Home / Blog / 3 Keuntungan Menggunakan Perangkat Lunak Aplikasi Akuntansi Untuk Usaha Kecil Menengah
aplikasi akuntansi

3 Keuntungan Menggunakan Perangkat Lunak Aplikasi Akuntansi Untuk Usaha Kecil Menengah

Jika digunakan dengan tepat perangkat lunak aplikasi akuntansi seperti Beeaccounitng, dapat menjadi alat manajemen keuangan yang hebat. Aplikasi ini dapat melakukan pencatatan pembukuan sederhana secara lebih sistematis dan berbasis teknologi. Hampir semua pemilik usaha kecil yang saya temui saat ini berupaya dengan segala hal untuk bisa menghemat biaya dengan melakukan sesuatu dengan mandiri (sebisa mungkin). Menggunakan perangkat lunak aplikasi akuntansi untuk usaha kecil adalah salah satu cara Anda dapat menghemat biaya tersebut.

Dan kini, hampir semua vendor perangkat lunak aplikasi akuntansi telah memindahkan sistem mereka ke sistem berbasis “cloud” dan menawarkan layanan berbasis langganan online mulai dari yang dasar hingga yang canggih sesuai kebutuhan fitur Anda dan juga anggaran yang Anda miliki. Beberapa paket pemula dengan fitur sederhana yang cocok untuk usaha kecil dengan pemilik tunggal, bisa memiliki fitur sederhana termasuk fitur penagihan (invoice faktur), pelacakan pengeluaran, dan pelaporan sederhana.

Berikut adalah keuntungan utama jika Anda menggunakan perangkat lunak aplikasi akuntansi untuk usaha kecil Anda:

1. Aplikasi Akuntansi Bisa Mempercepat Proses Administrasi dan Monitoring

aplikasi akuntansi

Jika Anda menjalankan operasi bisnis ritel di mana setiap transaksi dimasukkan secara elektronik saat itu juga, maka menggunakan perangkat lunak aplikasi akuntansi akan membuat proses administrasi entri data Anda lebih mudah dan tetap mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Anda akan mendapatkan manfaat tambahan yang membuat Anda tetap bisa mengikuti perkembangan keuangan usaha kecil Anda. Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk melakukan kontrol arus kas termasuk tunggakan tagihan yang biasanya jarang terdeteksi jika menggunakan sistem manual. Ini tentu bagus untuk kesehatan keuangan usaha kecil Anda.

Sebenarnya ada banyak model dan jenis laporan tergantung Anda menyesuaikannya dengan kondisi usaha Anda. Namun jika Anda menggunakan aplikasi akuntansi online, sebagian besar dari jenis laporan ini adalah jenis yang dapat disesuaikan, dihasilkan, dan dipahami oleh pengusaha kecil mana pun. Laporan ini mampu memberi tahu Anda siapa yang berutang uang kepada Anda, produk dan jasa mana yang Anda jual dengan baik, apakah Anda menghasilkan pendapatan sesuai anggaran yang dibuat, biaya dan layanan mana yang belum ditagih, pelanggan mana yang paling banyak membeli, berapa banyak Anda berutang pajak penjualan , dan lain sebagainya.

2. Aplikasi Akuntansi Bisa Mendukung Mobilitas Usaha Anda

Perangkat lunak aplikasi akuntansi berbasis cloud bisa memberikan Anda keuntungan untuk dapat mengakses akun bisnis Anda dari mana saja. Selain mendukung sistem berbasis web yang paling umum digunakan, sebagian besar vendor perangkat lunak akuntansi online menyediakan aplikasi iPhone / iPad dan Android, yang memungkinkan Anda untuk (misalnya):

  • Kirim faktur langsung dari perangkat seluler Anda.
  • Lihat informasi klien, pengeluaran, atau faktur.
  • Catat pengeluaran segera dan lampirkan kwitansi. Misalnya, Anda dapat mengambil gambar makan malam dengan klien dan melampirkannya pada biaya secara langsung “on the spot”.
  • Lacak waktu penagihan dengan “timer” bawaan.
  • Impor klien baru secara langsung dari informasi kontak ponsel Anda.

Keuntungan lain dalam menghemat waktu dan uang dari perangkat lunak aplikasi akuntansi online adalah kemampuan aplikasi tersebut yang memungkinkan karyawan Anda di bagian pembukuan mengakses langsung ke dalam jurnal melalui aplikasi online, daripada harus secara manual mentransfer data atau file elektronik, bahkan bisa dilakukan kapan pun mereka membutuhkan akses ke akun Anda.

3. Aplikasi Akuntansi Mendukung Sentralisasi Sistem

Menggunakan perangkat lunak aplikasi akuntansi mampu memusatkan banyak aspek manajemen keuangan bisnis Anda karena Anda akan dapat menangani tugas-tugas seperti manajemen inventaris, penagihan, penggajian, dan bahkan beberapa aspek manajemen hubungan pelanggan dari dalam program perangkat lunak aplikasi akuntansi Anda. Sentralisasi sistem seperti ini mampu menghemat waktu dan uang Anda karena Anda tidak perlu membeli program perangkat lunak terpisah untuk melakukan hal-hal seperti itu.

Aplikasi akuntansi untuk usaha kecil yang baik dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait transaksi bisnis dan rencana usaha Anda, bahkan dalam hitungan detik, berdasarkan input yang Anda berikan. Setelah Anda mengisi aplikasi akuntansi tersebut dengan informasi tentang transaksi keuangan Anda, pelanggan dan vendor Anda, produk atau layanan yang Anda jual, dan sebagainya, maka Anda akan dapat menggunakan data itu untuk melakukan monitoring usaha kecil Anda secara lebih mudah.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.