Home / Blog / 3 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

3 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

Bagi sebagian besar orang, kesuksesan sebagai seorang pengusaha memang tampak sangat menggiurkan dan manis. Bergelimang dengan segala simbol kemapanan tentu menjadikan banyak orang sangat ingin meniti jalan yang sama sebagai seorang pengusaha sukses.

Tapi tahukah, bahwa jalan menuju kesuksesan bukanlah jalan yang mudah. Ibarat naik gunung, ini adalah jalan setapak yang penuh onak duri, kadang terjal berbatu-batu, ada kelokan tajam. Malah sering juga ada jurang menganga antara satu jalan dengan lainnya, hingga seolah tak mungkin untuk bisa sampai di seberang.

Karena itu, banyak pengusaha sukses berpesan. Bahwa menjadi pengusaha bukan sekedar modal impian. Tetapi perlu kegigihan, semangat dan ketangguhan yang harus diatas rata-rata. Untuk membuktikannya, setidaknya 3 kisah inspiratif pengusaha besar Indonesia ini bisa menjadi sarana untuk mendulang hikmah.

  1. Susi Pudjiastuti

Siapa tak kenal sosok wanita eksentrik satu ini. Ya, wanita kelahiran 1965 ini juga adalah sekaligus Menteri Kelautan dan Perikanan RI sampai hari ini. Terkenal sebagai wanita pejuang yang gigih meski hanya bermodalkan ijazah SMP, nama Susi Pudjiastuti juga adalah sebuah brand perusahan aviasi atau maskapai penerbangan, serta pengusaha ikan nan mentereng.

Siapa kira, membangun bisnis sebesar itu, Susi muda hanya bermodalkan uang 750 ribu rupiah saja. Uang sebesar itu didapat dari hasil menjual perhiasannya, yang lantas dipakai untuk modal jual beli ikan dari tempat pelelangan untuk dipasarkan pada sejumlah resto ternama.

Bisnis perikanan ini bukan tanpa halangan. Sempat tersendat namun Susi tidak menyerah, hingga mampu menguasai bursa pelelangan ikan Pangandaran, sampai menjadi eksportir ikan dan lobster besar. Bisnis aviasi yang diberi nama sesuai namanya, Susi Air juga adalah ekspansi usaha perikanannya. Bermula dari sebuah pesawat yang dibeli lewat pinjaman bank guna memudahkan transportasi hasil laut dai satu tempat ke tempat lain, Susi Air kini mengudara sebagai maskapai yang melayani rute pedalaman juga sewa pesawat untuk keperluan privat.

  1. Gibran Rakabuming Raka

Siapa tak kenal Gibran. Ia juga adalah anak dari presiden Indonesia saat ini Joko Widodo. Namanya, sebagai anak presiden memang sudah mentereng. Namun, diluar itu, Gibran juga dikenal sebagai pengusaha muda yang ulet dan gigih.

Membidik sektor kuliner dengan beberapa brand seperti Martabak Markobar, Pasta Buntel, serta katering yang diawali dengan menerima pesanan skala kecil Gibran membuktikan bahwa meski menjadi anak seorang petinggi negara, bukan berarti lantas kehilangan spirit berusaha untuk mewujudkan mimpi sebagai pengusaha sukses.

  1. Bob Sadino

Bercelana pendek, dengan rambut putih beruban menghiasi kepala, ditambah senyum ramah nan santai menjadi kenangan bagi banyak orang tentang Bob Sadino. Tak lengkap rasanya bila tak memasukkannya nama pemilik Kem-Chicks sebuah supermarket peternakan dan pertanian ternama di bilangan kemang ini dalam daftar pengusaha inspiratif Indonesia.

Terlahir 9 Maret 1939 silam mendiang Bob sebenarnya punya nama asli Bambang Mustari. Meniti karier sebagai pegawai kantoran selama 9 tahun tak berarti membuat Bob lantas kehilangan spirit entrepreneur. Ia memutuskan resign dan memilih membuka usaha carteran mobil dengan sebuah Mercedes Benz yang juga ia supiri sendiri ksenaala itu.

Namun, sebuah kecelakaan menghentikan langkah bisnis Bob. Ia harus berhenti dan lantas banting setir jadi seorang buruh bangunan dengan upah kerja harian. Inspirasi Kem-Chicks diperoleh bob saat menjadi kuli ini. Baginya, ada keuntungan yang manis bila ia mencoba peruntungan dengan menjual produk telur ayam negeri dan ternak ayam.

Bermodalkan pinjaman tetangga, Bob Sadino mewujudkan idenya itu. Membidik para ekspatriat yang kala itu banyak bermukim di sekitar wilayah tempat tinggalnya di Kemang, Jakarta Selatan, ternyata membuktikan kalau ide Bob berjualan produk ayam tidaklah salah.

Itulah tadi 3 kisah inspiratif pengusaha besar di Indonesia. Dari kisah-kisah tersebut, kita bisa belajar bahwa jalan kesuksesan bukanlah medan yang mudah bagi siapa saja yang merasa nyaman. Itu adalah jalan setapak penuh onak duri yang harus dijalani sepenuh hati dan kesabaran.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.