Home / Blog / 4 Cara Memanfaatkan Modal Usaha Dengan Baik dan Bijaksana

4 Cara Memanfaatkan Modal Usaha Dengan Baik dan Bijaksana

Baik Anda baru memulai usaha ataukah sudah punya usaha, Anda tetap membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis Anda agar lebihbesar lagi. Ada banyak cara untuk mendapatkan modal usaha, salah satunya melalui kredit perbankan. Hal yang lebih penting setelah mendapatkan modal usaha adalah bagaimana cara memanfaatkannya agar modal usaha tersebut bisa memberi manfaat bagi kemjuan bisnis Anda. Ulasan berikut ini bisa membuka wawasan Anda agar bijak dalam mengelola modal usaha tersebut.

Cara Memanfaatkan Modal Usaha Dengan Baik dan Bijaksana

Modal usaha punya peran penting dalam bisnis, oleh karena itu perlu kepiawaian dalam mengelolanya, seperti ulasan berikut ini:

  1. Memahami rasio modal kerja saat ini

Rasio modal perlu dipahami pemilik bisnis agar Anda bisa mengelola usaha dengan lancar khususnya untuk membayar kewajiban jangka pendek, salah satunya hutang. Rumus rasio modal adalah: “Aset lancar/kewajiban lancar”.

Aset lancar termasuk didalamnya uang tunai, persediaan dan piutang, sedangkan kewajiban lancar meliputi hutang jangka pendek (kurang dari 1 tahun) seperti misalnya pembayaran pemasok, pajak, dan pembayaran untuk pembiayaan bisnis jangka panjang. Kuncinya adalah standar di angka 1, artinya jika rasio ini ternyata kurang dari satu, berarti bisnis tidak memiliki cukup modal kerja untuk bisa membayar kewajiban jangka pendek.

  1. Fokus pada Pengelolaan Barang Persediaan

Stok barang persediaan harus terkontrol agar lancar dalam distribusi dan cukup (tanpa berlebih) dalam gudang penyimpanan. Salah satu fungsi modal usaha adalah menjadi kondisi ini agar berjalan dengan baik mengingat terlalu banyak persediaan bisa menguras modal usaha yang tidak produktif, sedangan terlalu sedikit beresiko hilangnya potensi penjualan. Analisa bisnis dan pengalaman harus terus diasah agar Anda piawai dalam hal ini.

  1. Fokus pada Pengelolaan Faktur untuk monitoring arus kas

Tagihan dan faktur merupakan komponen penting dalam mengelola arus kas. Setiap proses pembelian (PO/purchase order) selesai, maka segera lanjutkan dengan pengiriman barang dan tagihan faktur. Makin cepat tempo yang diberikan makin bagus dalam mengelola arus kas perusahaan sehingga modal kerja Anda juga akan terjaga pada posisi aman. Agar pelanggan mau membayar dengan tempo lebih cepat, berikan berbagai kemudahan termasuk salah satunya diskon harga.

  1. Agar tak mengalami “total lost”, pikirkan juga rencana darurat

Jika kondisi bisnis terjadi diluar prediksi, barangkali Anda sudah pertimbangkan dalam manajemen resiko. Namun satu hal yang tak kalah pentingnya adalah resiko akibat kondisi darurat, seperti kebakaran, penipuan, gagal bayar akibat konsumen mengalami musibah dan sebagainya. Hal ini jelas akan berpengaruh pada arus kas dan bisa menguras modal kerja Anda. Lakukan beberapa proteksi baik dalam bentuk biaya pencadangan atas resiko maupun ikut program proteksi asuransi.

Kemana modal kerja sebaiknya dibelanjakan?

Salah satu pertanyaan yang umum ditanyakan pemilik usaha adalah kemana modal kerja sebaiknya dibelanjakan? Idealnya modal kerja digunakan untuk kegiatan investasi. Anda mungkin menemukan bahwa bisnis Anda akan mendapatkan laba terbesar atas investasi Anda dengan membelanjakan modal kerja untuk hal-hal berikut ini:

  • Menggunakan software akuntansi Bee Accounting untuk mepermudah pengelolaan sistem keuangan, pencatatan transaksi dan sebagainya.
  • Membuat desain profesional, mulai dari kartu nama hingga tampilan situs web dan logo Anda
  • Layanan Teknologi Informasi yang canggih
  • Pemasaran dan pencitraan merek
  • Pendidikan dan Pelatihan
  • Peningkatan untuk meningkatkan layanan pelanggan

Tentu saja, jumlah yang Anda belanjakan untuk investasi tersebut harus didasarkan pada peringkat prioritas yang ditentukan oleh varian bisnis spesifik Anda, dan jumlah modal kerja yang tersedia. Dibalik peyusunan skala prioritas tersebut, pastikan bahwa menggunakan software bee acoounting mendapatkan urutan teratas mengingat berbagi manfaat dan kemudahan yang ditawarkannya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.