Home / Blog / 3 Alasan Penting Mengapa Bisnis butuh Laporan Keuangan

3 Alasan Penting Mengapa Bisnis butuh Laporan Keuangan

Sebuah transaksi bisnis harus bisa diukur nilainya dengan uang atau dapat dinyatakan dalam mata uang yang berlaku. Informasi yang dihasilkan dari proses akuntansi sangat diperlukan untuk sebuah bisnis. Tujuan utama dari kegiatan bisnis sebuah perusahaan adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan. Untuk memastikan apakah dalam suatu periode tertentu perusahaan mengalami laba atau rugi, diperlukan adanya catatan transaksi keuangan perusahaan secara menyeluruh, detail dan uptodate menggunakan proses akuntansi. Untuk itu kami akan memaparkan pada Anda 3 Alasan Penting Mengapa Bisnis butuh Laporan Keuangan.

Perusahaan dikatakan maju dan tumbuh dengan baik ketika bisa menyajikan informasi keuangan yang rapi, valid, akurat serta mudah dipahami. Di mana penyajian informasi tersebut dapat diperoleh melalui proses penctatan yang benar yaitu mencatat, mengelompokkan, mengidentifikasi transaksi-transaksi keuangan perusahaan dengan rapi, baik dan benar sesuai dengan bukti-bukti transaksi yang ada. Dari sanalah tersedia laporan keuangan yang dapat digunakan untuk melihat serta mengukur tingkat pertumbuhan dan kemajuan perusahaan. Berikut adalah 3 Alasan Penting Mengapa Bisnis butuh Laporan Keuangan:

Mengetahui Jumlah Laba atau Rugi

Tujuan utama dari kegiatan bisnis sebuah perusahaan adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan. Untuk memastikan apakah dalam suatu periode tertentu perusahaan mengalami laba atau rugi, diperlukan adanya catatan transaksi keuangan perusahaan secara menyeluruh, detail dan uptodate menggunakan proses akuntansi. Dari proses tersebut akhirnya akan menghasilkan informasi berupa laporan keuangan yang dapat memperlihatkan dengan jelas dan pasti tentang laba rugi perusahaan pada periode tertentu.

Informasi Keuangan Perusahaan

Pihak internal perusahaan meliputi direktur, para manajer, dan pemegang saham. Mereka berkepentingan untuk melihat informasi keuangan untuk memenuhi tugasnya dalam menganalisa kondisi keuangan perusahaan, apakah dalam kondisi yang sehat atau tidak sehat. Selain itu juga untuk mengambil keputusan yang tepat demi kelangsungan jalannya perusahaan. Sedangkan pihak eksternal meliputi investor, rekan bisnis, kreditur dan pemerintah. Para eksternal seperti investor juga berhak melihat kondisi keuangan perusahaan apakah dalam kondisi stabil dan menguntungkan. Sehingga ketika investor memutuskan untuk berinvestasi, perusahaan dapat memberikan timbal balik berupa dividen yang tinggi bagi dirinya.

Informasi bagi Operasional Perusahaan

Laporan keuangan dapat memenuhi kebutuhan manajemen sebagai pihak pengambil keputusan. Karena dalam laporan keuangan terdapat berbagai informasi keuangan seperti berapa jumlah uang kas maupun non kas perusahaan saat ini, berapa tingkat penjualan apakah telah mencapai terget perusahaan, berapa jumlah persediaan bahan baku apakah masih mencukupi untuk kegiatan produksi selanjutnya, berapa biaya operasional perusahaan apakah mengalami pemborosan, dan sebagainya.

Bagaimanapun juga, sebuah bisnis akan melibatkan sejumlah uang / modal di dalamnya. Sehingga sangat penting untuk selalu berhati-hati dalam mengelola dan menjalankannya. Pada kenyataannya, hampir semua bisnis yang sukses merupakan bisnis yang telah direncanakan dengan baik sejak awal. Inilah yang menjadi alasan mengapa sebuah perencanaan yang tepat akan sangat Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis yang Anda impikan.

Anda tentu tidak ingin membangun sebuah bisnis yang hanya akan berumur beberapa pekan saja, bukan? Tidak hanya rencana semata. Anda juga wajib untuk mengerti berbagai hal yang penting untuk Anda terapkan di dalam bisnis yang Anda rintis nanti.

Hal-hal seperti ini akan membantu Anda mengambil berbagai kebijakan yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan baik dan tetap dalam tujuan awalnya.

Bukan hanya itu saja, berbagai kebijakan ini juga akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih mudah dalam mencapai tujuan dan target perusahaan yang akan Anda tuju di dalam bisnis Anda tersebut.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.