Home / Blog / 10 Tips Sukses Menjadi Pebisnis Masa Kini
10-tips-sukses-menjadi-pebisnis-masa-kini-photo

10 Tips Sukses Menjadi Pebisnis Masa Kini

Menurut pengamatan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia mengalami peningkatan, yakni dari Agustus 2016 yang sejumlah 7,03 juta penduduk menjadi 7,04 juta penduduk. Banyaknya pengangguran tersebut serta isu-isu PHK tentu menjadi salah satu masalah tersendiri bagi setiap individu. Sehingga beberapa dari mereka memutuskan untuk memiliki sebuah bisnis sebagai solusinya.

Menjadi seorang pebisnis memanglah tidak lepas dari bayang-bayang kesuksesan seutuhnya. Bebas masalah keuangan, lebih banyak waktu untuk keluarga dan dapat memberikan kesempatan kerja untuk tenaga kerja lainnya tentu hanya sebagian kecil dari kelebihan menjadi seorang pebisnis.

Namun setiap profesi tentu memiliki konsekuensinya masing-masing, begitupun dengan menjadi seorang pebisnis. Ketidaksanggupan serta kurangnya persiapan menjadikan mayoritas individu yang memilih untuk berbisnis tersebut hanya sebagai pebisnis bukan pebisnis sukses.

Dimana pebisnis sukses adalah pebisnis yang dapat menerapkan ‘pebisnis jalan-jalan, bisnis tetap jalan’. Lalu bagaimana kiat untuk sukses menjadi dimasa kini? Berikut yang harus anda lakukan

1. Kenali Diri

Menjadi seorang pebisnis berarti menjadi orang yang paling berpengaruh dalam bisnis tersebut. Dimana anda diharuskan untuk memanage jalannya bisnis tersebut termasuk perihal SDM. Manajemen diri adalah suatu kebiasaan terpenting bagi tiap individu terutama pebisnis. Dan dalam manajemen diri perlu adanya pengenalan diri dimana Anda harus mengetahui siapa anda, apa potensi, minat serta kelemahan yang anda miliki.

2. Proaktif dan Kreatif

Untuk sukses seorang pebisnis selalu dituntut proaktif. Seorang pebisnis harus bisa melihat peluang, namun pebisnis sukses adalah mereka yang menciptakan peluang. Dari kalimat tersebut sangat jelas bahwa mayoritas pebisnis adalah sosok yang reaktif.

Mereka mengambil kesempatan yang ada dan menunggu jika belum ada kesempatan. Hal itu membuat mereka hanya mengikuti trend yang ada. Berbeda dengan pebisnis sukses, biasanya mereka adalah sosok proaktif. Mereka itulah orang-orang yang membuat trend, bukan hanya sekedar mengikuti. Menjadi sosok proaktif pun tidak bisa lepas dari kreativitas. Dengan kata lain anda pun harus lebih kreatif untuk sukses menjadi seorang pebisnis.

3. Perbanyak Referensi

Seorang pebisnis sukses adalah sosok pendengar yang baik. Untuk sukses menjadi pebisnis anda harus belajar dari banyak sumber dan bukan hanya dari pengalaman pebisnis lainnya saja.

4. Siapkan Rencana

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk sukses dalam berbisnis, diantaranya adalah visi dan misi. Untuk sukses dalam berbisnis sangat diperlukan kejelasan tujuan, target serta-tahap untuk mencapainya. Anda juga harus paham siapa pesaing bisnis Anda.

Sistem pemasaran seperti apa yang akan digunakan, bagaimana keadaan pasar dan siapa konsumen Anda. Setelah itu Anda juga harus menentukan lokasi, SDM, dan hal mendasar lainnya sesuai perhitungan. Serta yang tak kalah penting adalah bagaimana Anda mendapatkan modal awal.

5. Implementasi

Tanpa implementasi semua yang telah direncanakan tidak akan terealisasi. Ketidakberanian memulai sesuatu merupakan salah satu masalah dari mayoritas orang sehingga tak sedikit orang yang hanya bermimpi dan jalan ditempat.

6. Berani Hadapi Risiko

Perjalanan bisnis memang tidak selalu mulus layaknya yang terlihat oleh orang awam. Namun pebisnis yang sukses biasanya adalah mereka yang berani mengambil risiko besar demi keuntungan yang besar walaupun terkadang bisnis itu sendiri taruhannya.

7. Kerja Keras dan Kerja Cerdas

‘Pemilik jalan-jalan, bisnis tetap jalan’ kenyataannya hanya berlaku ketika bisnis yang anda rintis sudah layak disebut sukses. Untuk sukses merintis bisnis, anda memang diharuskan bekerja lebih keras dan lebih cerdas. Karena kenyataannya, ketika memulai bisnis anda adalah seorang pemimpin dan pegawai secara bersamaan.

8. Konsisten

Seiring perjalanan bisnis, anda juga akan dihadapkan dengan keinginan-keinginan lain, entah keinginan memiliki bisnis baru, keinginan berpindah bidang atau bahkan keinginan untuk berhenti. Tetap fokus dan jaga semangat anda.

9. Evaluasi

Pebisnis sukses tidak mudah berpuas diri. Untuk menjadi pebisnis sukses dibutuhkan ketelitian dalam evaluasi. Anda diharuskan dapat melihat kekurangan dalam bisnis lalu mencari solusi terbaik dari yang terbaik. Bukan hanya itu, dalam berbisnis anda pun harus mempertimbangkan beberapa kemungkinan yang ada serta memiliki banyak rencana cadangan.

20. Investasi

Setelah sebagiannya dipakai untuk biaya operasional dan upah tenaga kerja, Anda bisa alokasikan pendapatan bisnis untuk investasi pengembangan. Jangan lupa untuk memisahkan antara aset pribadi dengan aset perusahaan. Anda pun juga bisa menyisihkan sebagian harta pribadi sebagai tambahan modal bisnis yang sedang anda rintis.

Begitu banyak yang harus Anda persiapkan untuk sukses menjadi pebisnis dimasa kini. Dan pada dasarnya, modal awal untuk sukses menjadi pebisnis adalah kepribadian yang berani memulai serta pantang menyerah.

Semoga artikel ini bermafaat untuk Anda. Jangan lupa share ya agar teman Anda juga mendapatkan manfaatknya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #beefree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.