Home / Blog / 3 Cara Efektif untuk Mengatasin Karyawan Jenuh

3 Cara Efektif untuk Mengatasin Karyawan Jenuh

Menjelang lebaran pasti karyawan Anda akan bertemu dengan rekan-rekan dan sanak saudaranya. Topik yang selalu dibahas meliputi kabar dan tentunya kerja. Mereka berbagi info dan suasana kerja yang dirasakan. Mayoritas yang bangga dan bahagia dengan situasi kerjanya akan banyak tersenyum serta menceritakan betapa menyenangkannya kerja disana meski dengan berbagai tekanan kerja yang dirasakan. 

Fenomena habis lebaran pun di ambil oleh beberapa perusahaan yang membutuhkan karyawa baru untuk mencari. Kebanyakan dari perusahaan ingin melakukan skill up karyawan atau mengisi kekosongan posisi yang dibutuhkan. Menurut penelitian 5 dari 9 karyawan datang dengan stres yang merupakan salah satu bahaya terbesar karyawan. Ketika karyawan merasa tertekan, tidak hanya mereka cenderung membuat kesalahan, mereka juga menghadapi masalah kesehatan yang sangat nyata seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kelelahan akibat stres di tempat kerja dapat menyebabkan depresi yang pada gilirannya dapat menyebabkan perubahan yang berat badan cepat, penyakit jantung, diabetes dan bahkan beberapa jenis kanker.

Stress yang timbul dari psikis yang tertekan bukan hanya disebabkan oleh pekerjaan saja, gabungan stressor pemicu dapat menyebabkan gejolak tersendiri untuk karyawan resign dari tempat kerjanya atau perusahaan melakukan pemutusan kerja disebabkan kinerja yang tidak perform. Namun, ada banyak metode pengusaha dapat dimanfaatkan untuk mengurangi stres di tempat kerja dan semuanya dimulai dengan memahami apa yang menyebabkan stres untuk mulai dengan.

Metode berikut dapat membantu Anda secara efektif mengurangi stres karyawan dalam bisnis Anda.

1. Tahu apa yang menekankan karyawan Anda keluar.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh CDC, sekitar 40 persen dari seluruh pekerja mencatat bahwa pekerjaan mereka  sangat stres, terlepas dari pekerjaan. Bahkan, seperempat melaporkan pekerjaan mereka sebagai bagian paling stres dari hidup mereka. Ketika datang ke stres di tempat kerja, ada beberapa faktor yang terlibat. Namun, penyebab yang paling sering dikutip dari stres meliputi:

  • Beban kerja mereka
  • Orang yang bekerja dengannya
  • Keseimbangan Kerja dan Kehidupan
  • Kurangnya keamanan kerja

Jika Anda khawatir bahwa karyawan Anda mendapatkan stres di tempat kerja, Bukalah percakapan mengenai hal tersebut. Prashant Saraswat, co-founder dari Truegether.com, mengatakan pendekatan ini telah membantunya mengelola stres ketika karyawan merasa jenuh. “Mengelola bisnis e-commerce yang berkembang adalah bukan pekerjaan mudah dan karyawan merasakan tekanan. Berbicara dengan mereka dan memahami penyebab rendahnya kinerja membantu kami mengatasi itu kejenuhan, “katanya.

Dengan menawarkan cara bagi karyawan untuk membahas apa yang menyebabkan mereka stres, Anda mungkin dapat membuat perubahan sederhana untuk membawa semangat kerja kembali.

2. Ciptakan Lingkungan Nyaman
Menghilangkan stres cukup, terutama di tempat kerja. Namun, ada banyak cara Anda dapat membuat tempat kerja Anda lebih nyaman. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah mengingat bahwa karyawan Anda adalah manusia dan memungkinkan mereka untuk mengingat itu juga. Ketika mereka tampak stres, ingatkan karyawan Anda bahwa mereka diizinkan untuk menjauh sejenak untuk merefresingkan otak mereka.

Pergi berjalan-jalan, minum kopi di ruang istirahat, meluangkan waktu untuk bermeditasi dan bernapas atau bahkan hanya memiliki percakapan diluar kerjaan dengan rekan kerja dapat membantu menyegarkan pikiran.

Jika karyawan melihat Anda terpaku ke meja Anda dari fajar hingga senja, mereka akan cenderung untuk mengambil istirahat. Tak seorang pun ingin outworked oleh bos, terutama jika mereka khawatir tentang keamanan kerja. Tetapi jika mereka melihat Anda pergi jalan-jalan atau mengambil beberapa menit dari pekerjaan Anda, karyawan akan lebih nyaman melakukan hal yang sama.

3. Memberikan otonomi yang lebih
Meskipun itu bukan salah satu masalah yang paling dikutip, merasa seperti setiap gerakan kecil dikendalikan dan dipantau adalah cara cepat bagi karyawan untuk menjadi terbakar stres. Generasi millennial sebagai demografis terbesar dalam angkatan kerja saat ini, penting untuk memahami bagaimana pikiran mereka bekerja. Salah satu faktor milenium yang paling penting dipertimbangkan saat mencari pekerjaan adalah lingkungan tempat kerja. Mereka ingin memiliki setidaknya beberapa kontrol atas apa yang mereka lakukan, dan bagaimana mereka melakukannya.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah setiap aspek dari bisnis Anda untuk mengakomodasi pola pikir baru ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Otomatisasi mungkin cara sempurna untuk pergi. Anda dapat merampingkan proses dengan menggunakan software penjadwalan karyawan. Dengan memberikan otonomi dalam penjadwalan, Anda menurunkan tingkat stres bagi karyawan Anda dan diri Anda sendiri. Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Anggara Farhan

Graphic Designer, Video Editor, Film Making, 2D Animator, Digital Marketer, Seller, Writer, Content Creator