Home / Blog / 3 Akibat Mengabaikan Sistem Akuntansi dalam Bisnis

3 Akibat Mengabaikan Sistem Akuntansi dalam Bisnis

Semua pengusaha pasti mengetahui pentingnya catatan keuangan bisnis yang akurat. Catatan keuangan ini biasanya datang dari kebiasaan pencatatan dan praktik pembukuan Anda. Tapi apa yang bisa terjadi jika Anda tidak peduli dengan akuntansi? Berikut adalah 3 Akibat Mengabaikan Sistem Akuntansi dalam Bisnis.

Anda Bisa Kehilangan Uang

Dengan memiliki sistem akuntansi yang baik, tentunya Anda memiliki waktu untuk melihat pergerakan cashflowusaha yang Anda miliki. Dengan memiliki sistem akuntansi, tentunya Anda juga dapat melacak dimana mengalami sumber hutang dan sumber keuangan yang tidak sesuai dengan rencana Anda.

Tanpa memperhitungkan bisnis Anda, Anda akan kehilangan uang. Jika Anda adalah pelaku tunggal bisnis, Anda membuat segalanya termasuk faktur. Dan ketika bisnis berjalan baik, mengingat semua waktu penagihan dan juga jumlah tagihan menjadi sulit. Selain kehilangan seperti itu, tidak memiliki sistem akuntansi untuk bisnis Anda dapat menyebabkan kebocoran perlahan.

Tanpa adanya catatan akuntansi dan mengabaikan sistem akuntansi pada bisnis akan membuat Anda boros dalam hal pengeluaran. Karena Anda mengeluarkan uang begitu banyak, tanpa mengetahui sudah berapa banyak uang yang telah Anda keluarkan untuk bisnis. Ini akan menyulitkan Anda dalam mengurus keuangan bisnis Anda.

Karena Anda tidak memiliki catatan mengenai kondisi bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut. Padahal ini penting untuk keberlangsungan usaha Anda. Tanpa itu semua, maka Anda akan sangat sulit dalam mengurus semua bisnis yang Anda jalankan. Sebab, Anda tidak tahu kemana saja aliran uang bisnis Anda.

Apabila sistem akuntansi pada usaha tidak berjalan, maka Anda akan sangat sulit memantau pergerakan uang usaha. Baik itu uang masuk maupun uang keluar akan sangat sulit Anda pantau. Disinilah yang menyebabkan banyak usaha yang hancur, akibat mengabaikan sistem akuntansi pada bisnis.

Dengan memiliki sistem keuangan yang baik, maka sistem keuangan pada bisnis pun bisa berjalan dengan baik. Sehingga Anda bisa selalu memantau pergerakan usaha Anda dengan seksama dan teliti.

Waktu Pembayaran Pajak Akan Menjadi Mimpi Buruk

Berapa banyak akuntan publik yang menurut Anda akan senang memiliki klien yang tidak memiliki sistem akuntansi atau pembukuan? Nol. Persiapan pajak tanpa satu tahun catatan adalah mimpi buruk. Bisa dilakukan tapi, ini akan memakan waktu. Entah Anda melacak nilai satu tahun catatan Anda sendiri atau Anda membayar akuntan untuk melakukan pekerjaan itu.

Rekonsiliasi fiskal atau proses penyesuaian atas laba komersial yang berbeda dengan ketentuan fiskal untuk menghasilkan penghasilan neto/laba yang sesuai dengan ketentuan pajak. Rekonsilisasi fiskal dilakukan oleh Wajib Pajak karena terdapat perbedaan penghitungan, khususnya laba menurut akuntansi (komersial) dengan laba menurut perpajakan (fiskal).

Akuntansi bukan hanya kegiatan pencatatan transaksi bisnis perusahaan saja. pengertian akuntansi lebih luas dari sekedar pencatatan. Akuntansi juga meliputi kegiatan menganalisa dan meninterpretasi aktivitas ekonomi suatu perusahaan untuk kemudian dikomunikasikan kepada pengguna laporan akuntansi sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk pengambilan keputusan secara tepat. secara singkat, tujuan utama akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Akuntansi dibutuhkan oleh berbagai pihak baik pihak internal suatu organisasi tersebut maupun pihak eksternal, seperti manajer, pemerintah masyarakat dan sebagainya.

Bisnis Anda Sulit Berkembang

Jika bisnis Anda sampai ke tahap di mana saatnya untuk memperluas, membuka lokasi baru, atau membangun tim, kurangnya catatan keuangan akan menyulitkan. Apakah Anda memberikan pinjaman kepada seseorang tanpa bukti praktik keuangan yang dapat dipertanggung jawabkan? Apakah Anda bekerja untuk sebuah perusahaan yang lalai mengeluarkan biaya penggantian? Apakah Anda menyewa ruang untuk penyewa yang tidak dapat memberikan laporan laba rugi selama beberapa tahun terakhir? Jawaban valid atas semua pertanyaan ini tidak ada. Tanpa catatan keuangan, menumbuhkan bisnis Anda akan sulit.

Jika Anda tidak memakai sistem akuntansi yang baik, maka akan sulit dalam menyusun rencana bisnis yang akan Anda jalankan. Sebab, rencana bisnis disusun bersumber dari data keuangan yang pada sistem akuntansi. Jika data keuangan usaha Anda tidak ada, maka akan sulit menyusun rencana bisnis kedepannya. Hal inilah yang harus Anda pahami, bagaimana pentingnya akuntansi pada usaha yang Anda jalankan tersebut.

Apabila akuntansi Anda jalankan dengan baik, maka Anda dengan mudah menyusun rencana bisnis kedepannya. Karena Anda bisa melihat hasil dari rencana yang sebelumnya telah Anda tetapkan. Jangan sampai, rencana Anda tersebut gagal hanya karena Anda mengabaikan sistem akuntansi pada bisnis yang mudah dijalankan.

Sekian artikel dari kami, Jangan lupa share artikel ini ya ke sosial media Anda. Agar teman Anda juga bisa belajar tentang apa itu akuntansi? Banyak berbagi banyak rejeki Terimakasih. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Vicky Fatrian

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.