Home / Blog / 3 Manfaat Software Akuntansi Berbasis Cloud untuk Pemilik Usaha Kecil
3 Manfaat Software Akuntansi Berbasis Cloud untuk Pemilik Usaha Kecil

3 Manfaat Software Akuntansi Berbasis Cloud untuk Pemilik Usaha Kecil

Apa kesamaan yang dimiliki oleh seorang koki pastry, manajer proyek konstruksi dan direktur desain kreatif? Sebagai pemilik usaha kecil, masing-masing membuka toko untuk melayani pelanggan dan melakukan apa yang mereka sukai – tidak menghabiskan waktu berjam-jam untuk akuntansi atau pembukuan.

Untungnya, pemilik usaha kecil saat ini dapat mengambil keuntungan dari serangkaian alat bantu dan teknologi yang terus berkembang. Software alat bantu ini efektif untuk mengurangi kerumitan dalam mengelola faktur, tagihan, dan kwitansi sambil meningkatkan efisiensi waktu yang dihabiskan untuk mengejar peluang bisnis baru. Alat-alat bantu software ini semakin canggih dan tersedia dalam bentuk penawaran berbasis cloud. Perlu diingat, saat ini sebagian besar bisnis kecil harus mulai mempertimbangkan untuk memigrasi alur kerja akuntansi mereka saat ini ke cloud.

Apa sebenarnya sistem berbasis cloud tersebut?

Apa sebenarnya sistem cloud (awan) itu? Perangkat lunak berbasis cloud menawarkan pengguna akan sebuah akses ke teknologi secara berlangganan. Penyedia perangkat lunak secara aman meng-host semua database dan server yang diperlukan, dan pemilik usaha kecil mengakses data mereka kapan saja, di mana saja melalui koneksi internet.

Banyak pemilik usaha kecil mungkin bertanya-tanya apakah mereka dapat mengharapkan fungsionalitas yang sama dari program akuntansi berbasis cloud yang biasa mereka gunakan dengan versi desktop tradisional? Meskipun memang benar bahwa versi perangkat berbasis cloud seperti QuickBooks dapat memberikan fungsionalitas yang sedikit berbeda dibandingkan dengan versi desktop.

Manfaat Alat Bantu Software Berbasis Cloud

Penyedia perangkat lunak cenderung terus memberikan solusi pengganti alat bantu berbasis desktop dan membatasi atau menghentikan dukungan yang selama ini ada pada versi desktop. Hal ini berarti bahwa pelanggan yang memigrasi alur kerja akuntansi ke cloud saat ini tidak akan terjebak dengan produk yang tidak didukung di masa depan. Selain itu, usaha kecil yang meningkatkan alur kerja akuntansi ke cloud juga dapat menikmati sejumlah manfaat lain yang dimungkinkan oleh model cloud terkini seperti SaaS, misalnya. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Anggota tim dapat dengan cepat dan mudah menyelesaikan pekerjaan dimanapun berada

Karena informasi akuntansi yang disimpan di cloud dapat ditambahkan atau diakses di mana saja, anggota tim dapat dengan cepat dan mudah menyelesaikan pekerjaan mereka tidak tergantung pada lokasi fisik mereka. Apakah seorang tenaga penjualan perlu menambahkan tanda terima pengeluaran atau manajer proyek perlu memeriksa faktur untuk pemasok, memiliki alat bantu berbasis cloud membuat pengorganisasian sistem lebih mudah termasuk dalam hal mengakses informasi seperti mengambil gambar dokumen atau mencari vendor, baik urut jumlah atau tanggal.

2. Menjaga hubungan baik dengan vendor dan distributor

Hubungan dengan vendor dan distributor memainkan peran besar dalam keberhasilan banyak bisnis kecil. Ketika vendor atau distributor mempertanyakan mengapa tagihan belum dibayar, pemilik usaha kecil yang memanfaatkan alat berbasis cloud untuk dapat dengan cepat mencari faktur. Alat cloud ini relatif canggih dan memungkinkan anggota tim untuk mencari dengan kata apa saja untuk menemukan tagihan dan mengidentifikasi apakah tagihannya terlewat dan membayarnya dengan cepat untuk menjaga hubungan baik dengan vendor.

3. Bisa menggunakan rangkaian aplikasi aman dengan jangkauan yang lebih luas.

Aplikasi cloud seperti QuickBooks Online dan Neat tidak hanya menyediakan akses ke informasi dan dokumen dari perangkat apa pun, tetapi mereka juga berintegrasi dengan alat berbasis cloud lainnya. Segera setelah bisnis kecil mulai menggunakan satu teknologi akuntansi berbasis cloud, maka akan mudah untuk mengekstraksi dan memanfaatkan data di sejumlah platform berbeda dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk entri data manual.

Pemilik usaha kecil seharusnya fokus memulai bisnis inti dan tidak menghabiskan waktu untuk mengelola dokumen. Migrasi alur kerja akuntansi tradisional ke solusi berbasis cloud memungkinkan pemilik usaha kecil mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mengelola informasi dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Salah satu software akuntansi berbasis Cloud yang bisa Anda gunakan adalah Beecloud. Anda bisa mencobanya gratis 30 Hari 🙂

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.