi Anda tahu betul mengapa bisnis Anda bisa naik dan kenapa bisnis Anda turun. Jadi dengan hal tersebut Anda dapat membuat ramuan khusus supaya usaha Anda tetap diatas atau paling tidak stabil.

Sekian artikel dari saya. Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda