Home / Blog / 10 Jenis Kecurangan yang Paling Sering Karyawan Anda Lakukan
10-jenis-kecurangan-yang-paling-sering-karyawan-anda-lakukan-image

10 Jenis Kecurangan yang Paling Sering Karyawan Anda Lakukan

Definis Kecurangan (Fraud)

Kecurangan (fraud) dapat didefinisikan sebagai tindakan tidak jujur yang dilakukan seorang karyawan yang menghasilkan keuntungan pribadi bagi karyawan dan menimbulkan biaya bagi atasan atau pengusaha. Tindakan tidak jujur ini biasanya dilakukan karena dilatarbelakangi oleh adanya kesempatan, terdesaknya keadaan finansial individu, hingga rasionalisasi.

Tak jarang dari karyawan yang melakukan tindakan fraud ini membenarkan kecurangan mereka dengan merasionalisasikan tindakan mereka. Sebagai contoh ada karyawan yang merasa seharusnya pengusaha mampu membayar mereka dengan gaji yang lebih tinggi.

Tetapi tidak diberikan oleh pengusaha, sehingga mereka merasa kurang dihargai. Dan melakukan tindakan pencurian yang mereka anggap sebuah konsekuensi bagi pengusaha yang tidak memperlakukan mereka sesuai dengan yang mereka harapkan.

Berikut 10 Jenis Kecurangan yang Paling Sering Karyawan Anda Lakukan :

1. Kecurangan dalam Pencatatan Laporan Keuangan Perusahaan

Kecurangan ini terjadi ketika dalam penyajian informasi perusahaan data yang sebenarnya dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangkan dari jumlah yang sebenarnya.

Contohnya ketika asset perusahaan dilebih-lebihkan dan kewajiban perusahaan dibuat se-efisien mungkin. Agar perusahaan terlihat kuat dalam segi finansial. Kemudian bentuk kecurangan lainnya yakni ketika pencatatan kegiatan transaksi perusahaan tidak sesuai dengan waktu yang sebenarnya.

Misalnya mencatat transaksi pembelian asset perusahaan lebih awal dari seharusnya. Kecurangan ini dilatarbelakangi banyak faktor, seperti untuk memperoleh tambahan pembiayaan dari bank, mencapai bonus yang berkaitan erat dengan kinerja karyawan dalam perusahaan, menutupi tindakan pencurian, dan berbagai tujuan memperoleh keuntungan pribadi lainnya.

2. Menyalahgunakan Fasilitas Perusahaan

Dalam kecurangan jenis ini karyawan yang tidak jujur seringkali menyalahgunakan fasilitas dari perusahaan yang seharusnya digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan tetapi justru digunakan untuk kepentingan pribadi.

Contohnya penggunaan telefon kantor yang seharusnya untuk kepentingan kantor tetapi justru digunakan untuk melakukan komunikasi pribadi yang pada akhirnya membuat tagihan telefon perusahaan membengkak, selain itu contoh lainnya ialah penggunaan alat transportasi perusahaan untuk kepentingan pribadi yang dapat menambah beban biaya bahan bakar kendaraan perusahaan yang seharusnya tidak terjadi.

3. Korupsi

Tindakan penyalahgunaan demi keuntungan sepihak ini dilatarbelakangi oleh beberapa alasan salah satunya conflict of interest di suatu pihak di mana ia mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi dibanding perusahaan sehingga ia memilih untuk melakukan korupsi dan merugikan perusahaan. Contohnya ialah menerima suap dari pihak lain agar mau mengubah keputusan secara sepihak yang sebelumnya sudah ditetapkan bersama.

4. Membocorkan Informasi Perusahaan pada Kompetitor

Kecurangan ini dilakukan ketika pekerja internal perusahaan mencoba untuk bekerja sama dengan pihak eksternal perusahaan demi keuntungan pribadi dengan cara membocorkan informasi internal perusahaan, seperti membocorkan strategi perusahaan dalam menentukan target pemasaran, penetapan harga, dan sebagainya. Dengan melakukan kecurangan ini karyawan tersebut mengharapkan imbalan dari pihak eksternal yang mendapatkan kebocoran informasi tersebut.

5. Menyampaikan Informasi yang Tidak Sesuai dengan Keadaan Sebenarnya

Kecurangan ini terjadi ketika karyawan memalsukan harga jual dan harga beli. Contoh memalsukan harga jual yaitu ketika karyawan menaikkan harga dari harga yang seharusnya ditetapkan, hal ini agar karyawan tersebut memperoleh keuntunggan pribadi dari kelebihan harga tersebut.

Kemudian memalsukan harga beli contohnya adalah ketika karyawan menaikkan harga beli dari supplier dengan membuat laporan palsu pada perusahaan, selisih antara harga beli sesungguhnya dengan laporan palsu yang ditulis karyawan itulah yang menjadi keuntungan bagi karyawan yang melakukan kecurangan jenis ini.

6. Kecurangan Manajemen Personalia

Kecurangan ini dapat berupa berbagai skenario palsu yang dilakukan karyawan perusahaan, seperti menggunakan jatah cuti kantor untuk melakukan pekerjaan lain, menyalahgunakan waktu kerja yang fleksibel, menggunakan izin sakit kantor tetapi pada kenyataannya ia tidak sakit dan sedang berusaha melamar kerja di perusahaan lain, hingga melakukan kualifikasi palsu untuk jaminan pekerjaan.

7. Memanipulasi Pasar

Kecurangan ini dilakukan dengan cara memberikan informasi dan kesan palsu pada target pasar dengan harapan konsumen tertarik pada produk perusahaan dan investor berinvetasi pada perusahaan. Contoh manipulasi pasar dapat dilakukan dengan aksi goreng-menggoreng saham demi terciptanya kesan perusahaan memiliki trend positif sehingga akan banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut.

8. Kecurangan Pembayaran

Kecurangan ini meliputi segala kegiatan yang berkaitan dengan pembuatan tagihan pembayaran yang salah atau bisa juga berupa pengalihan pembayaran yang tidak sesuai. Contohnya antara lain membuat catatan pelanggan palsu, mengubah rincian pembayaran beserta jumlah tagihannya, melakukan klaim palsu, dan lain-lain.

9. Kecurangan Penerimaan

Kecurangan ini biasanya sering dilakukan karyawan perusahaan, contohnya ketika perusahaan menerima pemasukan lalu karyawan yang tidak jujur mencuri uang tersebut untuk keperluan pribadi dengan cara mengganti jumlah cek yang diterima perusahaan.

10. Travel and Subsistence Fraud

Kecurangan ini terjadi ketika karyawan mengklaim biaya perjalanan ataupun biaya lainnya guna kepentingan perusahaan yang sebenarnya tidak terjadi dan tidak diperlukan. Contohnya karyawan melakukan klaim atas biaya perjalanan on the spot yang sebenarnya tidak dibutuhkan,  klaim atas biaya pelayanan customer yang sebenarnya tidak dikeluarkan, hingga melakukan tanda tanga palsu untuk memperoleh otorisasi pembayaran.

Demikian ulasan singkat mengenai 10 jenis kecurangan yang paing sering karyawan Anda lakukan, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa share agar teman Anda juga mendapatkan manfaatnya. Banyak berbagi banyak rejeki. Salam Let’s #befree

Banyak Berbagi Banyak Rejeki Banyak Berbagi Banyak Rejeki

About Venny Jasmine

Baik dan Tidaknya Sesuatu itu Tergantung pada Persepsi Anda

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.