Home / Blog / 12 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas Sales dan Marketing Anda

12 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas Sales dan Marketing Anda

Sebagai seorang pengusaha tentunya Anda harus memahami tugas dan peran seorang sales dan marketing. Pada umumnya, sales bertanggung jawab untuk melakukan  penjualan produk. Sedangkan marketing bertanggung jawab untuk merancang strategi pemasaran dengan tepat. Kedua bagian tersebut merupakan ujung tombak perusahaan. Karena maju tidaknya suatu usaha ada di tangan mereka.

Di beberapa perusahaan, sales dan marketing merupakan dua divisi yang terpisah. Sales lebih fokus pada penjualan produk. Dia tidak memikirkan apakah pelanggan terpuaskan atau tidak. Sedangkan marketing berfokus pada cara untuk menjaga citra dan brand awareness suatu produk agar pelanggan dapat memutuskan membeli atau tidak dengan cepat.

Namun, tidak sedikit juga perusahaan yang menjadikan dua divisi tersebut menjadi satu dikarenakan minimnya jumlah karyawan ataupun karena untuk efisiensi cost perusahaan. Dan tidak ada yang salah ketika bagian sales dan marketing dijadikan satu ataupun dipisah.

Tergantung dari kebutuhan dan kemampuan dari masing–masing peusahaan. Intinya bahwa tugas dan tanggung jawab dari sales ataupun marketing dijalankan dengan baik serta dapat mencapai target yang ditetapkan. Kemudian yang juga penting yaitu menjaga agar kedua divisi tersebut tetap produktif.

Selanjutnya, bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas sales dan merketing?

Caranya adalah :

  1. Jaga kekompakan tim. Perhatikan kembali apakah tim tersebut masih bekerja secara individu atau sudah dapat bekerja sama dengan baik. Luruskan kembali jika masih ada tim yang berkompetisi di dalam tubuh perusahaan.
  2. Atur ulang jadwal meeting internal supaya lebih efektif. Jika sebelumnya meeting internal bisa menghabiskan waktu hingga satu jam, maka Anda dapat mengaturnya kembali menjadi setengah jam. Sedangkan sisanya bisa digunakan untuk aktivitas yang lain.
  3. Ciptakan sistem untuk menggantikan data entry yang selama ini masih dilakukan secara manual.
  4. Siapkan target dan gol yang ingin diraih oleh tim baik bulanan, kuartalan, semester ataupun tahunan.
  5. Buatlah perencanaan dengan matang sebagai pendukung untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
  6. Fokus pada perencanaan yang telah dibuat. Fokus juga pada pembeli yang sudah ada serta calon pembeli potensial.
  7. Terus belajar dalam situasi apapun. Belajar untuk memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan. Bisa dari pengalaman pribadi ataupun orang lain. Dengan belajar maka produktivitas akan meningkat.
  8. Istirahatlah sejenak ketika Anda merasa sangat lelah. Jangan terlalu memforsir tubuh Anda yang dapat mengakibatkan kerja menjadi tidak produktif. Beristirahatah sejenak untuk mengembalikan tenaga Anda.
  9. Evaluasi kinerja tim secara berkala. Baik secara harian, mingguan ataupun bulanan. Dengan melakukan evaluasi, maka kinerja yang kurang efektif dapat segera diperbaiki.
  10. Tingkatkan sikap sosial kepada pelanggan. Jagalah hubugan baik dan bersosialisasilah dengan pelanggan. Kenali pelanggan dengan baik dan jangan putus komunikasi. Berilah ucapan selamat ketika hari besar atau ketika mereka mencapai suatu prestasi.
  11. Alokasikan waktu untuk bersama–sama melakukan sharing session. Karena tim perlu menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi di lapangan dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini bisa menjadi new insight bagi tim lain yang mungkin belum mengalaminya.
  12. Berikan perhatian dan penghargaan atas prestasi yang telah diraih tim. Dengan harapan dapat dijadikan sebagai role model bagi tim lain yang belum mencapai target dan agar lebih produktif dalam bekerja.

Itulah 12 cara untuk meningkatkan produktivitas sales dan marketing Anda. Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa membagikannya kepada pembaca yang lain. Berbagi itu indah. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About wahyudi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.