Home / Blog / 3 Cara Mengelola Pendapatan Usaha Anda

3 Cara Mengelola Pendapatan Usaha Anda

Pernahkan terfikir di pikiran Anda, “Kenapa pendapatan usaha sedikit, sedangkan pengeluaran lebih banyak?”,

Sebagian pengusaha menyadari bahwa membangun usaha dari awal memang bukan suatu hal yang mudah. Apalagi ketika usaha tersebut sudah lama dibangun namun ditengah jalan mengalami masalah mengenai “Pendapatan“.

Sering dialami seorang pengusaha seperti Anda, merasa bahwa pendapatan yang didapat lebih kecil daripada pengeluaran. Tentunya akan merugikan usaha Anda.

Tidak hanya itu saja, ada juga yang merasa pendapatan yang didapat kurang dari perkiraan sehingga mengalami kerugian terutama kerugian pada perputaran uang usaha Anda.

Tentu, hal ini tidak ingin dialami oleh siapapun terutama Anda yang ingin memiliki usaha yang berjalan dengan semestinya dan tentunya sangat menguntungkan bagi Anda.

============

Daftar Isi Artikel:

  1. Alasan Anda Perlu Pintar Mengelola Pendapatan Usaha Anda
  2. Kenapa Mengelola Pendapatan itu Penting?
  3. Kapan Waktu Terbaik untuk Mengelola Pendapatan?
  4. Siapa Saja yang Terlibat dalam Pengelolaan Pendapatan Usaha?
  5. 3 Cara Mengelola Pendapatan Usaha Anda

=============

Alasan Anda Perlu Pintar Mengelola Pendapatan Usaha Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa dizaman sekarang memang sudah banyak sekali pengusaha-pengusaha yang sama seperti Anda. Terlebih mereka adalah kompetitor Anda yang siap bersaing.

Alasan-alasan ini mungkin bisa menjadi motivasi untuk Anda agar untuk kedepannya Anda bisa sangat pintar mengelola pendapatan usaha yang Anda miliki.

  • Pendapatan menjadi teratur, dampaknya Anda akan mudah mengelola keluar masuknya uang tanpa ada yang kebobolan.
  • Nggak perlu lembur garap laporan, Anda tidak akan kehabisan banyak waktu karena mengerjakan laporan keuangan yang sebenernya bisa diatasi secara mudah.
  • Bisa buka banyak cabang, salah satu peluang yang bisa Anda dapatkan apabila Anda pintar mengelola keuangan Anda bisa membuka cabang untuk usaha Anda. Dengan uang yang teratur dan terkumpul, Anda bisa memperluas jaringan dengan membuka cabang baru.


Kenapa Mengelola Pendapatan itu Penting?

“Kalau hingga saat ini Anda merasa omset perusahaan besar, tapi labanya selalu habis tanpa sisa. Bisa dipastikan Anda belum tahu cara mengelola keuangan usaha secara tepat!”

Seperti yang sudah saya bahas di atas bahwa hal yang paling sering dialami banyak pengusaha adalah merasa omset penjualan yang tinggi namun laba yang didapat selalu habis tanpa sisa.

Kemungkinan buruk bisa terjadi yaitu perusahaan Anda bisa saja mengalami kerugian yang bisa memicu kebangkrutan. Pentingnya suatu manajemen keuangan yang tepat bagi Anda adalah mengenai perkembangan bisnis Anda.

Kapan saja Anda bisa punya peluang mengembangkan bisnis dengan cara membuka jaringan baru atau bisa disebut membuka cabang. Anda yang perlu melakukan pengelolaan keuangan yang tepat sekali agar laba yang dihasilkan selama ini bisa Anda gunakan untuk membuka cabang.

Selain itu bila Anda melakukan pengelolaan yang tepat hingga laba terkumpul banyak, Anda juga bisa membuka usaha lain yang berbeda dengan bisnis Anda saat ini.

Yang tak kalah pentingnya, Anda akan bisa lebih mudah melakukan restock barang, menggaji karyawan, membayar biaya operasional, tanpa kehabisan laba yang diperoleh.


Kapan Waktu Terbaik untuk Mengelola Pendapatan?

Bukan hanya pada saat Anda merasa omset tinggi tapi laba habis saja Anda harus mengelola pendapatan usaha. Tapi Anda harus selalu bisa mengelola pendapatan agar sewaktu-waktu Anda tidak akan mengalami yang namanya kerugian.

Meski dalam keadaan keuangan yang normal, Anda tetap harus selalu mengawasi manajemen keuangan dan selalu mengelola keuangan dengan baik dan benar.


Siapa Saja yang Terlibat dalam Pengelolaan Pendapatan Usaha?

Selaku pemilik usaha, Anda juga perlu terlibat dalam pengelolaan keuangan agar lebih terkontrol. Selain itu Anda juga perlu beberapa staf untuk mengerjakan laporan keuangan dan konsultan accounting agar lebih mudah dalam pengelolaan keuangan.


3 Cara Mengelola Pendapatan Usaha Anda

Sekarang kita masuk pada pembahasan mengenai cara mengelola pendapatan usaha yang paling tepat. Cara ini berdasarkan pengalaman saya pribadi selaku pengusaha yang pernah mengalami masa krisis akibat kurang pintar dalam mengelola pendapatan.

Bagi Anda yang belum mengerti, bisa Anda mengikuti cara berikut ini:

1. Analisa Komposisi Pendapatan.

Hal pertama yang penting banget untuk dilakukan adalah menganalisa kompisi pendapatan. Maksudnya, Anda perlu tahu dari mana saja usaha Anda menerima pendapatan.

Terlebih penting Anda perlu tahu darimana saja pendapatan terbanyak didapatkan. Untuk itu Anda perlu banget membuat suatu laporan laba rugi yang sangat membantu Anda dalam mengelola pendapatan usaha.

Laba rugi merupakan laporan yang menampilkan hasil pendapatan dan pengeluaran yang perusahaan Anda lakukan. Dengan laba rugi Anda akan mengerti keadaan perusahaan Anda sedang mengalami sebuah peningkatan atau malah mengalami penurunan.

Lalu, kenapa perlu melakukan analisa komposisi pendapatan dengan laporan laba rugi? Dengan Anda mengetahui darimana pendapatan terbanyak didapatkan, dikala perusahaan sedang sepi maka Anda bisa melakukan penjualan atas produk yang paling banyak menghasilkan penjualan tersebut.

Untuk itu, dalam laporan laba rugi haruslah mengelompokkan pendapatan-pendapatan yang diterima. Jangan dijadikan satu untuk semua pendapatan. Kenapa? karna nanti Anda tidak bisa melakukan analisa.

Sebagai contohnya silahkan Anda perhatikan gambar berikut ini:

laba-rugi-per-penjualan

Gambar tersebut merupakan contoh laporan laba rugi yang menampilkan pos pendapatan yang terkelompok. Ada penjualan toko, penjualan jasa, dan penjualan lain.

Nah dari laporan tersebut Anda bisa lebih mudah mengelola pendapatan usaha karena asal usul pendapatan sudah sangat jelas darimana saja.

2. Analisa Trend Bulanan.

Yang tidak kalah penting juga adalah mengenai analisa trend bulanan. Anda perlu banget membuat grafik penjualan setiap bulannya.

Data penjualan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan karena terkait data tersebut bisa diolah menjadi beberapa laporan yang sangat dibutuhkan guna untuk menjadikan perusahaan berkembang setiap bulannya.

Analisa trend ini bertujuan untuk mengetahui pola penjualan setiap bulannya. Anda juga akan mengetahui trend dari barang yang Anda jual.

laporan-penjualan-perbulan

Analisa in juga bertujuan untuk menentukan planning untuk bulan-bulan selanjutnya. Untuk menentukan target bulanan juga tidak bisa ditentukan sembarangan. Dengan analisa inilah yang membantu Anda dalam menentukan target bulanan

3. Analisa Konversi Pendapatan

Untuk point yang ketiga inilah yang paling penting. Dalam suatu manajemen keuangan perlu juga diadakan suatu analisa dari konversi pendapatan yang diterima perusahaan. Untuk itu dalam perusahaan penting banget yang namanya Akuntansi.

Disetiap perusahaan pasti sudah menerapkan sistem akuntansi yang dimana setiap laporan keuangan pasti dengan sangat mudah teratasi dengan akuntansi. Dalam laporan akuntansi terdapat 3 laporan penting, yaitu laporan Neraca, laba rugi, dan arus kas.

BA-week04-02-2018a

Penjelasan gambar di atas menunjukkan suatu keadaan yang kurang normal dari suatu perusahaan. Silahkan Anda perhatikan pada laporan laba rugi, total pendapatannya sangat banyak. Namun pada laporan arus kas juga terdapat biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan hingga akhirnya menemukan laba bersihnya.

Sayangnya dari total pendapatan yang diperoleh tersebut, hanya 30% saja yang diterima, untuk 70%-nya masih nyangkut di piutang (Laporan Neraca).

Dari 3 laporan di atas sudah sangat jelas kondisi keuangan pada perusahaan Anda itu bagaimana. Jika Anda mengalami hal serupa, Anda bisa melakukan suatu tindakkan untuk mengatasi masalah piutang yang nyangkut itu.

Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan suatu sistem yang dapat membantu Anda dalam mengerjakan manajemen keuangan. Kayak software akuntansi contohnya.

Mengapa? Karna Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu kesayangan Anda untuk mengerjakan laporan keuangan dan mengelola pendapatan. Cukup Anda menggunakan software akuntansi agar semua bisa dikerjakan oleh software tersebut termasuk dalam hal manajemen keuangan.

Misal dalam cantuh kasus diatas dimana perusahaan mengalami masalah piutang yang sedang macet tak tertagih hingga pendapatan kurang maksimal, cukup Anda menggunakan sistem manajemen piutang yang ada pada software akuntansi.

Seperti apa contohnya? coba Anda simak penjelasan berikut:

Cukup Anda pertimbangkan saja mana yang lebih menguntungkan, menggunakan software akuntansi atau manual?
___

Nah itulah dia 3 Cara Mengelola Pendapatan Usaha untuk Anda. Bila ada pertanyaan silahkan Anda isi pada kolom komentar dibawah. Atau Anda bisa menghubungi kami via Whatsapp supaya lebih mudah hehe..

Jika artikel ini bermanfaat, mohon bantuannya untuk share ke sosial media. Terima kasih,

Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Segala sesuatu yang kita kerjakan pasti akan ada kebaikan atau manfaat yang berguna untuk motivasi diri kita sendiri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.